Thursday, February 11, 2016

Resep Nasi Tim Ayam Jamur ala maya kitchen

Bikin nasi Tim ini beberapa hari yang lalu tapi baru sempat aku tulis lagi di blog ini sekarang , udah lama jg nie blog jarang saya tengok soalnya banyak kerjaan yang nggak bisa di tinggal jadi nulis menulis rada tertunda padahal banyak sudah resep yang aku pratekkan . Mulai sekarang coba berkarya lagi mungkin ada teman yang membutuhkan dan mau mampir lagi ke blog saya ini .Nasi tim ayam jamur ini sebenarnya menu yang pernah sy bikin zaman anak2 kecil dan baru kali ini saya buat lagi karna lagi kangen sama malaikat2 kecil ku yang sekarang sudah beranjak dewasa apalagi kangen. Sama si kakak yang jauh di seberang lautan . Dulu kalau lagi kecil paling suka bikin ini karna sudah  memenuhi gizi untuk anak2 apalagi buatnya nggak pake ribet happy 2 aja . Rasa Nasi Tim Ayam Jamur ini makyus apalagi dinikmati pada saat masih hangat ..hmhmhmhm sedap bgt ditambah dengan kuah ayam 😋😋😋😋😋. Yuk untuk teman 2 yang pingin coba resep ini monggo lho semoga resepnya cocok ...karna mnrt suami dan anak bungsuku enak bgt ( jelas dipuji ama keluarga sendiri pasti enak nya ..😊😊😊)  nie qta mulai aja resepnya :


Nasi Tim Ayam Jamur ala Maya Kitchen 
Sumber : maya kitchen 


Bumbu perendam Ayam : 

300 gram ayam filet potong kotak , sisihkan 
1 sdm tepung maizena 
2 sdm saus tiram 
2 sdm minyak wijen 
1 sdm kecap asin 
Merica bubuk secukupnya 
4 siung bawang putih , cincang halius 
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
1 ruas jahe , cincang halus 

Caranya : ambil ayam yang sdh dipotong dadu lalu beri minyak wijen , kecap asin , gula putih, saos tiram ,jirisan jahe ,  merica bubuk, garam ( jika krng asin ) aduk rata setelah baru masukkan tepung maizena kmdn aduk kembali dan simpan ayam yang telah di beri bumbu perendam kedalam lemari es selama 30 menit . 

Bahan untuk tumisan : 
1 buah bawang bombay , iris halus 
100 gram jamur kancing , potong bagi 4 atau sesuai selera 
2 siung bawang putih , cincang halus 
50-100 ml air 

Cara membuat tumisan : 
Ambil pan kmdn beri minyak goreng secukupnya lalu tumis bawang bombaydan bawang putih  sampai harum dan layu stlh itu masukkan ayam yang tadi sudah di bumbui masak sampai ayam berubah warna,masukkan jamur lalu  beri kecap asin , saos tiram , minyak wijen , gula putih dan merica ( secukupnya saja karna td ayam sdh dibumbui) lalu masukkan air , masak sampai airnya menyusut lalu cicipi setelah itu angkat dan sisihkan . 

Untuk Kuah : 

300  gram ceker ayam 
2 batang daun bawang , iris halus
Garam 
Merica bubuk 
1000 ml air 
4 siung bawang purih iris halus
1 ruas jahe geprek 


Carbut: rebus cengker bersama air masak sampai ceker empuk ( masak dengan api sedang - kecil) agar aroma kaldunya keluar setelah itu ambil kuah sekitar 500 ml ( ini utk mengaron nasi ) sisa kaldu setelah mendidih beri irisan bawang putih, merica, garam , masak sebentar lalu cicipi rasa , angkat dan sisihkan . 


Untuk Nasi nya : 
500 gram beras , cuci bersih 
Carbut : masukkan beras bersama kaldu yang tadi sdh dipisahkan lalu masak sampai beras menjadi aron , angkat dan sisihkan . 

Penyelesaiannya : 

Ambil mangkuk stainles beri olesan margarine sedikit saja lalu masukkan 1-2 sdm tumisan ayam jamur kmdn tutup dengan nasi aron lalu banjur dengan air sampai batas mangkok stainles lakukan sampai habis , baru kukus selama 30-45 mnt , angkat dan nasi tim siap tuk disantap . 

Penyajiannya : 

Tata nasi tim dalam pirIng lalu ambil kuah kaldu simpan dalam mangkuk kmdn beri taburan bawang daun , maka Nasi tim ayam jamur ala maya kitchen siap tuk dinikmati . 


Selamat mencoba .  





No comments:

Post a Comment