Monday, September 21, 2015

Resep Botok Ikan Pathin ala Maya kitchren

Hallo ibu2 semua and teman2 , udah lama banget nie blog ditinggalkan oleh penghuni nya . Hampir 4 bulan lebih nie blog nggak pernah ditengok 2 soalnya sy baru aja pindah jadi sibuk beres2 semua pdhl ampe sekarang jg blm beres 2 ( eh tapi nggak ada yang nanya nya ...😊😊😊) nah mulai hari ini mencoba aktif lagi tuk nulis resep masakan yang sudah diuji coba didapur Maya Kitchen . 
Kali ini saya pingin nulis tentang masakan pertama dr libbuuuuur panjang kmrn . Tadi pagi pas blanja ditukang sayur liat ada ikan pathin segar kepikir deh buat mengolah nie ikan menjadi santapan yang lezat dan tdk membosankan yang pasti disukai oleh semua penghuni dirumah . Kali ini saya mau mengolah ikan pathin menjadi botok biasa nya yang suka dibotok itu ikan teri tawar tapi kali ini saya coba dari ikan pathin . Pernah mencoba di salah satu rmh makan dan rasa nya sedap bgt apalagi ada campuran belimbing wuluh yang menjadikan ikan pathin botok ini segar ditambah dengan ulegkan cabe rawit , santan dan bumbu lain nya yang menjadikan menu ikan pathin botok ini nikmat disantap dengan nasi hangat bakalan tambah terus deh .yuk buat yang penasaran resep mya boleh intip di blog ini ...kl mau coba pake ikan lain mungkin bisa ( sy blm coba soalnya ) 



Botok Ikan Pathin 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

1 ekor ikan pathin potong jadi 5 bagian ( disesuaikan saja dengan seleranya ) 
1 buah jeruk nipis 
1/2 sdm garam 
8 butir bawang merah 
4 butir bawang putih 
2 ruas lengkuas 
4 lembar daun salam 
1 batang daun bawang , iris halus 
2 batang daun seledri ,iris halus 
1 buah tomat , iris dadu 
400 ml santan kental 
5 butir kemiri , goreng 
Gula putih sesuai selera 
Garam secukupnya 
Beberapa lembar daun pisang untuk membungkus . 
15 buah cabe rawit merah 
2 ruas jahe, geprek 



Cara membuatnya : 
1. Bersihkan ikan lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam , diamkan sekitar 15-20 mnt , kmd goreng dan sisihkan . 
2. Goreng bawang merah dan bawang putih utuh dan kemiri , kmdn sisihkan . 
3. Haluskan bawang merah , bawang putih dan kemiri yang sdh digoreng lalu sisihkan 
4. Uleg cabe rawit merah kasar , sisihkan 
5. Kmdn panaskan wajan , lalu masukkan santan masak sampai dipinggirannya mendidih lalu masukkan bumbu halus , cabe merah , salam , lengkuas , jahe aduk 2 setelah itu masukkan ikan masak   sampai bumbu meresap ke ikan kmdn  masukkan daun bawang , seledri dan tomat masak sebentar , kmdn matikan kompor . 
6. Ambil daun kmdn masukkan potongan ikan satu persatu llalu beri kuah santan 1 sendok sayur kmdn semat daun dgn tusuk gigi ,lakukan sampai ikan habis.
7. Panaskan kukusan baru masukkan ikan yang sdh di bungkus daun kukus kurleb 1 jam , angkat dan botok ikan pathin siap tuk disantap . 


Selamat mencoba . 


Setelah matang seperti ini tinggal qta bungkus dengan daun .. 
Nie penampakan botok ikan pathin 
Ini hasil akhirnya siap disantap dgn nasi hangat ... Hmhmhmhm .😋😋😋😋😋

No comments:

Post a Comment