Saturday, August 16, 2014

Kastangel Tepung Almond ( gluteen free )

Suatu hari aku dapat tantangan dari seorang teman ( mba Lenny ) tuk membuat kue dr tepung Almond sebenarnya aku rada2 bingung jg gimana cara nya membuat kue tanpa bahan utamanya Terigu , pdhl semua jenis kue pasti pake tepung apalagi kastangel, hanya saja pada saat itu tantangan ini aku sanggupi padahal jujur didalam pikiran ku penuh dengan keragu2 an bisa nggak nya aku bikin nie kue yang aku tahu tepung almond ini bisa dibuat tuk cookies dan makaron, tapi kl kastangel belum pernah dengar , akhirnya selama beberapa hari aku coba liat mr google tuk cari informasi nya bagaimana cara membuat kastangel dengan tepung almond ? Oh  ternyata mr google tdk mempunyai resep kastangel dengan tepung almond , lengkap sdh kebingungan aku 😀😀😀😀. Sebenarnya aku bikin nie kue tuk teman yang diet akan teoung2 an makannya terigu diganti dengan tepung almond , yang jd pikiran ku saat itu apa tepung almond ini bisa merekat dan menjadikan kue ini kokoh dan renyah??????? Akhirnya terjawab deh rasa bingung plus penasaran aku setelah mempratekkan kue ini ternyata sama saja dengan terigu bisa merekat malah dengan tepung almond ini rasa kue lbh eunak dibanding dengan terigu ( ya jelas tepung almond kan mahal harga nya , uang tdk membohongi rasa 😀😀😀) dan crunchy bingit deh, alhamdulillah akhirnya berhasil jg , terima kasih ya Allah . Jadi buat yang takut gemuk gara2 ngemil kastangel yang berbahan terigu sekarang tdk perlu takut lagi karna dengan tepung almond yang gluteen free teman2 bisa puas makan kastangel tanpa takut gemuk ...😊😊. Oh iya proses pembuatan kue ini sama saja dengan kastangel atau kue kering yang biasa nya hanya terigu diganti tepung almond . Nah buat teman2 yang pingin coba bikin mangga ini saya kasih resepnya , selamat mencoba .....


Bahan bahan nya : 
By maya kitchen 

227-300 gram margarine ( ini bisa di kombinasikan dgn 100 gram margarine dan 200 gram mentega ) kmrn aku pake butter saja 227 gram krn kebetulan kosong margarine nya . 
2 butir kuning telur , aku pake egg organic , suhu ruang 
1 butir telur utuh , suhu ruang 
180 gram keju cheddar dan 120 gram parmesan ( kl lbh suka keju yg kuat bisa pake edam cheese ) 
2 sdt vanili exstra 
2 sdm susu bubuk ( boleh skip kl nggak suka ) 
400 gram tepung Almond ( ini bisa dipake semua atau separuhnya tergantung adonan jika sudah bisa dibentuk hentikan pemakaian tepung ) 
100 gram tepung maizena ( boleh diskip ) kmrn aku nggak pake , kl pake kue akan jauh lbh renyah . 

Olesannya : 
 3 kuning telur + sdkt minyak goreng

Cara membuatnya : 

1. Ayak tepung almond beserta susu bubuk , sisihkan 
2. Siapkan mangkuk mikser , masukkan mentega dan margarine , kocok dengan speed yang rendah ( aku kmrn pake speed nomer 2 ) hingga tercampur dengan baik menjadi adonan yang smooth dan warnanya pucat . Setelah itu masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok . 

Notenya : pastikan kuning telur terkocok baik dengan adonan mentega sebelum memasukkan kuning telur berikutnya . Cara ini tuk mencegah mentega menjadi curdle . Dengan memasukkan telur sekaligus atau terburu2 sebelum telur pertama tercampur dgn baik akan membuat banyak cairan didlm mentega sehingga kocokkan akan menjadi menggumpal . 

3. Setelah telur terkocok dengan baik kmdn naikkan kecepatan ( speed ) mikser menjadi sedang ( di no. 4 ) hingga adonan menjadi berwarna agak putih, kembang dan lembut , kira2 sekitar 10 menit . 

4. Setelah adonan sdh agak putih turunkan speed kembali pada posisi rendah , lalu masukkan keju, kocok hingga tercampur rata saja , lalu matikan mikser. Lepaskan alat pengocok, krn kita akan mencampur tepung dengan spatula. 

5. Kmdn masukkan tepung almond sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk dengan spatula hingga tercampur baik , jangan mengaduk adonan terlalu berlebihan cukup tercampur dengan rata karna dengan mengaduk terlalu berlebihan akan membuat kue keras . 

6. Setelah adonan  tercampur rata  dan dapat dibentuk ( hentikan pemakaian tepung almond atau jika dirasa adonan msh terlalu lembek dapat di tambahkan tepung almond kembali ) . 

7. Ambil adonan simpan pada kertas baking , lipat kertas sehingga sebagian menutupi permukaan adonan kmdn tekan dengan telapak tangan agak2 pipih lalu gilas dengan kayu penggilas hingga ketebalan kurang lbh 1 cm . 

8.setelah itu cetak adonan sesuai selera atau potong2 memanjang dengan lebar 1 cm dan panjang 3-4 cm . Susun kue pada loyang kmdn beri olesan kuning telur dan taburi dengan parutan keju diatas . 


9. Kue siap dipanggang selama 20 menit dengan suhu oven 350 F ( setiap saat harus di lihat nya agar kue tdk gosong ) kelamaan memanggang tergantung suhu oven masing2 karna setiap oven berbeda panas nya . Angkat kue setelah permukaannya menjadi kuning keemasan dan bagian dasarnya terlihat agak kecoklatan dr oven lalu susun dalam rak kue . Simpan dalam wadah tertutup rapat . Kue siap disantap . 


note kedua : jika tdk digilas dengan kertas baking , harap adonan jgn langsung bersetuhan dengan tangan karna akan membuat kue keras ( karna tangan mengandung hawa panas yg membuat adonan kue kastangel keras ) sebaiknya gunakan sarung tangan plastik untuk mencetak kue . 



Selamat mencoba . 

Butter ini yg aku pake wanginya spt wijsman 
Ini kastangel yg siap di bakar 
Hasil akhir dr kastangel .. Yummy yummy 

No comments:

Post a Comment