Sunday, April 13, 2014

Resep Tahu sawi asin Udang

Wah udah lama ini nggak pernah ngintip atau nulis lagi diblog ini ( beneran lg nggak moody ) padahal byk resep yang udah gw pratekkan tapi mau nulis kok muales banget atau karna gw lagi asyik ama mainan baru nya ( lirik2 benang wol gw ama jarum kristik, lg asyik merajut dan mengkristik ) biasa gw rada sdkt jenuh ama memasak dan baking makanya cari alternatif lain yaitu merajut , mengkristik dan membuat bandana tuk anak ku . Tapi hari ini diniatin deh buat nulis lagi walau msh 1/2 hati tapi takut lupa rumus2 masak nya jadi hrs buru2 diselamatkan, kali ini gw mau nulis dengan masakan yang gw dapat dari teman baru gw di Alaska yaitu Ayu , waktu hari selasa lalu bln april gw lupa tgl nya kan qta emak 2 rempong bikin kegiatan pengajian perdana nah pas pengajian ini Ayu bawa makanan tahu sawi asin udang , katanya ini resep dari mamahnya judulnya karangan gw aja tapi rumus nya dari Ayu rasa makanan ini enak , segar dan gurih pokoknya nampol deh dan gw ucapin makasih bgt sama Ayu yang udah mau berbagi resepnya , buat teman, sahabat dan ibu2 yang pingin coba menu lain tuk disajikan sebagai menu lunch atau dinner , masakan ini mnrt gw cocok kok dimakan kapan saja yang penting dengan nasi hangat , sambel terasi dan ikan asin atau goreng wah Muantap banget . Ini resepnya . 


Tahu sawi asin udang 
By maya kitchen ( sumber dr Ayu ) 

Bahannya : 

1 bungkus tahu pong atau sumedang ( aku kmrn nggak nemu jd pake tahu putih biasa yg aku goreng sdkt kering ) 
1/2 ons udang , bersihkan bagi 2 
1 bungkus sawi asin ( ini ada di toko Asia grocery ) , buang airnya cuci bersih potong 2
3 lembar daun salam 
2 cm lengkuas 
1/2 sereh , geprek 
150 ml santan sedang ( nggak terlalu cair dan tdk terlalu kental ) 
1sdt merica bubuk 
5 buah cabe hijau , iris serong atau sesuai selera aja 
5 siung bawang putih , iris tipis 
3 lembar daun jeruk
4 siung bawang merah , iris tipis 
Pete , jika suka
Garam 
Gula merah secukupnya 
Bumbu kaldu ayam secukupnya 


Caranya : 

Tumis  bawang merah , bawang putih  sampai harum setelah itu masukkan cabe hijau lalu masukkan  udang ( masak biar berubah warna ) aduk rata setelah itu masukkan pete , lengkuas, daun jeruk , sereh , daun salam aduk rata , setelah itu masukkan sawi asin , tahu pong, santan , gula merah , merica bubuk , garam dan kaldu bubuk rasa ayam aduk sebentar lalu biarkan sampai santan mendidih , kmdn test rasa jika kurang tambahkan saja bumbu yang dirasa kurang sempurna nya , jika sudah pas rasanya , matikan kompor dan tahu sawi asin udang siap disajikan dengan nasi hangat dan yang lainnya . 


Selamat mencoba. Sahabat sahabatku dimanapun berada . 


Nah ini penampakan nya sedaaap deh 👍👍👍👍

No comments:

Post a Comment