Sunday, November 13, 2016

Tempe rempah dan sambal kecap ala dapur maya

 Hari ini sehabis senam kok pingin tempe goreng dimakan dengan cocolan sambal kecap spt nya nikmat bgt , untung tadi pagi ke tukang sayur beli tempe satu papan jadi lumayan bisa langsung dikaryakan , bikinnya jg gampang kok kaya mendoan tapi ini versi aromatik dan renyah bgt nie tempe . Yuk deh nggak usah lama2 mari qta kreasikan nietempe jadi menu favorit . 


Tempe Rempah ala dapur maya 
By : maya kitchen 


Bahannya

1 papan tempe , iris tipis , sissihkan 
1 ikat kemangi ( isi sekitar 6 batang ) ambil daunnya , iris halus 
4 lembar daun jeruk , iris halus 
1 batang daun bawang iris halus 
1 genggam daun mint , iris halus 

Bahan dan bumbu adonan tepung: 
- 3 sendok makan tepung maizena 
- 1 ½ sendok makan tepung terigu protein sedang/serba guna 
- 1 sendok makan tepung beras 
- 1 sendok teh baking powder 
- 1 sendok teh ketumbar bubuk 
- 3 siung bawang putih, dihaluskan 
- ½ sendok teh merica putih bubuk 
-  1/2 sdt  garam 
- 125 ml air 

Bahan sambal kecap, aduk menjadi satu: 
- 1 batang daun bawang, cincang halus 
- 2 siung bawang putih, dihaluskan 
- 7 buah  cabai rawit hijau, cincang halus 
- 3 sdm  makan kecap manis 
- 1 sendok makan air jeruk nipis, atau 1 sendok teh cuka masak 
- garam secukupnya . 


===== campur semua bahan bumbu kecap aduk dan sisihkan 


Cara buat nya ; 



1. Campur adonan bahan tepung semua , buat adonan tdk encer dan tdk kental sekali , kmdn masukkan daun bawang , daun mint , daun kemangi dan daun jeruk . 
2. Setelah itu masukkan tempe satupersatu kmdn goreng dgn minyak panas , goreng sampai kuning kecoklatan , lakukan sampai habis . Kmdn tata dlm piring dan tempe rempah siap utk di santap ,

Selamat mencoba . 




Risoles Rogout Ayam dan Sayuran ala maya kitchen

Jakarta dr kemarin di guyur hujan terus , seperti nya cuaca skrng lagi tdk bersahabt dengan qta . Semoga saja kondisi ini bisa cepat berlalu . Karena hujan  terus    akhirnya sy tdk bisa beraktivitas keluar rumah akhirnya daripada bengong dan cuman nunggu anak pulang sekolah akhirnya terjun jg ke dapur dan berniat buat bikin yang namanya Risoles sekalian mempratekkan resep dari pengajar ku teh Susiana flo ( nuhun pisan teh ) risoles ini dulu pernah aku bikin jg dgn versi yang lain nah skrng coba resep teteh Susie dan ternyata teman2 risoles nya mantap bgt hampir sama dengan yang dijual di toko2 bakery terkenal , kl mau coba ininsy kasih resep nya buat oprek oprek di dapur ... Yuk qta mulai aja cik ke dot .....



Risoles rogout ayam isi sayuran 
Resep : Susiane Flo 
Di tulis kembali oleh : Maya kitchen 


Bahannya : 

1/4 ayam fillet , potong dadu kecil 
1 buah wortel , potong dadu kecil 
1 buah kentang , potong dadu kecil 
8 buah buncis , iris halus kecil2 
1/2 siung bawang bombay rajang halus 
3 batang seledri , rajang halus ( bisa dikurangin jika terlalu byk ) 
1/2 kotak keju cheddar , potong kotak dadu kecil 
4 sdm tepung terigu / maizena 
100 ml susu cair , uht ( kl nggak pake whipping cream susu menjadi 150 ml ) 
 50 ml whipping cream cooking ( ini mah ide aku aja ) 
20 gram  atau 2 1/2 sdm susu bubuk 
3 siung bawang putih , uleg halus 
2 sdm margarine / butter utk menumis 
50 -75 ml air 
Gula putih secukupnya  ( 1 sdm ) 
Merica bubuk putih secukupnya ( 1 sdt ) 
Garam secukupnya 
Pala bubuk (1/2 sdt ) 
Kaldu bubuk ( 1 sdt , optional ) 



