Sunday, February 22, 2015

Resep Aboan Sapi ala maya kitchen

Hari ini Alaska di guyur hujan dan mengakibatkan jalan licin serasa main ice skate kl jalan atau nyupir istilah kerennya black ice , berbahaya banget kalau nyupir atau jalan dalam keadaan jalan kaya gitu bikin byk  kecelakaan , harus super hati2 banget deh karna suka bikin mobil menggelusur sendiri tanpa bisa di kontrol ...serem nya , daripada bengong dan serem kalau keluar rumah akhirnya gw nongkrong aja di depan laptop buat nulis di blog yang udah lama bgt gw tinggal gara 2 gw lagi konsentrasi plus  semedi tuk anak ku yang lagi mau cari sekolah buat kuliah , maklum emak2 suka sutres kl anak mau msk dan cari sekolah , bikin gw nggak nafsu ngapa2 in pokoknya inti nya mualeeeees tingkat dewa bgt deh karna gw bener2 strees dan mules 2 trs , nah sekarang sutrees gw udh hilang karna alhamdulillah anakku udh keterima di dua universitas ternama , jd bikin gw lega dan plong banget nah makanya sekarang mulai nulis lg , sebenarnya byk resep yang udah gw uji coba cuman emang males gw tulis , sekarang gw cemangad kembali buat nulis dan bakal gw tulis semua resep yang udh gw pratekkan siapa tahu ada yang memerlukannya . Kali ini gw mau nulis tentang cara membuat abon sebenarnya resepnya gw dapat dr teman yaitu Rika Sartikawati wkt dia posting itu resep , kepikiran deh buat gw coba tapi gw bikin abonnya dari sisa daging bekas soto karna byk bgt daging yang sudah tersuwir2 jadi daripada terbuang dan tdk bermanfaat akhirnya gw daur ulang deh tuh daging jadi panganan yang bermanfaat , apalagi di USA ini cari abon sapi halal suseh bgt , nah mumpung  ada cara yang lbh praktis tanpa proses pemerasan akhirnya gw olah dan jadi deh  homemade abon sapi  ala maya kitchen , caranya gampang hanya perlu ekstra sabar yang tinggi dalam hal pengadukkan yang bikin tangan pegel2 ( serasa main burbel ... 😀😀😀) . Yuk deh qta intip cara nya siapa tahu ada yang mau bikin tuk persediaan ....



Abon sapi ala maya kitchen 
Sumber : Rika Sartikawati 
Modif by : maya kitchen 


Bahannya : 

1 kg daging sapi ( gw pake 500 gram daging sisa soto yang sudah tersuwir2) 
300 ml santan kental ( gw pake 150 ml , tergantung byk nya daging aja nya ) 
2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas , memarkan 

Bahan bumbu : 

4 siung bawang putih 
2 sdm ketumbar 
2 sdm gula merah 
 Garam secukupnya 

Cara membuat : 
- rebus daging sapi bersama daun salam dan lengkuas , tunggu hingga daging menjadi empuk dan matang ( biar cpt empuk masak dlm presto , ala gw lho ) 
- iris tipis2 daging yang sudah di direbus tadi , kmdn pukul2 dengan pemukul daging hingga memar , lalu suwir2  halus . 
- haluskan bahan bumbu : bawang putih, ketumbar , gula merah dan garam 
- panaskan santan , kemudian masukkan daging yang sudah disuwir tadi ,tambahkan gula merah halus atau gula merah yang sdh di iris halus , masak dengan api sedang - kecil sambil terus diaduk2 sampai santan habis terserap daging dan daging mengering ( kira2 sekitar 2-3 jam , disinilah proses yang hrs sabar krn sistem pengadukkan ini ) proses penggorengan ini memang lama bgt 
- setelah daging mengering cara mengadukknya adalah dengan cara diaduk bolak balik agar daging tdk gosong . Setelah benar2 dagung jering , matikan kompor lalu angkat . 
- kemudian tiriskan daging yang sudah digoreng tadi agar tdk ada sisa minyak . 
- agar tahan lama , pastikan abon yang ada buat benar2 kerung dan abon siap tuk disantap sbg lauk atau sbg taburan nasi kuning . 



Versi maya kitchen : 

Karna gw pake daging yang sudah matang dan berbumbu dan sudah tersuwir2 jg cara gw adalah : 

Panaskan wajan lalu masukkan santan kental masak sampai rada mendidih lalu masukkan jg daging yang sudah tersuwir2 kmdn aduk ( proses nya sama saja ) sampai daging kering , lalu angkat pake tehnik aduk baliknya setelah daging kering agar tdk hangus . Kalau daging sudah bener2 kering , angkat dan dinginkan . Homemade abon sapi ala maya kitchen siap tuk dinikmati . Proses ini jg bisa buat bikin abon ayam , ikan . 


Selamat mencoba . 


Hasil daur ulang daging soto yang  akhirnya menjadi Abon sapi yg enak .. 


Daging sapi sisa soto menjadi abon yg lezat ..

No comments:

Post a Comment