Friday, May 2, 2014

Resep Kerupuk Nasi

Kerupuk ini gw bikin dari sisa nasi , daripada basi mending gw manfaatin jadi kerupuk , terkadang qta memasak nasi terlalu byk dan sekitar 1 -2 hari saja nasi sdh mulai kelihatan berair walau blm basi tapi menuju kearah sana , kan mubajir bgt kl terbuang pdhl harga beras sangat mahal , kali ini gw pingin memanfaatkan nasi menjadi panganan yang bermanfaat lumayan deh buat camilan , buat nya mudah hanya rada lengket aja pas diolah nya karna dicampur dengan tapioka kali nya jd lengket bgt tapi nggak apa2 sdkt ada perjuangan tapi rasa nya mnrt anak 2 dan gw sih cukup enak dijadikan kerupuk .pokoknya kl di LN atau dimana saja hrs bisa mensiasati bahan yang tdk berguna menjadi suatu olahan biar tidak terbuang sia sia . Aku liat cara membuat nya dr Dapur griya khayangan ( makasih nya mba udh berbagi resep ) nie buat yang pingin bikin ini resepnya . Disebut jg gendar nya nie kerupuk . 

Bahannya : 
KERUPUK NASI (kerupuk gendar/puli/lempeng)
Resep; Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan Biang:
3 sdm tepung tapioka
100 ml air panas yang baru mendidih
===> Tuangkan air mendidih kedalam tepung tapioka lalu aduk2 hingga mengental seperti lem.

Bahan Adonan Kerupuk:
500 gr nasi hangat ( ini aku hangat kan di mikrowave, kebetulan sisa nasi gw pas segitu ) 
1 sdt garam (secukupnya)
1/4 sdt gula pasir

Bumbu Halus:
1 sdt ketumbar sangrai
3 siung bawang putih

Cara Membuat:
1. Masukkan adonan biang kedalam nasi hangat, tambahkan bumbu halus, garam dan gula. Aduk hingga rata dan uleni adonan sambil diremas2 agar nasi agak pecah dan hancur.
2. Siapkan cetakan/loyang yang diolesi minyak goreng kemudian alasi daun pisang/plastik...olesi minyak goreng lagi agar tidak lengket. Tuangkan adonan kerupuk nasi kedalam loyang, ratakan dan padatkan. Kukus hingga matang kurang lebih 1/2 jam.
3. Dinginkan dahulu...
4. Potong2 kerupuk nasi dengan pisau tajam yang dibungkus plastik, bentuk potongan sesuai selera, jika hasil potongan kerupuk terlalu tebal, masukkan potongan kerupuk kedalam plastik lalu tekan2 dengan jari2 tangan sehingga menjadi lebih tipis. Letakkan kerupuk nasi yang masih basah di nampan dan jemur hingga kering.


Note dr gw : kl tdk ada matahari ( spt ditmpt gw yg jarang ada matahari ) menjemurnya bisa dlm oven dan nyalakan lampu ovennya , jemur sekitar 1 - 2 hari sampai kering aja . 


Selamat mencoba . 



Nah ini penampakan kerupuk nasi gw alias gendar , tinggal di goreng . 

1 comment: