Wednesday, April 16, 2014

Resep Bolu kukus Coklat anti gagal

Sebenarnya gw itu kl bikin kue ini msh aja penasaran soalnya beberapa kali bikin kadang mengkrok bagus kadang bantet jd terkadang dapat kutukan bolkus ( seram dengarnya 😊😊) tingkat penasaran tuk menaklukkan nie kue tinggi jg karna byk baca di berbagai milis byk jg yang gatot , akhirnya gw cari 2 yang kira2 tingkat kegagalan nya tdk terlalu ngenes bgt apalagi kl liat bahan yang byk dipake pasti sedih krn tuh adonan jd sahabat tempat sampah , hihihihi. Kali ini gw penasaran ( udh lama nggak bikin nie bolkus ) pingin coba resep dari ny .liem  karna caranya gampang trs bahan yg dipake jg tdk terlalu byk dan yang penting jadinya tdk byk bgt , gw bikin jg sebenarnya tdk terlalu suka yang suka sama nie kue suami gw wah dia mah favorit bgt dan gw biasa nya bikin cuman buat suami dan bekal c. Bungsu aja jd dengan adonan segitu biasanya jd sekitar 8-9 buah bolkus . Kali ini gw baca resepnya serius deh dan mengikuti setiap langkah yang disuruh dan hasilnya benar2 bikin gw pingin loncat loncat krn girang banget , soalnya tuh kue mengkrok dengan cantik banget , jadi sekarang gw kl bikin pake resep ini aja deh udah pas dihati sama resep dari dapur griya khayangan  itu jg bikin bolkus nya mengkrok cantik , akhirnya rasa penasaran gw bisa terobati . Sebenarnya bikin nie kue susah susah gampang pdhl mnrt gw nie kue super sederhana tdk jelimet tapi kok punya misterius yang bikin orang selalu gatot nya ...😃😃😃, alhamdulillah sekarang gw tdk terkena kutukan lg si bolkus ini , ternyata rahasia nya dr cara pengocokan , kukusan yang hrs benar2 tdk ada air yang msk kedlm kukusan dan lama nya mengukus serta api yang hrs diperhatikan ,in shaa allah bakal sukses deh dan bakal bebas kutukan deh . Nie buat yang pingin bikin ini resep nya . Resep tdk aku kotak katik krn takut gagal . 


BROWNIES KUKUS MEKAR NY.LIEM
Sumber: Resep Andalan Ny. Liem, Cake & Brownies Kukus versi Maya kitchen 


Bahan A:
100 gr gula pasir
1 butir telur ( telur hrs dlm suhu ruang nya ) 
80 ml air
1/4 sdt vanilla essens

Bahan B:
100 gr tepung terigu protein sedang, ( aku pake all porpuse ) 
20 gr bubuk cokelat
1/8 sdt garam
1/2 sdt BP ( aku pake BPDA) 
Beberapa tetes pasta black forest (opsional, biar wangi cokelatnya maksimal), aku nggak pake 

Bahan C:
1 sdt emulsifier (saya pakai ovallet), aku pake tbm 

Cara Membuat:
- Kocok bahan A kurang lebih 5 menit dengan kecepatan maksimal, adonan akan cair tp tdk perlu takut . 
- Masukkan bahan B, kocok 1 menit dengan kecepatan paling rendah
- Masukkan bahan C, kocok 5 menit dengan kecepatan maksimal, adonan akan mengental kl kocokan diangkat akan berbentuk spt hidung petruk . 
- Tuang ke cetakan bolu kukus yang sudah dialas dengan kertas cup sampe penuh.
- Kukus 15 menit dengan api kecil (pastikan air di dandang sudah mendidih dan beruap banyak). Alasi tutup dandang dengan serbet bersih yang mampu menyerap air.


Mengkrok kan bolkus nya .. 


No comments:

Post a Comment