Friday, April 25, 2014

Resep Lapis Legit putih telur ala maya kitchen

RKapan hari bikin lapis legit , nah kebetulan banget sisa putih telur nya byk bgt  sayang banget liat nya kl terlalu lama disimpan dlm lemari pendingin biasa nya suka menjadi cair ( jd kurang bgs lg kl dibikin adonan kue ) terpikir buat bikin lagi lapis legit dengan menggunakan si putel ( putih telur ) akhirnya coba cari cari di mbah google dan byk banget cara yang di suguhkan akhirnya gw tertarik tuk mencoba resep dr salah satu tapi gw lupa namanya ( maaf nya mba ) yang gw inget cuman dr majalah Sedap yang booklet nya , ternyata rasa lapis legit ini enak walau dr putel terasa lembut dan legit sesuai dengan namanya ...😊😊, oh iya aku pake resep ini hanya sdkt yang saya rubah karna disesuaikan bahan yang tersedia di rumah saja , aku bikin pake keju yang ditaburi diatas dengan kacang almond , mencoba variasi aja . Oh iya kl bikin kue ini harus menyediakan waktu yang banyak nya karna hrs telaten setiap lapisannya lumayan deh apalagi qta hrs jaga jgn sampai gosong tuh kue , gw kmrn bikin ini menghabiskan waktu hampir 5 jam kurang dr awal sampai selesai tapi nggak sia sia sih pengorbanan terbayar sdh dengan keberhasilan nya dan rasa nya ...kl bisa jingkrak kaya nya jingkrak2 deh ...hihihihi . Dengan  mengucapkan Alhamdulillah akhirnya  bisa bikin kue ini yang mnrt gw wkt liat resepnya sptnya muales dan ribet tapi setelah dicoba ternyata mudah kok , in shaa allah ibu2 dan teman2.yang lain pasti bisa , aku sarankan lbh baik pake loyang loaf aja hasil kue nya akan lbh tinggi kmrn aku pake loyang uk . 30x 30 x 4 cm jd kuenya pendek krn terlalu lebar loyang nya . Aku aja jd pingin bikin dan bikin lagi , semoga aja ada mood yang bagus buat realisasinya ...hihihi. Kapan2 aku jg pingin bikin cake yang 8 jam penasaran judulnya ...πŸ˜€πŸ˜ƒ. Yuk ah nggak usah pake lama ini resepnya . 

Bahannya : 

640 gr Putih Telur
1/2 sdt Garam
1 sdm Emulsifier
250 gr Gula Pasir
200 gr Margarin (aku pake merk crisco USA , sebyk  200  gram ) 
200 gr  mentega , wisjman  (aku pake butter unsalted , sbyk 200  gram ) 
1-2 sdm  Susu Kental Manis Vanilla
150 gr Terigu protein sedang (130 gr terigu + 20 gr Maizena)
30 gr Susu Bubuk FullCream
1 sdm pasta coklat 
Keju cheddar untuk setiap lapisannya  ( parut halus ) 
Almond secukupnya yang sdh di iris tipis . 
1 sdm bumbu spekuk ( biar kue lapis nya wangi khas lapis legit ) 

Cara Membuat :
Kocok margarin dan mentega asin selama 30 mnt sampai putih dan bertekstur ringan. Tambahkan susu kental manis. Kocok rata, sisihkan.
Di wadah yang lain kocok putih telur, garam, dan emulsifier sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang sempurna dan kental kaku.
Tuang ke margarin kocok sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Masukkan terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk hingga tercampur rata . 


PENYELESAIAN :
1. Setelah   selesai mengocok dan mencampur kmdn bagi menjadi 2 adonan , satu beri pasta coklat lalu  aduk sampai rata dan  satunya beri keju cheddar parut aduk rata . 
 2. Panaskan  oven dengan suhu 340 F . 
 3. Ambil     Adonan yang dicampur keju sebanyak  1 sendok  sayur ukuran sedang, tuang ke dalam loyang  yang sudah dioles margarin,  dialasi  kertas roti, dan ditaburi tipis tepung terigu. Oven 10 mnt dengan api bawah ( gw hanya 7 mnt ) , kl sdh coklat keluarkan dr oven lalu tekan ( gw tekan nya hanya pake gelas aja ) 
4. Tuang  lagi  adonan coklat sebanyak  1 sendok  sayur ukuran sedang, Oven  dengan api atas selama 5 mnt sampai permukaan coklat matang kmdn tekan kembali dengan gelas , lalu lapisi lagi dengan adonan putih ( keju ) oven lagi dgn api atas selama 5 mnt biarkan masak sampai kekuningan , lakukan begitu terus selang seling adonan sampai adonan habis . Pada lapisan terakhir beri cincangan almond lalu bakar dengan api atas selama 7 mnt  sampai kuning kecoklatan kmdn matikan api atas lalu bakar kembali lapis legit ini dengan api bawah tuk tahap terakhir selama 10 menit , setelah itu angkat biarkan dingin baru keluarkan dr loyang dan potong2 sesuai selera . 

Note :
Masukkan putih telur sedikit-sedikit ke dalam kocokan margarin agar mudah tercampur.
Setiap kali melapisi kue, adonan harus diaduk terlebih dahulu.
Jika suka lapis legit yang berminyak, oles penekan lapis legit dengan mentega/margarin.
Jangan menabur keju terlalu tebal agar kue lapis tidak berlubang-lubang.
Jika suka, bisa ditambahkan taburan bubuk kayumanis/spekoek pada setiap lapisan.

Nah ini putih telur setelah dikocok slama 30 mnt 
Nah ini putel yg sdh diberi gula sdkt sdkt dan adonan akan menjadi kental berjejak spt hidung petruk . 
Nah ini hasilnya lapis legit putih telur coklat keju .. Yummy 

No comments:

Post a Comment