Friday, May 2, 2014

Resep Ayam Goreng kunyit bumbu serundeng

Kapan hari gw pingin banget makan sama ayam goreng bumbu kunyit alias ayam goreng kuning yang ditaburi sama bumbu kelapa terus makannya pake sambel terasi, lalap dan nasi hangat ...hmhmhm yummy bgt ( ampe ngeces ngebayanginnya ...hihihi ) , daripada ngeces trs mending gw langsung ke dapur tercinta buat mengeksekusi tuh ayam biar ngindam ama tuh makanan bisa terobati ( kesannya ky orang hamil aja pake ngidam ...😄😄) , mulai deh gw siapin semua bahan2 nya , oh iya gw lbh suka pake chicken wing soalnya enak dan mudah trs itu bagian favorit gw bgt kl makan ayam bisa byk makannya nie ....yuk ah daripada byk cerita mending qta mulai aja ..


Bahannya : 
By : maya kitchen 
15 potong ayam ( gw pake chicken wing yang udh dipotongin kan praktis buat emak2 pemalasan ky gw nie 😃, jgn diikutin nya ) 
3 lembar daun salam 
1 kaleng air kelapa / 400 ml air biasa jg oke . 
1 bungkus kelapa parut 
1 ibu jari lengkuas, geprek 

Bumbu yang dihaluskan :
 8 siung bawang merah 
5 siung bawang putih 
5 butir kemiri , sangrai 
1 sdm ketumbar , sangrai ( gw paling suka dgn wangi ketumbar jd gw pake byk ) 
2 sdt gula merah 
Garam secukupnya 


Caranya : 

 Campur bumbu halus dengan ayam , aduk rata kmdn beri air kelapa , lalu ungkep ayam sampai empuk dan  matang ( aku ungkepnya tdk sampai hbs air nya jd disisakan sdkt )  kmdn angkat , sisihkan . ( angkatnya tanpa bumbu nya kan bumbunya mau dicampur dengan kelapa kering tuk jd serundeng ) 

Sisa bumbu yang masih ada kmdn campur dengan kelapa kering , aduk rata , angkat dan sisihkan . 
 
Ayam siap tuk digoreng , panaskan wajan beri minyak secukupnya lalu goreng ayam sampai kuning kecoklatan dgn api sedang , angkat dan sajikan ayam bersama dengan serundeng dan sambel terasi . 


Cara membuat serundeng : 

Panaskan wajan ,beri minyak secukupnya lalu goreng kelapa yg sdh dibumbu tadi sedikit 2 sambil diaduk2 agar tdk gosong , lakukan sampai adonan kelapa habis , angkat kmdn simpan dlm wadah kedap udara , serundeng ini bisa dipakai kapan saja tuk daging goreng , empal atau ayam serundeng . 

Notenya : tuk menggoreng serundeng gunakan api sedang saja biar serundeng tdk cpt gosong . 

Selamat mencoba . 

Ini penampakan ayam bumbu kuning yg blm digoreng 

Ini ayam yg sdh digoreng ditemani sambel terasi .. Hmhmhm sedap , sengaja nggak pake serundeng 
Yg ini ayam goreng kunyit lengkap dgn serundeng dan sambel terasi 
Met menikmati .. Hilang sdh ngeces nya 
Ini dia bumbu serundeng yg siap sbg taburan ayam , daging . 

No comments:

Post a Comment