Thursday, April 3, 2014

Resep cakue ala abang abang

Sebenarnya bikin cemilan ini. Udah lama pingin banget tapi selalu lupa , kebenaran hari ini keinget tuk merealisasikan pembuatan cemilan ini , cakue ini merupakan jajanan anak anak SD di kota Bandung , setiap hbs anter atau jemput anakku yang kecil sekolah aku pasti nyempetin beli nie cemilan hbs enak sih apalagi kl msh panas dimana nie cakue dibanjur sama saos yang pedas , dulu sih nggak pernah mikir buat bikin nie makanan habis yang kepikir pasti susah , ternyata pas skrng aku bikin oh gampang banget malah cemilan ini jauh lbh bersih dan sehat karna dibuat sama qta sendiri , kl inget cakue ini gw inget kl makan di IP ( istana Plaza di bandung ) disitu gw paling seneng bgt sama cakue karna saus nya yang asem manis gitu pokoknya favorit deh , terus kl cakue abang2 jg enak ( ky nya semua makanan mnrt gw enak nya ..hihihi) tapi kl makan cakue abang 2 nggak pernah pake saus karna liat warna saus nya bikin takut jadi cuman makan cakue nya aja , bikin ini cakue gampang banget deh cuman sabar dlm fermentasi yang lama sekitar 2 jam tapi rasa enak bgt , gw nyakin ibu ibu pasti bisa semua , oh iya aku liat resepnya di dapur griya khayangan ( makasih nya mba , udh share ilmu) nah buat yang pingin bikin ini resepnya tapi ada yg gw ubah sdkt . Biasa nya orang orang membuat cakue memakai bahan amoniak tapi aku pake ini aja sdh bagus dan enak kok . 

Cakue 

Membuat biang nya : 
1sdm tepung terigu all porpuse 
1 sdt gula putih 
1 sdt ragi / yeast / fermifan 
3 sdm air hangat 
======= campur semua bahan aduk rata lalu diamkan selama 5- 10 mnt sampai bahan biang mengembang , sisih kan . 

Bahan adonan cakue 

250 gram tepung protein tinggi ( bread flour , kl pake all porpuse krng pori2 nya ) 
200 ml air 
1/2 sdt garam 
1/2 sdt soda kue 
1/4 sdt baking powder 
2 sdm minyak goreng 

Minyak goreng secukupnya tuk menggoreng 


Caranya : 

1. Tuang terigu, garam , soda kue, baking powder aduk rata , lalu campur dengan biang yang sdh mengembang tadi ( mending bikin biang nya 1/2 jam dr persiapan bahan ) lalu masukkan minyak aduk rata . 

2 . Kemudian tuang air sedikit2 kedlm adonan uleni sampai kalis dan licin serta tdk lengket ditangan lg ( aku pake mixer bentuk baling2 , pada saat diuleni jika tepung belum kalis bisa ditambah air dr ukuran diatas karna tepung di USA rada kering jika sudah kalis hentikan pemakaian air takutnya malah keenceran ) aku mixer sekitar 15 mnt - 20 mnt deh . 

3 . Bulatkan adonan yang sudah kalis lalu simpan dalam bowl tutup dengan plastik wrap , diamkan selama 2 jam atau lebih ( aku dipanaskan dlm oven yg sebelumnya aku panaskan dulu lalu aku matikan baru aku masukkan kedlm oven agar proses fermentasi berhasil bagus karna saat winter gini suhu ruang / kamar kurang membantu fermentasi ) . Biarkan adonan mengembang sampai 2 x lipat nya . 

4. Setelah adonan mengembang 2 x lipat , tonjok/ kempiskan adonan , lalu lembarkan adonan dengan roll pin dengan ketebalan kira2 1 cm , kmdn potong adonan yang sdh pipih dengan lebar kurang lbh 3 cm  lalu potong ( sesuai selera aja deh yang penting panjang dan tipis ) kmdn tumpuk dua potong adonan , pada saat menumpuk satu potong dengan satu potong lainnya  lapisi dengan air agar tiap adonan merekat satu sama lainnya dan tdk lepas saat digoreng . Setelah potongan adonan cakwe ditumpuk, tekan bagian atas permukaan cakwe dengan sumpit sehingga kedua potongan cakwe tsb saling menempel kuat . ( potongan cakwe bisa dibagi dua atau dipotong kecil ala abang 2) . 

5. Panaskan wajan beri minyak secukupnya lalu  tarik perlahan kedua ujung cakue agar memanjang lalu   goreng  dengan panas api sedang sambil dibolak balik dan siram dengan minyak agar matang merata  ,lakukan sampai adonan habis , angkat.  Tiriskan cakue san  siap dinikmati dengan saos khas cakue atau dimakan begitu saja . 


Untuk saos nya : 

1-2 buah cabe merah ( bisa pake cabe rawit ) 
3 sdm saos tomat 
2 sdm saos sambel 
Garam 
Gula putih secukupnya 
Cuka atau nanas yang dihancurkan 
1 sdm tepung maizena yang dicairkaan dgn 2 sdm air 
2 siung bawang putih 
250 ml air 

Caranya : 

1. Haluskan bawang putih dan cabe rawit / cabe merah besar . 
2. Panaskan wajan , beri minyak sdkt saja sekitar 2 sdm, tumis cabe merah dan bawang putih yg sdh dihaluskan , masak sampai harum lalu beri saos tomat, saos cabe , garam , gula dan air ,masak  sampai mendidih setelah itu masukkan maizena yang sdh dicairkan , aduk rata masak sampai mengental , matikan api , angkat dan sisihkan . Saos siap dinikmati dengan cakue . Biar kuah saos nya bersih saring dulu baru sajikan . 


Selamat mencoba . 

Nah ini hasil percobaan ku hari ini ( 2/4/2014 ) cakue abang 2,
Cakue dengan saos asem manis nya .. Sedep deh 

No comments:

Post a Comment