Friday, May 9, 2014

Resep Bihun goreng by maya kitchen

IHari ini Anchorage lagi puanas banget menembus 65 F , tapi bikin badan enak banget karna tersinari oleh matahari yang begitu bersahabat , bayangin aja selama 6 bulan terkurung dalam tumpukan salju dan udara yang dingin banget. Sebenarnya bikin bihun goreng ini bukan karna cuaca bagus tapi karna lagi kangen aja sama bihun goreng , kayanya enak bgt kl dimakan pake sambel kacang atau cabe rawit aja ( inget jajanan masa SD dan SMP dulu dijakarta kl dikantin pasti aja menu ini favorit bgt buat gw ) apalagi harga nya nggak mahal tapi mengenyangkan bgt. Kebetulan lg gw kmrn beli bihunnya byk maksudnya lagi hari kamis kmrn (. 8/5/14 ) mau bikin bihun goreng buat ibu ibu pkk tapi gatot karna ada gretongan buryam nya teteh lia ( lumayan kan ada gretongan dadakan , moga2 tiap hari nie ky gini ...hihihihi ) bikin bihun gw rasa semua ibu2, sahabat dan semuanya pasti bisa karna mudah bgt , rasanya mnrt gw eunak deh apalagi teman anakku doyan bgt . Nah buat yang pingin bikin mangga ini resep nya . 

Bihun goreng 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

1 bungkus bihun ( gw nggak dipake semua , pake 1/2 aja ) 
100 gram ayam, potong dadu atau sesuai selera aja 
100 gram udang kupas 
5 buah bakso , potong 4 bagian 
1 batang daun sawi , iris kasar 
2 batang daun bawang 
1 buah wortel , potong korek api 
5 lembar daun kol.  Iris halus 
2- 3 sdm kecap manis 
2 sdt  merica bubuk 
Garam secukupnya 
  1/2 sdm bubuk  kaldu rasa ayam ( chicken powder ) , kl tdk suka bisa di skip 
2 butir telur 

Bumbu yang dihaluskan : 
3 siung bawang merah 
6 siung bawang putih 
4 butir merica 

Caranya : 
1. Simpan bihun dalam wadah ( bowl ) , lalu siram dengan air panas biarkan kira2 5 mnt sampai bihun lunak , saring dan sisihkan . 
2. Panaskan wajan lalu tumis bumbu halus, aduk 2.masak sampai harum , setelah harum masukkan udang , ayam , aduk2 masak sampai udang dan ayam berubah warna . 
3. Setelah udang dan ayam berubah warna , masukkan kocokan telur aduk rata sampai telur berbutir2 seperti orak arik lalu masukkan sayuran sawi , kol , dan wortel beri air sedikit ( kira2 aja ) agar sayuran layu setelah sayuran layu baru masukkan bihun aduk rata , beri kecap, garam dan merica , daun bawang kmdn aduk rata cicipi rasa ,  kmdn angkat dan bihun siap tuk dinikmati dengan sambel kacang atau rawit. 


Selamat mencoba . 
Ini dia penampakan bihun goreng 

1 comment:

  1. Mas Immanuel Kabuhung maaf baru dibales karna saya jarang buka email saya . cara nya bagaimana mas kl mau bergabung ke myTaster Indonesia ?terima kasih sekali atas ajakan mas dan sudah mengkontak saya maaf sekali lagi baru dibalas .

    ReplyDelete