Friday, May 9, 2014

Resep Balado Ikan Bilis by maya kitchen

Kapan hari gw dapat rezeki dikasih ikan bilis dari mba Lenny ( makasih bgt ny mba semoga tambah byk rezekinya )  , aduh senang nya terpikir nie ikan enaknya gw bikin sambel lado aja pengganti ikan teri, tapi niat gw blm kesampaian tuk bikin nie sambel lado karna terbentur sama kemalasan tingkat dewa dewi , nggak tahu deh beberapa hari ini rasanya gw muales bgt buat turun ke dapur pinginnya leyeh2an aja , kl udah males bisa 1 minggu tuh terkena virus nya dan tuk mengumpulkan semangat rajin lagi susah banget ( maklum emak2 kan kerjanya lbh dr 24 jam jadi kl udh dtng virus males ya sutra  deh ...😀😀😀, pengelesan emak2 males ) akhirnya hari rabu bobol jg tuh rasa males gw karna teringat tuk mengolah ikan bilis yang cuman jadi pajangan, dengan sisa 2 semangat yang ada gw turun ke dapur lagi deh trs mulai mengeksekusi tuh ikan buat dibikin balado ikan bilis , walau blm terkumpul semua rasa rajinnya tapi mengenai rasa dari balado ini makyuuuuus bgt ( ini mnrt orang yang gw kasih lho bukan Gr tapi realita ...hihihihi), pokoknya balado ikan bilis ini kl dimakan dengan nasi hangat aja udah top markotop banget deh bisa lupa sama males nya ...hihihi, apalagi kl pake sayur bayam ( lg cinta  sama sayur bayam 😃😃) wah makin sedeeeeep . Udah deh gw nggak lama2 curhat nya ntar pada bosen lg baca nya , mari qta mulai aja sama resep nya . 

Balado ikan bilis 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

500 gram ikan bilis  ( ikan bilis bisa diganti dengan ikan teri ) 
1 buah cabe paprika merah 
5 buah cabe merah 
10 buah cabe rawit merah ( boleh diskip kl tdk suka pedas ) 
10 biji mata petai , belah 2 
7 siung bawang merah 
10 siung bawang putih 
Garam secukupnya 
3 buah tomat merah uk. Kecil kl besar cukup 1. 

Caranya : 

1. Goreng ikan bilis sampai kering dan garing , angkat dan sisihkan 
2 . Kukus paprika merah, cabe merah , cabe rawit , bawang merah , bawang putih , tomat sampai lunak kmdn angkat dan sisihkan . 
3. Uleg semua bahan yang sudah dikukus ( no . 2 tadi nya ) tidak terlalu lembut sedang aja ngulek nya. 
4. Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya, setelah minyak panas masukkan bumbu yang sdh diuleg tadi , aduk2 masak sampai bumbu matang, kira 2 sekitar 10-15 mnt  deh lalu beri garam , 
 setelah bumbu matang baru masukkan ikan bilis aduk 2 , setelah bumbu rata dengan ikan , matikan kompor lalu angkat dan balado ikan bilis siap tuk disantap . 


Selamat mencoba . 

Nah ini dia balado ikan bilis .. Sedap 

No comments:

Post a Comment