Cara membuatnya : 


1. Panaskan wajan beri 2 sdm margarine / butter kmdn tumis bawang putih halus dan bawang bombay sampai harum . 
2. Setelah harum masukkan ayam , wortel, kentang , buncis dan seledri aduk rata dan tambahkan air matang secukupnya tunggu sampai air menyusut dan sayuran serta ayam sdh empuk . 
3. Setelah itu beri garam , gula putih, kaldu bubuk , merica halus dan pala bubuk aduk rata cicipi rasa nya . 
4. Setelah itu masukkan susu cair dan whipping cream dan tepung terigu / maizena aduk rata terakhir masukkan potongan keju lalu aduk hingga rogout mengental setelah itu matikan kompor angkat dan sisihkan . 



Untuk bahan kulitnya : 

300 gram terigu protein rendah atau sedang
1 sdt   garam
 1-2 butter telur ( kl telur uk besar cukup 1 ) 
500- 600 ml susu cair
2-3 sdm  minyak goreng, aduk rata

Cara Membuat :
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis diteflon uk. 20 cm 

Noted :
Sisakan adonan kulit risoles untuk bahan pencelup, agar lapisan panir cantik dan lebih ekonomis, jadi tidak perlu pakai telur kocok banyak-banyak untuk pencelupnya. 


Selamat menikmati .. 

Simpan dlm freezer jika ingin di goreng kapan saja . 

Monday, June 27, 2016

Resep kacang telur ala maya kitchen

Siapa sih yang tidak suka kacang pasti sebagian besar suka deh sama kacang , kacang tanah ini sebenarnya bisa diolah berbagai macam rupa seperti kukis kacang, kacang bawang , rempeyek pokonya apapyn olahan ya kacang pasti enak apalagi kalau dimakan sambil nonton film favorit qta pasti akan lahap deh 😀😀, setiap lebaran pasti setiap rumah akan menyediakan kacang tanah ini dalam bentuk kacang bawang , tapi lebaran kali ini aku ingin buat kacang telur sendiri , kebetulan ada resep dari pembantu tapi nie c mba kagak tahu takaran nya sepertinya kl di kampung nya bikin olahan kacang telur ini asal gebrus tanpa ukuran , akhir nya aku coba 2 aja sapa tahu pas , ternyata rasanya enak lho krn ada wangi bawang putih , manis dan krenyes2 😊😊. Yuk ah qta mulai aja . Mulai skrng tdk perlu beli lagi ....


Homemade Kacang Telur 
By: maya kitchen 


Bahannya : 

300 gram kacang kulit kupas , sangrai sampai matang , sisihkan 
1 butir telur 
50 gram gula halus 
3 siung bawang putih , uleg halus 

======>. Campur telur, gula halus , bawang putih , kocok pakai kocokan tangan . Sisihkan . 

Bahan kedua : 

150 gram tepung terigu protein sedang / all purpose 
20 gram tapioka 
1/2 sdt garam 
1/2 sdt baking powder 

======>. Campur semua bahan kedua , sisihkan 


Carbut : 

1. Masukkan kacang yang sudah disangrai kedalam adonan pertama , aduk2 sampai kacang terbalur rata dengan kocokan telur . 
2. Setelah masukkan kacang yang sudah di balur telur kedalam wadah yang berisi tepung lalu aduk2 dengan sendok sampai kacang terbalut tepung seluruh nya stlh itu ayak kmdn goreng sampai kuning kuning kecoklatan , angkat , dinginkan simpan dlm wadah tertutup . 


Selamat mencoba . 

Resep Chocolate stick cookies ala maya kitchen

Lebaran kali ini selain kuker classic aku jg bikin kuker yang sekarang lagi booming yaitu chocolate stick cookies  , rasa kue ini enak krn ada rasa asin ,manis dan setiap gigitan nya ada rasa coklatnya.tapi kue ini blm aku jadikan utk jualan krn aku masih coba 2 kmrn jadi hasilnya hanya untuk orang2 dirumah saja .  Resepnya aku dapat dari mba Nina , makasih bgt sdh share resep nya semoga ilmu mba makin banyak saja . Bikin kue ini mudah , bahan2 nya jg tdk terlalu rumit hanya yang cape pd saat pencetakan saja krn dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran tingkat dewa 😀😀😀. Nggak usah lama lama deh nie aku kasih saja catatan resep nya . 


