Monday, October 5, 2015

Resep Ikan Gurame Santan kuning ala maya kitchen

I'm Beberapa hari lalu liat ikan gurame di tukang sayur segar banget dan rasanya pingin banget memasak ikan ( kebetulan beberapa hari dilarang makan daging ) , pas liat ikan jadi inget masakan teman waktu di Alaska , dia bikin ikan kuning ( ntah namanya apa ) dan rasanya enak banget jadi ngiler kalau inget masakan tersebut. Sebelum mengolah ini ikan sy akhirnya menghubungi teman tersebut tuk nanya resepnya dan alhamdulilah teman saya itu memberitahu ( katanya sih ini resep keluarga nya . Makasih banget buat Naniz ( Alice ) yang sudah berkenan membocorkan resep ini semoga allah melimpahkan ilmu yang lbh banyak lagi ...aaminn. Ikan ini rasanya enak karna ada rasa gurih dari santan dan makyos karna banyak nya rempah 2 . Pokoknya kalau makan dengan ikan kuning ini makin tak terkendali nafsu makan karna pingin nambah terus apalagi dengan nasi hangat , sambel dan lalap makin poooool deh . Nggak usah lama2 ceritanya lgs aja resepnya . 


Ikan Gurame Santan kuning ala maya kitchen 
Resep : Naniz ( Alice ) 
Di  tulis kembali oleh : maya kitchen 


Bahannya : 

2 ekor ikan gurame ( ikan apa saja boleh ) , bersihkan lumuri dengan jeruk nipis dan garam diamkan sekitar 30 menit , goreng , sisihkan . 
2 ikat daun kemangi 
3 buah tomat hijau 
3 cabe hijau besar , iris serong 
3 cabe merah besar , iris serong 
3 lembar daun jeruk 
Gula secukupnya 
Garam secukupnya 
300 ml santan encer 
250 ml santan kental 
5 cabe rawit sbg penghias 
1 ibu jari lengkuas 

Bumbu yang dihaluskan : 


10 butir b. Merah 
 5 butir b. Putih 
1 ruas kunyit 
1/2 ons cabe merah keriting ( sesuai selera saja ) 


Carbut : 

 Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan cabe hijau , cabe merah , tomat hijau , daun jeruk.  Lengkuas , garam dan gula aduk rata setelah itu masukkan santan encer masak  sampai mendidih terakhir masukkan santan kental aduk2 jgn sampai pecah masak santan ini sampai mengental , cicipi rasa , setelah mengental baru masukkan ikan masak sebentar sekitar 5 menit agar bumbu meresap kedlm ikan ( kecilkan api ) setealah tercampur rata , matikan kompor dan angkat . Lalu sajikan ikan panas 2 taburi dengan daun kemangi . 


Selamat mencoba . 





No comments:

Post a Comment