Saturday, August 16, 2014

Resep sambel terong ala maya kitchen

Kapan hari liat di FB ada yang bikin sambel terong manado dan keliatan nya sangat menggiurkan dan pingin coba bikin....( laper liat penampakannya tuh sambel ) apalagi kalau dibayangkan dengan sepiring nasi hangat dan ikan asin tawar pasti super duper makyuuus deh ..nah kebetulan yang punya resep mba Mila Hasyim sangat baik mau berbagi resep nya , akhirnya dengan segenap jiwa mulai deh aku bergerilya tuk hunting terong ungu dan perlengkapan lainnya kebetulan di rmh lagi kagak punya apa2 karna hbs di tinggal pulkam jadi hrs bergerilya buat cari bahan2 tuk sambel terong ini . Untungnya aku dapat tuh terong ungunya kl nggak bisa nelan ludah terus karna tergiur liat penampakan tuh sambel ...hihihihi ( jelas lebay bgt nya 😀😀😀) dan alhamdulillah bgt ternyata setelah aku eksekusi nie sambel didapur tercinta gw , emang makyus bgt deh promosi bgt nya tp bener mnrt teman gw sambel terong nya muantap pisaaan , kalau nggak percaya teman2 boleh coba kok nie aku kasih resep nya ...resep asli dr mba Mila Hasyim ( makasih nya mba udh diizinkan ngopy semoga allah membalas kebaikan mba ...aamiin ) 


Bahannya : 
By : mila hasyim 
2 buah terong ungu ukuran sedang aja ( biar nggak kebanyakan sambel nya, 😊😊) 
1 gelas santan kental ( aku pake sekitar 250 ml ) 
5 siung bawang putih 
5 siung bawang merah ( kl bawang merah nya besar cukup 1  ukuran USA ) 
5 cabe rawit merah ( kl suka pedas boleh ditambah ) 
1 sdt gula putih 
Penyedap rasa ( kl suka kl nggak skip aja ) , aku nggak pake 
4 butir kemiri 
3 lembar daun jeruk 


Caranya : 

1. Cuci terong kmdn potong 2 serong , goreng dan sisihkan 
2. Rebus semua bumbu , uleg atau blender ( tp lbh enak diuleg ) sampai halus 
3. Tumis bumbu halus sampai harum beri daun jeruk aduk rata kmdn masukkan santan kental biarkan santan agak sedikit mengental , setelah itu mskkan terong , aduk rata biarkan santan dan terong agak mengering ( tp jgn terlalu lama nya proses mengering nya krn takut terongnya hancur , kira2 aja ) kmdn cicipi rasa nya kl kurang bisa ditambahkan bumbu sesuai selera . 
4. Sambel siap tuk disajikan bersama ikan asin tawar , nasi hangat dan sayur lodeh hmhmhm sedaaap . 


Selamat mencoba . 


Nah seperti ini sambel terong ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment