Monday, April 21, 2014

Resep Cwie Mie Malang ala Maya kitchen

Udah lama banget sebenarnya pingin bikin nie menu tapi blm kesempatan aja biasa emak2 byk yang disibukkin ( ngeles tingkat emak2 ...hihihihi) . Tapi kali ini niat nya gw bulatkan tuk mengeksekusi nie makanan karna penasaran aja, cwie mie ini sebenarnya kaya mie ayam hanya bedanya kl cwie mie ayamnya dicincang halus dan nggak pake kecap atau jamur jadi polos aja trs makannya hrs pake acar ketimun , krupuk pangsit nah ini mungkin yang bikin beda penampakannya , oh iya sayur jg hrs selada bkn cai sim , rasanya jgn ditanya lg eunak deh kl mnrt gw kaya makan mie bakso rainbow di sukajadi bandung . Tapi sebenarnya gw pertama makan ini cwie mie pada saat anak gw yang sulung sekolah TK ( lama bgt nya ...😃😃) kebetulan tuh cwie mie buka dkt sekolah anak gw jd tiap nunggu anak sekolah gw pasti ama emak2 lain pasti nongkrong di mie ini , sayang nya tuh resto kagak lama bertahan , tiba2 aja hilang tanpa jejak pdhl enak lho recomended bgt kl msh ada . Gw jg kagak tahu sejarah nya knp namanya cwie mie ( blm gw pelajari sejarahnya ..😃😃) sepertinya kuliner satu ini berasal dr Malang krn namanya jg cwie malang ...hihihihi ( mengira2 doang ) ups soir bgt knp gw jd curhat nya , yuk deh buat yang kangen sama nie cwie boleh liat resep dibawah ini , sebagian udah gw modif sesuai bahan yang ada , satu lg mnrt pelanggan 2 setia gw rasanya Makyuuuuus bgt ( gr dikit ) gw ampe terharum krn pujian ( ceile serasa ibu kartini harum namanya ...nyambung bgt deh gw ..😃😃😃) oh iya satu lg resepnya hasil intip dari mba Isna Sutanto , makasih mba udah share ilmu . 


Cwie mie malang ala maya kitchen 
Bahannya : 
1 bungkus egg noodle ( ada di Carss ) , rebus beri kunyit bubuk 1/2sdm , masak sampai mie matang , angkat, tiriskan ( beri minyak goreng secukupnya biar mie tdk lengket ) 
6 lembar selada , aku potong sedang . 
1 bungkus pangsit tuk siomay , aku goreng ( api jgn panas 2 dan goreng nya cukup berwarna putih aja trs angkat , krn kulit pangsit akan matang di darat ) 

Bahan untuk taburannya : 

600 gram filet ayam , ini gw chop , sisihkan 
1 batang daun bawang , iris halus 
10 siung bawang putih , cincang halus 
1 sdt merica halus 
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
100 ml air 

Caranya : 
1. Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya ( gw tadi sekitar 5 sdm ) kmdn tumis bawang putih, masak sampai harum baru masukkan daging ayam cincang aduk rata , beri air aduk trs biar ayam cincang tdk menggumpal tapi akan didapat cincang ayam yang bergerindil ( nggak tahu sebutannya apa pokoknya serpihan cincang ayamnya jd kecil 2 ) ,  lalu  beri merica, gula putih, garam aduk rata , masak sampai ayam matang dan air mengering ( saat bhs sundanya ) terakhir masukkan daun bawang aduk sebentar , angkat , sisihkan . 


Untuk kuah bakso : 

1/2 kg tulang ayam , bersihkan sampai tdk ada darah yang menempel ( kl beli ayam utuh daging bisa tuk taburan dan tulang nya dipakai tuk kuah ) 
2 liter air 
Garam secukupnya 
2 batang daun bawang , iris halus 
5 siung bawang putih, geprek 
4 cm jahe , geprek 
1/2 sdm merica bubuk 
Bakso secukupnya 

Caranya : 
1. Masukkan air dalam panci lalu masak sampai air mendidih lalu masukkan tulang ayam kmdn kecilkan api biarkan tulang2 ayam mengeluarkan kaldu , masak terus kaldu ayam . 
2. Kmdn tumis bawang putih , jahe masak sampai harum . 
3. Setelah itu masukkan tumisan bumbu kedlm rebusan kaldu aduk rata , beri garam, merica masak terus , cicipi rasa ( kl msh ada yg krng boleh ditambah garam atau merica sesuai selera aja ) baru masukkan bakso , masak sebentar saja setelah itu matikan kompor dan sisihkan . 

Untuk acar mentimun nya : 

1 buah mentimun uk. Besar , belah menjadi 4 bagian lalu potong dadu . 
1/2 buah  jeruk lemon , peras airnya 
1-2 sdm gula putih 
1/2 sdt garam 

====== caranya : campur semua bahan aduk rata , diamkan sekitar 1 jam dlm lemari es kl akan dipakai tinggal keluarkan . 

Cara membuat minyak  ayam bawang  ( kl tdk ada  kulit ayam  diskip aja ) 

250 gram kulit ayam , jika menggunakan ayam utuh , kulit bisa diambil dr ayam tsb pokoknya tdk ada yg terbuang deh dr daging, tulang sampai kulit , emak2 irit 😃😃😃
3 cm kunyit , geprek 
4 cm jahe geprek 
5 siung bawang putih , geprek 
10 butir merica bulat uleg kasar 
150 ml minyak goreng 

======caranya : tumis bawang putih, jahe, kunyit dan merica dengan 150 ml minyak goreng lalu  masukkan kulit ayam aduk sampai kulit kering dan bumbu yang lain jg kering , angkat , saring dan disisihkan . 

Minyak tuk  mie semangkoknya : 

1 sdm minyak ayam bawang 
1 sdm kecap asin 
1 sdt kecap ikan 
1/2 sdt minyak wijen 
Merica bubuk secukupnya . 

Cara penyajiannya : 

Ambil mie yang sdh direbus td kedlm mangkok yg sdh berisi campuran bumbu minyak lalu aduk rata sampai bumbu tercampur dgn mie lalu beri pelengkapnya taburan ayam , irisan daun bawang daun selada dan acar ketimun dan krupuk pangsit , cwie malang siap dinikmati bersama kuah bakso nya dan sambel . 


Selamat mencoba kawan . 




Nah ini dia cwie malang ala mayakitchen tp lupa acar mentimun nya tp rasanya bener2makyuuuuuus 😊😊

No comments:

Post a Comment