Friday, February 6, 2015

Resep Wedang Ronde ala maya kitchen

Udah beberapa hari ini udara di Anchorage dingin banget sampai menembus di angka minus , akibat cuaca yang nggak jelas ini jadi bikin nggak enak badan dan yang byk terjadi adalah byk yang flu mungkin akibat cuaca yang nggak jelas kadang dingin , berangin dan kadang 2 panas , ntah ada apa dengan cuaca kali ini padahal seharusnya winter begini snow yang turun tapi tahun ini snow nya sedikit sekali dan lbh byk angin dan dingin. Nah karna cuaca yang tidak menentu enaknya untuk menghangat kan badan dan terhindar dr nggak enak badan , sebaiknya mengkonsumsi vitamin dan minuman hangat seperti Wedang jahe , bajigur , sekoteng dll, nah kali ini maya kitchen  ingin mempersembahkan kreasi minuman ringan untuk menghangatkan tubuh yaitu  wedang ronde , minuman ini merupakan minuman khas jawa tengah dimana khas rempah 2 nya kuat sekali dan yang bikin nikmat nie wedang krn di padukan dengan ronde yg berwarna warni dgn taburan kacang sangrai dan potongan roti tawar ...hmhm sedaap bin nikmat , tubuh menjadi hangat karna cairan nya mengandung jahe dan wangi pandan serta daun jeruk bikin minuman hangat ini full aroma rempah rempah apalagi kalau ditemani bersama mie goreng jawa wah makin makyuuuus and bambang serendang deh ...hihihi. Udah kepanjangan cuap cuap nya btw sblm oprek oprek dapur , harus liat dulu lemari doraemon nya lengkap nggak nie ... Setelah cek and ricek ( ky acara gosip aja 😊) ternyata semua bahan ada dan yang penting aqyu punya ting2 kacang pemberian Mba Dewi hardy dan sebumgkus abon sapi besar , wah makasih bgt nya mba atas oleh2 nya .  Nah skrng qta mulai aja dengan resep dan cara nya . 


Wedang Ronde ala maya kitchen 
Sumber : maya kitchen 

Bahannya : 

1-2 bungkus ting2 kacang ( kl nggak ada bisa buat dr kacang tanah kupas sangrai  kmdn tumbuk halus / blender bersama gula putih ) 
100 gram tepung ketan 
1 sdm tapioka 
1/8 sdt garam 
150 ml air hangat 
Pewarna merah dan hijau secukupnya . 

Topping :
Kacang tanah kupas , sangraii 
Roti iris halus 


Kuah nya : 

750 ml air 
2 lembar daun jeruk 
2 lembar daun pandan 
100 gram gula putih 
1 sdm  gula merah 
Sejumput garam 
200 gram jahe , kupas lalu geprek . 

Cara membuat ronde : 

- Campur tepung ketan.  Tapioka, garam lalu beri air hangat sedikit 2 sambil diuleni sampai licin dan dapat dibentuk , lalu  bagi adonan menjadi 3 bagian tuk warna hijau , merah dan putih .
- setelah itu ambil sedikit adonan yang berwarna putih , pipih kan lalu isi dengan kacang tanah yng sudah di haluskan , lakukan sampai semua adonan habis baik yang merah ataupun hijau sama caranya . 
- setelah itu panaskan panci yang berisi air sampai mendidih ( sebelum membentuk adonan sebaikanya masak  air sampai mendidih ) kemudian masukkan adonan ronde kedalam rebusan air biarkan sampai ronde terapung tanda ronde sdh matang , angkat dan sisihkan . 
- untuk kuah nya : 

Rebus air dan jahe , daun jeruk beserta daun pandan sampai mendidih dan beraroma 
Kemudian baru masukkan gula putih dan gula merah beserta garam biarkan sampai mendidih , angkat  dan sisihkan . 
Kuah jahe siap tuk dipadukan bersama ronde , roti , kacang tanah sangrai . 



Tip : sebaiknya membentuk bulatan ronde   Langsung dimasak pada saat air mendidih agar didapat hasil yang sempurna tidak penyok penyok , kl adonan ronde  disimpan dulu dlm wadah bentuknya tdk akan rapi / bulat cantik pada saat  diangkat dr air mendidih malah keliatan penyok2 atau isi keluar . 



Selamat mencoba kawan . 



Ini dia ronde dadakan ala maya kitchen u

No comments:

Post a Comment