Monday, October 5, 2015

Resep Udang Saos Pedas ala maya kitchen

Kali ini gw mau nulis resep Udang Pedas ala maya kitchen , beberapa minggu lalu dapat udang dr papua yang gede2 sebanyak 10 kg ( bingung deh mau dimasak apa 😊😊) awal didalam pikiran mau dimasak ini itu deh ( ky doraemon aja ) tapi belum terlaksana aja buat mengeksekusi nya karna bentrok ama males dan udara jakarta yang panas bgt ( hubungannya apa nya 😊) hbs kl dimdapur lama2 bisa mandi sauna gratis . Akhirnya kemarin di FB dapat resep yang kalau diliat seperti nya enak banget jadi terbesit deh buat bikin tuh udang dengan rasa ini , ternyata memang enak banget rasanya pas dilidah dan pedasnya enak bgt jadi kepingin nambah terus apalagi dimakan dgn nasi hangat aduh bener2 nggak nahan deh , makasih banget buat mba Iis Susilawaty yang sudah kasih resep ini bener2 top markotop and poool pedas nya ampe dapat pujian dari suami ......yuk deh gw share resepnya siapa tahu ada yang mau coba dengan resep ini . 



Udang Saos Pedas  ala maya kitchen 
Resep asli: Iis Susilawty 
Disandur by : maya kitchen 



Bahannya : 

1 kg udang uk. Besar  ( 500 gram resep by Iis ) , bersihkan rendam dgn air jeruk nipis kurleb 5 menit lalu goreng sebentar , sisihkan 
1 buah bawang bombay , iris 
7 buah cabe rawit merah ( atau kl di Indonesia disebut rawit domba) , belah dua 
4-5 sdm sauce bangkok indofood 
4 sdm kecap manis / secukupnya 
1/2- 1 sdt sauce tiram 
1 sdt maizena , larutkan dengan 100 ml air 
1 batang daun bawang , iris halus untuk taburan 



Bumbu yang dihaluskan : 

3 butir b. Putih 
4 butir b. Merah 
1/2 sdt merica
7 gram kaldu ayam bubuk 
Garam secukupnya 


Carbut : 

1 . Tumis bawang bombay sampai layu kmdn masukkan bumbu halus , aduk masak sampai wangi . 
2. Kemudian masukkan udang yang tadi sudah digoreng aduk2 sampai tercampur dengan bumbu setelah itu masukkan kecap manis, sauce tiram , sambal/ sauce bangkok , aduk sampai bumbu tercampur rata dengan udang ( kecilkan api ) , lalu masukkan cabe rawit iris dan terakhir masukkan larutan maizena yang telah diencerkan kmdan beri kaldu bubuk aduk 2 , cicipi rasa . Angkat dan udang saos pedas siap tuk dinikmati dengan nasi hangat . 


Selamat mencoba . 



Yummmy 

No comments:

Post a Comment