Resep yang kupakai tentu saja adalah resep chocolate stick milik Ny. Liem yang sudah terkenal itu. 


CHOCOLATE STICK COOKIES 
Bahan A : 200 gr butter 100 gr margarin (mau full butter juga boleh) 
2 kuning telur 
1 putih telur 
1/2 sdt vanilla susu 

Bahan B :
 450 gr tepung terigu protein sedang 
40 gr susu bubuk full cream 
2 - 3 sdm gula pasir halus (bisa ditambah sesuai selera)
 ---> campur dan aduk rata bahan B 

Bahan C : 
300 gr coklat stik (atau secukupnya), bagi menjadi 2 atau 3 bagian 

Bahan D (olesan) : 
2 kuning telur 
1 sdm air 
1/2 sdt minyak sayur ---> campur dan aduk rata bahan D 


Cara Membuat : 
- Campur dan kocok bahan A hingga mengembang dan rata. 
- Masukkan bahan B sedikit demi sedikit dambil diaduk rata menggunakan spatula. 
- Ambil adonan secukupnya, giling dengan ketebalan kurang lebih 5 mm dan potong-potong sebesar ukuran coklat stik 
- Letakkan coklat stik di atasnya dan beri sedikit adonan sebagai pemanis di atasnya (optional aja ya, gak dikasih juga gak apa). 
- Susun di loyang yang sudah dioles tipis margarin dan olesi dengan bahan olesan (jangan kena coklatnya ya).
 - Panggang dengan suhu 150'C selama 15 menit, kemudian kecilkan api menjadi 100'C dan panggang kembali selama 15 menit hingga matang.
 - Keluarkan dari oven, dinginkan di atas cooling rack. Setelah benar-benar dingin baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. 

Baru pertama membuat jadi bentuknya masih berantakan tapi in shaa allah kedepan ya akan lbh baik ...aamiin .


Selamat mencoba 

Pitmopen atau cookies mete ala maya kitchen

Kali ini sy akan memberikan resep dari teman mamah , beliau ini jago banget bikin kue nya waktu zaman aku SMA kl liat tante ini bikin kue bener2 takjub karna pd masa itu jarang orang membuat cookies yang lezat ( mungkin keterbatasan informasi jg nya ),  tidak seperti sekarang banyak sekali orang yang sudah semakin pintar dalam membuat cookies dari berbagai macam rasa dan bentuk , ternyata semakin ke sini banyak anak muda yang penuh kreatif blm lagi fasilitas informasi jg makin canggih salut utk para pembuat kue . Kue ini enak rasa nya karna ada campuran gula semut didalam nya dan topping kacang mete jadi makin sensasional gitu rasa nya , mungkin cookies ini termasuk cookies jadul nya , tapi walau jadul jg tetap rasa nomer 1 ...( promosi bgt 😀😀) . Ya sudah lah jangan terlalu panjang ceritanya nanti teman2 bosen bgt ama blog ini , yuk qta mulai saja . 


Pitmopen atau cookies kacang mete ala maya kitchen 
Resep: mamahku 
Dicatat oleh : maya kitchen 


Bahannya : 

1 kuning telur 
200 gram tepung terigu protein sedang , ayak 
150 gram mentega ( 100 gram blueband dan 50 gram wisjman / butter ) 
40 gram gula halus 
40 gram palemswiker /. Gula semut 
1/4 sdt baking powder 
1/2 sdt Vanili 
1 kertas roti utk menggulung 

Cara membuatnya :


