Wednesday, August 13, 2014

Tahu Guling Ala Yogyakarta

Hallo semua baru mulai nulis lagi nie kmrn2 daku habis mudik dulu ke tanah air dan males banget buat nyolek2 nie blog ( biasa kl udh di tanah air yang ada cuman pingin kulineran trs ) tapi hasil dari beberapa kuliner yang aku coba ada beberapa yang mnrt gw unik dan mulai kmrn gw coba bikin apa yang udah gw cicipi ditanah air salah satu nya Tahu guling ini , namanya antik kan tapi rasa nya makyus deh . Tahu guling ini sebenarnya seperti kupat tahu hanya saja perbedaan nya ada pada bumbu kl kupat tahu yang khas jawa barat itu full kuah kacang kl tahu guling tanpa kuah kacang tapi kuah kecap dan sedikit ada rasa asam krn pemakain asam jawa jadi rasanya seger nggak kebelenger , apalagi kl pas hari raya qta pasti bosan dan eneg karna tiap hari disuguhi makanan bersantan nah sebagai pilihan menu spy tdk kebelenger karna santan cobain deh menu Tahu guling ini dijamin sedap bingit. Waktu di yogya setiap pagi pasti aku pergi ke pasar bringharjo buat menyatap nie tahu guling dan sekalian observasi bumbu apa aja yang di pake dan sdkt wawancara sama penjualnya buat ngasih tahu bumbu apa aja yang di pake , untungnya bapak dan ibu penjual nya baik bgt dan ngasih tahu cara dan bumbu apa aja , alhamdulilllah bgt deh dan akhirnya gw bisa bikin nie menu dgn cita rasa yang enak dan hampir sama dgn bpk penjual yg diyogya mnrt suamiku lho ( siapa lg yang memuji taste masakanku ) nah kl teman2 mau coba boleh intip2 nie resep ....aku cuman bikin tuk 2 porsi aja krn anak2 ku tdk suka dengan menu ini . 


Bahannya : 
By : maya kitchen 

1-2 buah  lontong / ketupat ( aku pake lontong instan yg tinggal rebus aja ) potong2 sesuai selera . 
2 buah tahu putih  , potong jd 4 bagian goreng , sisihkan 
1/2 papan tempe , goreng , potong2 ,sisihkan 
Krupuk udang 
100 gram  toge, siram air panas , saring , sisihkan 
1/4   kol , iris halus
2 batang daun bawang iris halus
2 batang seledri iris halus 
Bawang goreng 
Kecap manis 
1/2 sdm asam kanji , beri air 

Kuah kecap nya : 
100 gram kemiri , goreng sisihkan 
1 buah  cabe merah besar 
3 buah cabe rawit merah 
4 buah bawang putih 
Garam 
1/2 sdm gula merah 
1 sdt gula putih 
3 lembar daun jeruk 
4 sdm kecap 
250 ml air matang 


Cara membuat saus nya : 

Uleg cabe rawit , bawang putih , daun jeruk dan kemiri sampai halus 
Kmdn beri gula merah dan gula putih serta garam kmdn aduk sampai tercampur rata . 
Lalu beri air dan kecap serta air asam , kmdn aduk  kembali sampai tercampur dengan merata dan koreksi rasa . Mnrt aku sih dgn takaran bumbu segitu sdh pas kl teman2 merasa kurang boleh ditambah sesuai selera saja . 

Penyajiannya : 

Ambil mangkok lalu susun : lontong, tahu, tempe , toge dan kol kmdn beri daun bawang, daun seledri dan bawang goreng baru banjur dengan kuah kecap sajikan dengan kerupuk udang atau kerupuk aci . Selamat mencoba . Rasa nya yang segar sangat menggugah selera . 


Nah ini perlengkapan tahu guling  
Seperti ini penyajian  tahu guling ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment