Monday, October 5, 2015

Resep Bolu Kukus Mekar by Maya kitchen

Kemarin mulai lagi berkiprah didapur untuk membuat kue , tapi kue kali ini hanya yang bersifat kukus mengukus berhubung kompor yang ada oven nya masih blm aktif karna menunggu dapur ku selesai di bangun ( sebenarnya udh nggak sabar pingin baking lagi tapi apa daya ....). Tapi nggak kalah semangat walau belum ada oven masih bisa dengan cara dikukus dan akhirnya pilihan jatuh pada kue2 basah atau jajanan pasar ,  apalagi suami suka nya sama jajanan masa kecil nya yang bersifat dikukus. Kali ini saya coba bikin bolu kukus dan alhamdulillah bikin nie kue tdk terkena " kutukan " bolkus nya mekar sempurna dan rasa ini bolkus lembut dan tidak serat ditenggorokan , mungkin karna pemakain sprite dan sp nya jadi kue ini lembut membelai lidah ( lebay deh gw ...😀😀😀) . Kali ini nggak usah berlama2 deh qta mulai saja resep dan caranya . 



Bolu kukus anti gagal 
By : maya kitchen 


Bahannya : 

250 gram tepung terigu serbaguna 
250 gram gula putih 
1/4 sdt garam 
1 sdt sp 
110 ml sprite 
3 butir telur uk . Kecil 

Carbut : 

1. Panaskan dadang / kukusan sampai uap airnya banyak dan tutup panci dengan serbet agar pada saat pengukusan air tdk jatuh ke kue , ini yang bisa menyebabkan kue bantat tdk mekar . 
2. Campur semua bahan kecuali sp kocok adonan sekitar 5 menit dgn speed sedang , lalau masukkan sp kocok dgn speed tinggi sampai adonan mengembang dan kental serta putih , matikan mixer , sisihkan . 
3. Ambil cetakan bolkus beri paper cup , isi cetakan sampai penuh ( jika ingin diberi warna isi 1/2 nya kedlm cetakan baru timpa lagi dgn yang adonan yang berwarna sampai penuh . 
4 kemudian kukus bolkus selama 10 menit ( jangan terlalu banyak mengukusnya kira2 4 - 5 cetakan karna kl penuh akan mengakibatkan bolkus tdk mengembang sempurna ) lakukan sampai adonan habis dan bolkus siap disajikan . 



Selamat mencoba . 


No comments:

Post a Comment