Friday, May 2, 2014

Resep Rempeyek Kacang ala maya kitchen

Kali ini gw mau nulis cara membuat rempeyek ala orang jawa tengah ( Yogya ) , biasanya gw bikin rempeyek yang tipis yang diajarin nyokap gw trs yang kacang nya hrs di iris2 tipis ( pokoknya ribet dan cape deh tapi hasil akhir eunak tenan ...sebanding sama pengorbananya ) perbedaan nya sebenarnya pada adonan tepung dan kacang nya kl ala Yogya kacang nya tidak diris2 tapi utuh trs nggak pake santan cukup air biasa aja , trs pake kencur , kl gw pikir seperti rempeyek si mbok2 tukang pecel khas Yogya gitu , tapi gw nggak tahu jg sih apa bener nie rempeyek asalnya dr Yogya ( krng info gw nya ) gw sebut begitu karna kl ke yogya ciri khas peyeknya banyak kacang nya terus bulat2 gitu dan tebal ( maaf nya kl salah memberi judulnya ) tapi gw suka ama rasa nie peyek mengingatkan gw sama mertua di Yogya . Katanya peyek ini jadul sih tapi biar jadul nie peyek tapi kl rasa sih nggak ikutan jadul malah makyus ,..hihihi,gw bikin nya nggak bisa bulat karna nggak punya alatnya jadi sejadinya aja bentuk nya nggak apa2 penanpilan tdk pas yg penting rasa nya bikin ketagihan ..peyek model gini enaknya dimakan pake sego pecel kynya muantap bgt deh bisa lupa sama diet deh . Yuk deh buat teman 2 yg pingin bikin ini resep nya ( aku dapat resep nya dr mba diah didi kitchen , makasih mba udh share resepnya ) tapi udh aku modif sdkt aja ...yuk qta mulai . 


Bahannya : 
By: diah didi kitchen modif by maya kitchen 

250 gram tepung beras 
100 gram tapioka 
5 lembar daun jeruk , iris halus 
Garam secukupnya 
350 ml air 
10 sdm santan  cair 
1 bungkus kacang dengan kulit arinya 
1/2 bungkus kacang tanpa kulit arinya 
1 butir telur ayam 
1 sdt gula putih 
Minyak goreng 

Bumbu yang dihaluskan : 

5 siung bawang putih 
1 sdm ketumbar 
1 ibu jari kencur 


Caranya : 

1. Campur tepung beras , tapioka , telur dan bumbu halus , garam , gula putih aduk rata beri air sdkt sdkt aduk rata setelah tercampur rata baru beri santan cair , aduk rata kembali . 
2. Panaskan wajan , beri minyak goreng banyak setelah minyak panas ambil 1 sendok sayur adonan lalu beri kacang secukupnya kmdn goreng sampai setengah matang , angkat , biarkan sampai dingin , lakukan sampai adonan habis .( aku pakai tehnik 2 kali goreng biar cepat selesai peyek nya ) 
3. Setelah peyek yang 1/2 matang tadi dingin , kmdn goreng kembali dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan , angkat , lakukan sampai peyek habis kmdn simpan dalam wadah tertutup dan peyek bisa dinikmati kapan saja . 


Note: aku pake tehnik 2 kali goreng biar adonan cepat habis dan didapat rempeyek yang renyah tapi kl teman2 mau satu kali goreng jg bisa ( cuman lama sih , gw lbh suka pake 2 kali goreng ) . 



Nah ini peyek ala Yogya versi maya kitchen tp krng bulat nie peyek nya .ini peyek yg kacang msh berkulit ari . 


Nah kl yg ini peyek kacang tanpa kulit ari
Krenyes krenyes deh .. 

Berhubung wadahnya lg dipake buat bikin telur asin jd gw ziplok kan saja 

No comments:

Post a Comment