Wednesday, May 7, 2014

Resep Mie Ayam versi 2 ala maya kitchen

Sebenarnya gw pernah bikin dan nulis tentang mie ayam, tapi skrng gw tulis lagi dengan cara yang lbh mudah deh deh dan versi sedikit alias cuman buat 3 mangkok , berhubung kmrn suami kagak makan mie ayam karna lg sakit jadi gw bikin nya cukup buat gw dan anak2 aja , mnrt gw rasa mie ayam nya  sama aja sama yang terdahulu nggak ada beda nya , mengenai rasa jg sama aja hanya sekarang gw tambahin kerupuk pangsit jadi lbh komplit gitu ... Nggak usah basa basi yang panjang deh mari kita mulai aja pembahasan resep nya siapa tahu ada yang pingin bikin dan lg terbayang2 and kangen ama nie makanan ( ky gw yang lg ngiler ama mie ayam ) yuk mulaiiiii ..... 


Bahannya 

3 potong ayam dada ( aku potong dadu ) , tulang nya aku pake buat bikin kuah nya . 
1 kaleng  jamur kancing  , potong dua bagian atau sesuai selera 
1 ikat cai sim, rebus sekitar 2 mnt 
10 siung bawang putih , cincang kasar 
7 sdm kecap manis 
3 sdm saos tiram 
Garam secukupnya 
Merica bubuk secukupnya 
Gula putih secukupnya ( kl nggak suka bisa diskip ) 
1 sdm seasoning sauce 
2 sdm minyak ayam 
1 sdm kecap manis 


Pelengkapnya : 
 Beberapa butir bakso 
2 batang daun bawang , iris halus 
Bawang goreng 
Kerupuk pangsit ( aku pake  yg buat bikin siomay  ,  jadi tinggal goreng aja ) 
Mie telur 2 buah , rebus mie sekitar 5 mnt sampai matang beri 1 sdm minyak goreng biar nggak lengket , tiriskan . 


Bumbu tuk kuah nya : 
Bumbu ini dihaluskannya . 
6 siung bawang putih , 
2 butir bawang merah 
Merica secukupnya 
Garam secukupnya 
1 ruas jahe , geprek . 
=============== tumis semua bumbu halus  dengan minyak sedikit saja lalu  masak sampai harum dan  sisihkan . 
Cara membuat kuahnya : 

Rebus tulang2 ayam dengan air secukupnya sampai mendidih , kl sudah mendidih kecilkan api biarkan sampai sumsum pada tulang 2 ayam keluar ( kl berbusa buang busa nya pake saringan ) setelah itu masukkan bahan tumisan , masukkan bakso , lalu  cicipi rasa kl ada yang kurang bisa ditambah kan garam  sesuai selera saja , kl menginginkan kuah yang jernih tinggal saring aja nya dan kuah siap tuk dinikmati sbg teman mie ayam . 

Membuat tumisan ayam jamur nya : 

Panaskan  wajan beri minyak goreng secukupnya , lalu tumis bawang putih cincang sampai harum , kmdn masukkan potong ayam aduk , masak sampai ayam berubah warna , lalu beri kecap manis , saos tiram , garam , merica dan gula , aduk rata kmdn cicipi rasa , terakhir masukkan irisan jamur masak sampai jamur layu lalu matikan kompor dan angkat , sisihkan . 


Cara penyajiannya : 

Ambil mangkok lalu beri minyak ayam , seasoning sauce ,  kecap manis dan merica  bubuk  lalu masukkan   mie telur aduk rata setelah tercampur beri topping tumisan ayam jamur, cai sim , daun bawang dan bawang goreng serta satu mangkuk kuah beserta bakso nya dan kerupuk pangsit nya , mie ayam jamur siap tuk dinikmati . 

Selamat mencoba . 


No comments:

Post a Comment