1. Gula halus, palem swiker, vanili , mentega , bakpowder kocok sampai tercampur dengan rata . 
2 kmdn masukkan kuning telur msh dikocok asal tercampur rata , matikan mixer . 
3. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit sedikit sambil diaduk dengan spatula lakukan sampai tepung habis . 
4. Setelah adonan selesai lalu ambil adonan secukupnya , simpan di atas kertas roti yang sdh dipotong uk . 25*25 cm , kmdn gulung seperti lontong , kira2 gulungan adonan itu sebesar Uang logan ratusan . Lakukan sampai adonan habis . 
5. Setelah semua adonan terbungkus masukkan semua adonan ke dalam kulkas ( lemari pendingin sekitar 3-4 jam bisa juga semalaman )  sampai adonan itu keras krn tadi adonan nya lembek . 
6 . Setelah adonan mengeras ambil satu2 adonan lalu iris sekitar 2 1/2 cm tebalnya kmdn susun diatas loyang yang sdh di olesi mentega kmdn beri topping kacang mete lalu semir dengan merah telur , lakukan sampai adonanhabis ( ambil adonan dlm kulkasnya satu2 jgn sekali gus krn adonan akan kembali lembek ) . 
7. Panggang kue dalam oven dengan suhu 300 F atau 150 celcius , bakar sampai kue agak coklat hati2 hangus , mungkin sekitar 25-30 mnt ( tp tergantung masing2 ovennya ) . 
8. Angkat cookies lalu simpan di rak biarkan dingin , setelah itu susun cookies pada toples. 


Selamat mencoba . 

Ini penampakannya cookies mete .. Maaf foto nya ini sisa kuker yg kujual jd krng cantik tp rasa yahud  bgt ... 
Sekalian numpang jualan sapa tahu ada yg berminat pesan .. Ditunggu orderannya ... 

Kue Semprit Mawar ala maya kitchen

Wah udah lama jg nie blog nggak ditengok2 , kasihan jg udah lama dianggurkan 😊. Nah mumpung aku lagi rajin membuat kue jadi aku jg rajin menulis kan resep2 nya daripada nanti lupa lagi . 
Puasa tinggal beberapa hari ini so pasti ibu 2 sedang sibuk di dapur membuat kue2 utk menyambut lebaran , jadi inget masa kecilku dimana aku, kakakku dan adik2 menunggu mamah ku membuat kue senang nya waktu itu . Qta sekeluarga paling senang melihat mamahku  membuat kue karna rasa kue mamahku eunak bgt deh ( pastilah semua temanku jg akan membanggakan mamahnya sendiri ) aku yang sdh besar dan berkeluarga aja selalu kangen masakan mamah termasuk cookies nya .Nah sekarang karna usia mamah ku sdh makin tua jg jadi beliau sdh jarang membuat kue, dan skrng dilanjutkan oleh anak2 nya setiap lebaran . 
Hari ini aku mau berbagi resep dari mamahku , sebenarnya kue ini sangat jadul tapi lejadulannya tdk dilupakan orang2 karna memang kue spt ini yang sangat di minati aroma butter, manis dan rasa nanas yang asam sangat pas berpadu apalagi kl ditambah dengan hot coklat makin muantap deh .maaf kebannyakan ngobrol yuk deh qta intip resepnya . Resep ini dr mamahku .


Kue semprit mawar nanas 
Resep : mamahku 
Di catat kembali : maya kitchen 


Bahannya : 

2 butir kuning telur 
200 gr mentega ( aku campur wisjman dan b**b**) 
150 gram gula halus 
100 gram maizena 
1/2 sdt  vanili 
1/2 sdt baking powder 
200 gram terigu rendah ( kunci biru ) 

Cara membuatnya : 

1. Campur butter, gula putih , kocok sebentar saja yang penting tercampur rata ( kira2 5 mnt ) 
2. Setelah tercampur rata baru masukkan telur kuning nya saja satu persatu plus vanili kocok kembali
    Sampai telur tercampur rata . Matikan mixer . 
3. Campur maizena, terigu dan bakpowder lalu diayak , sisihkan . 
4. Setelah itu masukkan adonan kering ( tepung2 ) kedalam kocokan telur dan butter tadi , aduk rata dengan spatula 
5. Kmdn semprit kan pada loyang lalu beri topping nanas diatas nya yang sdh diolesi mentega lakukan sampai adonan habis . 
6 setelah itu bakar kue dengan panas oven 300 F atau 150 celcius bakar kue sampai kuning keemasan sekitar 25-30 mnt , angkat dan simpan dalam wadah kedap udara. 


Selamat mencoba . 

Nah ini hasilnya kl males membuat bosa pesan ke sy kok .. 

