Thursday, February 11, 2016

Tahu goreng crispy cabe , bawang , gurih ala maya kitchen

Tahu siapa yang tidak kenal dengan makanan ini , so pasti kenal dan sangat menyukai , tahu diolah apapun akan menjadi nikmat dan kalau tidak salah tahu merupakan makanan wajib di rumah 2 . Tahu biarpun murah tapi kl qta olah dengan segala modifikasi akan me jadikan tahu makanan yang TOP . Sekarang banyak jenis macam tahu ada tahu susu, tahu keju dll semakin kreatif orang membuat produk tahu, tapi kl saya lbh menyukai tahu yang rasanya original krn original akan membuat otak qta kreatif tuk mengolah tahu menjadi favorit keluarga , seperti halnya saya  waktu kemarin iseng 2 bikin tahu sesuai judul diatas dan ternyata  keluarga sangat menyukai apalagi bocah lanangku yang tadinya tdk suka tahu pas diolah seperti ini jadi suka dan tiap hari pasti minta dibuatkan ..senangnya hati mamah De . Menu satu ini mengingat kan ku pada salah satu resto yang sering aku kunjungi dan salah satu menu yang suka aku pesan ya tahu ini karna rasa yang gurih dan asin serta pedas cocok tuk cemilan di sore hari bersama keluarga ( serasa iklan nya saya ) tapi bener recomended bgt deh ..dari pada penasaran yuk qta mulai aja cara membuat nya . 


Tahu Crispy pedas, gurih dan rasa bawang ala maya kitchen 
Sumber : ala maya kitchen 


Bahannya : 
2 sdm maizena 
1 sdm tepung tapioka 
Merica bubuk secukupnya 
Garam secukupnya 
10 buah tahu putih , rebus dengan garam , bawang putih bubuk , rebus sekitar 15 menit dengan api sedang , angkat , tiriskan setelah dingin lap dengan tisue dapur sampai tahu tdk berair ( kering ) kmdn potong2 bagi 4 bagian . 

Penyelesaiannya : setelah tahu kering dan di potong kmdn balut tahu dengan tepung yang sudah dibumbui (  campur tepung maizena dan tepung tapioka , garam , merica ) aduk rata lalu diamkan sekitar 10 mnt . 

Bumbu taburan ( topping ) 

1 bongkah bawang putih , cincang halus , goreng sampai kuning keemasan.  Angkat sisihkan. 
5-7 cabe rawit merah 
5 cabe rawit hijau 
3 siung bawang putih , cincang halus 
1 buah daun bawang , iris halus 
3 cabe keriting , iris halus 
Garam secukupnya 
1/2 sdm royko rasa ayam 
2 sdm margarine


Cara membuat topping : 

1. Panaskan wajan beri minyak goreng banyak lalu goreng tahu sampai kering ( tahu akan lengket tapi biarkan tahu sampai kering dulu baru bisa dipisahkan , setelah garing balik tahu agar matang nya merata , kmdn angkat dan sisihkan ) 
2. Minyak bekas goreng tahu pake lagi untuk menggoreng bawang putih yang 1 bongkah itu , masak sampai kuning keemasan , angkat sisihkan . 
3. Angkat wajan lalu simpan kembali  diatas kompor beri 2 sdm margarine dan. 1 sdm minyak goreng yang bekas menggoreng tahu td setelah margarine mencair baru masukkan cincangan bawang putih ( yang 3 siung ) masak sampai harum lalu masukkan cabe merah rawit, cabe hijau rawit dan cabe keriting aduk 2 masak sampai kuning kecoklatan setelah itu masukkan irisan daunbawang dan tahu , beri garam , penyedap rasa , masukkan jg bawang putih yang sudah digoreng pertama tadi . aduk rata cicipi , matikan kompor, angkat dan sajikan . Tahu crispy pedas,gurih dan rasa bawang siap tuk dinikmati sebagai cemilan . 


Note : jika tidak ingin pedas tinggal dihilangkan cabe nya saja dan cukup ditaburi dengan bawang putih cincang yang sudah digoreng tadi . 

Selamat mencoba . 


Tahu pedas, gurih , bawang ..hmhmhm yumyum 

Tahu bawang dan gurih ..sedaap bgt 😋😋😋😋😋

No comments:

Post a Comment