Thursday, May 1, 2014

Resep Kepiting Saos Padang ala maya kitchen

Aduh kalau liat kepiting itu mau mau nggak soalnya bentuk nya gede banget sedangkan yang doyan dirmh cuman gw ama c bungsu , jadi tiap liat kepiting batu pasti mikir beli jgn beli jgn karna takut kagak habis apalagi di LN ini kepiting nya segede gaban banget deh , ngeri liat nya . Tapi kali ini gw branikan diri deh buat beli tuh kepiting karna kangen sama kepiting saos padang yang di rmh makan chinesse di bdg wah rasa nya eunak bgt deh wkt itu makan sama teman2 se gank , nikmat bgt mungkin karna makannya bareng2 kali nya jd nikmat atau pas lapeeer ...hihihihi. Gw dulu suka dibawain kepiting lada hitam dr kalimantan dan itu rasanya wiiiih eunak bgt deh , kl nggak inget tuh kepiting bisa naikkin kolesterol pasti gw hbsin 2 bungkus yg di oleh2 in ade ipar gw ...laper apa nggak mau rugi nya krn gretongan ...hihihi. Kapan jg kl suami gw ke Tangguh pasti gw dibawain oleh2 kepiting ama udang yang masih seger bgt , apalagi kepiting nya suka msh hidup lumayan takut jg karna kl kena capitnya bisa patah nie jari ..aku dapat resepnya dr mbah google dan tdk aku modif jadi sesuai asli nya ( terima kasih buat mba/ mas yang udh share resep ini semoga bertambah byk lg ilmunya) , yuk qta intip aja caranya . 


 

RESEP KEPITING SAUS PADANG
By  maya kitchen 

Bahan :
2 ekor kepiting telur/jantan (aku pakenya kepiting kecil / rajungan), kl gw pake kepiting yg uk. Gede bgt , oh iya kl gw kepitingnya nggak direbus tapi digoreng lbh makyus sih mnrt gw. 
2 sdm saus tiram
2 sdm saus tomat, siap pakai
3 sdm saos sambal, siap pakai
150 ml air (kaldu seafood) – aku sih pake bekas rebusan kepiting, gw nggak pake . 
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt kaldu ayam bubuk
1 batang daun bawang, iris serong tipis
½ buah bawang bombay, iris tipis
1 sdt gula pasir
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk – sobek2 buang batang
1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok

Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu 
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar
3 buah kemiri, sangrai
2 sdm cabe merah giling, siap pakai

Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan termasuk kocokan telur, aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat dan sajikan . 

Nah ini kepiting saos padang 

No comments:

Post a Comment