Thursday, February 11, 2016

Tahu goreng crispy cabe , bawang , gurih ala maya kitchen

Tahu siapa yang tidak kenal dengan makanan ini , so pasti kenal dan sangat menyukai , tahu diolah apapun akan menjadi nikmat dan kalau tidak salah tahu merupakan makanan wajib di rumah 2 . Tahu biarpun murah tapi kl qta olah dengan segala modifikasi akan me jadikan tahu makanan yang TOP . Sekarang banyak jenis macam tahu ada tahu susu, tahu keju dll semakin kreatif orang membuat produk tahu, tapi kl saya lbh menyukai tahu yang rasanya original krn original akan membuat otak qta kreatif tuk mengolah tahu menjadi favorit keluarga , seperti halnya saya  waktu kemarin iseng 2 bikin tahu sesuai judul diatas dan ternyata  keluarga sangat menyukai apalagi bocah lanangku yang tadinya tdk suka tahu pas diolah seperti ini jadi suka dan tiap hari pasti minta dibuatkan ..senangnya hati mamah De . Menu satu ini mengingat kan ku pada salah satu resto yang sering aku kunjungi dan salah satu menu yang suka aku pesan ya tahu ini karna rasa yang gurih dan asin serta pedas cocok tuk cemilan di sore hari bersama keluarga ( serasa iklan nya saya ) tapi bener recomended bgt deh ..dari pada penasaran yuk qta mulai aja cara membuat nya . 


Tahu Crispy pedas, gurih dan rasa bawang ala maya kitchen 
Sumber : ala maya kitchen 


Bahannya : 
2 sdm maizena 
1 sdm tepung tapioka 
Merica bubuk secukupnya 
Garam secukupnya 
10 buah tahu putih , rebus dengan garam , bawang putih bubuk , rebus sekitar 15 menit dengan api sedang , angkat , tiriskan setelah dingin lap dengan tisue dapur sampai tahu tdk berair ( kering ) kmdn potong2 bagi 4 bagian . 

Penyelesaiannya : setelah tahu kering dan di potong kmdn balut tahu dengan tepung yang sudah dibumbui (  campur tepung maizena dan tepung tapioka , garam , merica ) aduk rata lalu diamkan sekitar 10 mnt . 

Bumbu taburan ( topping ) 

1 bongkah bawang putih , cincang halus , goreng sampai kuning keemasan.  Angkat sisihkan. 
5-7 cabe rawit merah 
5 cabe rawit hijau 
3 siung bawang putih , cincang halus 
1 buah daun bawang , iris halus 
3 cabe keriting , iris halus 
Garam secukupnya 
1/2 sdm royko rasa ayam 
2 sdm margarine


Cara membuat topping : 

1. Panaskan wajan beri minyak goreng banyak lalu goreng tahu sampai kering ( tahu akan lengket tapi biarkan tahu sampai kering dulu baru bisa dipisahkan , setelah garing balik tahu agar matang nya merata , kmdn angkat dan sisihkan ) 
2. Minyak bekas goreng tahu pake lagi untuk menggoreng bawang putih yang 1 bongkah itu , masak sampai kuning keemasan , angkat sisihkan . 
3. Angkat wajan lalu simpan kembali  diatas kompor beri 2 sdm margarine dan. 1 sdm minyak goreng yang bekas menggoreng tahu td setelah margarine mencair baru masukkan cincangan bawang putih ( yang 3 siung ) masak sampai harum lalu masukkan cabe merah rawit, cabe hijau rawit dan cabe keriting aduk 2 masak sampai kuning kecoklatan setelah itu masukkan irisan daunbawang dan tahu , beri garam , penyedap rasa , masukkan jg bawang putih yang sudah digoreng pertama tadi . aduk rata cicipi , matikan kompor, angkat dan sajikan . Tahu crispy pedas,gurih dan rasa bawang siap tuk dinikmati sebagai cemilan . 


Note : jika tidak ingin pedas tinggal dihilangkan cabe nya saja dan cukup ditaburi dengan bawang putih cincang yang sudah digoreng tadi . 

Selamat mencoba . 


Tahu pedas, gurih , bawang ..hmhmhm yumyum 

Tahu bawang dan gurih ..sedaap bgt 😋😋😋😋😋