Thursday, May 1, 2014

Resep Sambel Roa Pedas ala maya kitchen

Hari ini gw lagi pingin makan sambel yang pedas dan ada rasa ikan asap nya , kayanya enak bgt kl dimakan bareng sama nasi hangat aja tanpa aksesoris lainnya , kebenaran banget gw punya ikan asap galonggong yang kmrn gw beli disalah satu grocery , kepikiran deh buat bikin sambel ala Roa judes  walau sebenarnya sambel roa ini berasal dari ikan roa , tapi karna di sini kagak ada yang jual ikan roa jadi gw manfaatin aja pake smoke galonggong kan sama2 asap....hihihihi ( judulnya maksa ) tapi enak jg lho pake ikan asap galonggong apalagi rasanya jadi gurih dan pedas wah bikin nafsu makan gw meningkat , jadi lupa ama diet deh ...sebenarnya bikin sambel roa ini bisa menggunakan segala macam ikan yang penting ikannya diasap aja, rasa nya tak kalah enak sama sambel roa yang asli ... bgt deh , daripada susah2 hrs beli on line dan nunggu ikan roa mending manfaatin bahan yang ada aja , coba deh bikin sendiri dijamin ketagihan .....( lumayan menghemat saving  ðŸ˜ƒðŸ˜ƒ) buat qta yang berada di LN kan kl mau beli bahan2 yang berasal dr Indo lumayan saving  nya . Sebenarnya resep sambel roa ini ada beberapa di mbah google dan berbagai versi , akhirnya modal gw adalah menyatukan berbagai informasi trs gw modif sendiri disesuaikan dengan rasa lidah qta .nih buat para sahabat dan ibu2 yang pingin bikin ini resep nya . 

Bahannya : 

1 bungkus ikan galonggon asap atau ikan asap lainnya ( 200 gram setelah di chop / di blender kasar ) 
Garam secukupnya 

Bumbu yang dihaluskan : 

3 buah cabe merah besar , kl mau tambah lg boleh tergantung selera aja 
10 buah cabe rawit merah , berhub gw lg pingin pedas jd gw banyakin rawit nya . ( bisa dikurangi ) 
10 siung bawang merah 
7 siung bawang putih 
1 ibu jari jahe 

Caranya : 

1. Belah ikan buang duri nya (buang kepala nya ) ambil daging ikan lalu chop dan sisihkan . 
2. Chop bawang merah , bawang putih, cabe merah cabe rawit dan jahe , sisihkan ( kl mau pake blender jgn terlalu halus nya , rada2 kasar dikit deh ) . 
3. Sangrai  ikan galonggong yang sudah dichop tanpa minyak sampai ikan wangi , angkat , sisihkan .
4. Pakai kembali wajan yang tadi dipakai tuk mengsangrai ikan , beri minyak goreng secukupnya lalu tumis bumbu halus sampai matang ( sdh tdk tercium bau bawang kira2 5-10 mnt deh asal jgn ampe gosong lho ) kmdn masukkan ikan roa aduk rata beri garam , aduk rata ( kl mau pake kaldu bubuk ayam sdkt jg boleh biar ada gurih sdkt tp tergantung selera saja ) cicipi rasa , kmdn angkat dan dinginkan setelah itu sambel roa simpan dlm wadah tertutup dan siap tuk dipakai jika di inginkan . 


Selamat mencoba . 


Muantap kan ... Hmhmhm sedaap 
Nah ini gw simpan di tupperware .. 

No comments:

Post a Comment