Friday, April 25, 2014

Resep Empal Daging versi Maya kitchen

Hari ini lagi ngebayangin makan empal daging yang biasa gw makan. Kl pas ada di Yogyakarta , empal yogya tuh enak bgt lho , dagingnya tebal tapi empuk ( kpn2 nanya cara nya ah sama si mbok2 😀😀) tapi kali ini gw bikin versi gw aja dulu deh seperti nya versi Jawa Barat ..hihihi . Yang penting Empal  judulnya rasa nya mnrt  keluarga kecil gw sih enak , malah anak2 dan suami suka  karna manis, gurih dan legit jadi makannya pada nambah apalagi suamiku makannya ditambah pake sambel terasi dan lalap plus perkedel jagung wah nikmat banget makannya , alhamdullilah kl keluargaku suka jadi emaknya happy kl begini biarpun cape karna mukul2 tuh daging tapi kl liat keluarga suka itu udah bikin happy happy bgt deh ( nggak bisa di ucapkan ...ceile melankolis bgt gw 😊😊) nggak usah panjang panjang deh curhatnya mending qta liat resep dan caranya mungkin ada diantara sahabat, teman dan para emak2 yang pingin bikin bisa intip nie resep . 


Bahannya : 

1/2 kg  daging lbh bagus daging yang tdk berlemak . 
300 ml santan ( gw pake santan kental 200 ditambah air 100 ml ) 
Daun salam 2 lembar 
Garam secukupnya 

Bumbu yang dihaluskan : 

1 1/2 sdm ketumbar ( kl gw suka kl ketumbar nya byk wangi sih , kl mau dikurangi boleh ) 
2 sdm gula merah ( mnrt gw cukup manis , kl krng manis boleh ditambah sesuai selera aja ) 
7 siung bawang putih 
3 siung bawang merah 
3 cm lengkuas 


Caranya : 

1. Rebus daging dengan daun salam 1/2 matang  , angkat , kmdn potong2 ( kl aku masak dagingnya utuh soalnya kl udh dipotong2 tuh daging suka mengkerut ) kmdn geprek , sisihkan . 

2. Rebus santan bersama bumbu halus lalu masukkan daging yang tadi sudah dipotong dan digeprek masak sampai kuah tak bersisa ( saat bhs sundanya , tp jgn sampai hangus lho) , angkat dan simpan dlm wadah kedap udara ( kl mau disimpan dulu boleh dlm kulkas ) kl mau langsung digoreng jg boleh terserah selera aja ,tinggal panaskan wajan beri minyak secukupnya goreng daging hingga kecoklatan ( jgn gosong lho ) angkat , simpan dlm piring , empal siap tuk dinikmati dengan sambel terasi , lalap dan nasi hangat . .....hmhmhmhm yummy . 


Selamat mencoba 

Nah ini empal yang siap tuk digoreng . 

No comments:

Post a Comment