Thursday, April 24, 2014

Resep Lapis legit ala maya kitchen

Udah lama banget pingin bikin nie kue biasa rasa penasaran dan sering liat di FB pada mejengin yang namanya lapis legit ini , makin penasaran aja rasa nya pingin banget bikin tapi msh blm ada keberanian aja apalagi kl liat telur yang dipake ampe 40 butir , kl gatot bisa meraung2 nie ..hihihih. Tapi nggak tahu knp kmrn habis dr rmh teman tiba2 ada keinginan buat menaklukan nie kue , pdhl jam udah sore bgt ( gw kan paling males  kl masak diatas jam 8 mlm..) tapi ya sdh krn mood nya lg bgs buru2 deh gw persiapan bahan2 tapi kali ini gw coba 1/2 resep dulu dengan penggunaan telur sebyk 25 butir kuning telur dan gw pake resep ny liem yang gw ambil dari blok nya catatan ibu , makasih nya mba atas share resepnya . Resep ini gw nggak otak atik pokoknya sesuai aslinya ( karna takut gagal ...hihihihi) bikinnya lumayan cape karna hrs selapis selapis dan memakan waktu cukup lama sekitar 4-5 jam deh dr awal sampai akhir , tapi gw senang karna dr kelelahan ini terbayar sudah karna nie lapis legit berhasil ( hanya saja gw pake loyang yang uk 30x30 x 5 jadi krng begitu puas kl dr bentuk hrs nya pake loyang loaf ) walau cape tapi happy bgt karna udh bisa menaklukan nie kue , jadi gw kagak perlu beli lagi , apalagi nie kue harga nya super duper bgt mahal .menurut suami gw sih enak begitu jg mnrt anak2 , hanya krng nya gw tdk melapisi setiap layer dengan olesan butter jd krng berminyak ( tapi nggak apa2 namanya pemula ) dr coba2 ini jd byk blajar diman kekurangannya . Udah dulu deh ceritanya , nie buat yang pingin bikin resepnya di bwh ini : 


Copas resep dari catatan ibu by mp mba widya 
Lapis Legit
1/2 Resep Ny. Liem

Bahan:

A.
25butir Kuning Telor
150gram Gula Halus
1/2 sdt vanili bubuk

B.
200gram Mentega
150gram Margarine
2sdm Susu Kental Manis

C.
35gram Tepung Terigu
10gram Susu Bubuk

Cara Membuat:

1. Kocok Bahan B sampai lembut & putih. Sisihkan.
2. Ayak bahan C jadi satu, sisihkan.
3. Kocok Bahan A sampai naik & kental. Masukkan bahan B, kocok rata. Masukkan bahan C, aduk rata dengan spatula.
4. Tuang 1 sendok sayur adonan dan ratakan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti & dioles mentega, aku pake loyang loaf ukuran 24x14x7cm.
5. Oven dengan menggunakan api bawah selama 10 menit dengan suhu 170dC
6. Angkat dari oven, tekan2 permukaan cake dengan alat khusus (aku pake "setrika" untuk ngalusin fondant), kemudian tuangi lagi dengan 1 sendok sayur adonan cake keatas lapisan pertama, ratakan. Panggang dengan api atas selama 10 menit. Lakukan sampai adonan habis, taburi lapisan atas dengan almond iris sebelum dipanggang.
7. Terakhir, panggang dengan api bawah selama 10 menit.


Note : setiap lapis hrs dikasih butter cair . 


Nah ini lapis legit perdana ku .. Hmhmhm sedaaaaap 👍👍

No comments:

Post a Comment