Monday, March 16, 2015

Resep Ayam Bakar Padang ala maya kitchen

Sudah lama nie nggak nengok2 blog, maklum kemarin terbawa cuaca yang tidak menentu akhirnya menpengaruhi diriku yang menjadi muales banget buat ngapa2 in , untung nya kemarin diajak vacation sama suami plus anak2 jadi sekarang kembali semangat dan segar kembali buat nulis 2 resep yang udah gw pratekkan , sebenarnya numpuk banget  pr blog gw akibat muales ya terpaksa sekarang nyicil dikit dikit buat nulis lagi , karna punya semangat baru jadi di momen pertama ini ( gayanya ) gw mulai dengan resep ayam bakar padang yang ngehit ala maya kitchen . Nggak akan panjang2 cerita jadi gw langsung aja pada pokok masakannya ...yuk mari qta liat hasi oprek2 maya kitchen . 



Ayam Bakar Padang ala maya kitchen 
Sumber: google 
Di sandur : by maya kitchen 


Bahannya :

1 ekor ayam , potong jadi 8-10 
1 kaleng santan atau 400 ml santan kental ( tadi gw campur sekitar 100 ml air kelapa ) 
1 batang sereh , geprek 
5 lembar daun jeruk 
Daun kunyit kl ada 
1 sdm air asam jawa 

Bumbu yang dihaluskan : 

4 buah cabe merah , buang biji ini versi sy aja krn buat anak2 
4 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk 
1 sdt merica bulat / biji 
6 butir kemiri 
1/2 sdt gula putih 
Garam secukupnya 
10 butir bawang merah atau 1 buah bawang bombay 
5 siung bawang putih 
2 cm lengkuas 

Cara membuatnya 

1. Tumis bumbu halus sampai harum / wangi kemudian masukkan sereh yang sudah digeprek bersama dengan daun jeruk aduk 2 biar nggak gosong ( masak sekitar 5 menit ) 
2. Setelah wangi masukkan ayam aduk rata biarkan ayam berubah warna setelah ayam berubah warna baru masukkan santan yang sudah dicampur air spy tdk kental bgt , aduk2 jgn sampai pecah , gunakan api sedang setelah santan mendidih masukkan air asam jawa lalu aduk dan masak terus sampai santan menjadi kental dan berminyak , setelah itu matikan kompor , angkat ayam pisahkan dengan bumbu di wadah terpisah . 
3. Kemudian bakar ayam dengan oven atau grill dengan suhu 350 F dengan oven sampai ayam berubah kecoklatan ( dibolak baliknya ) setelah itu angkat dan siram ayam bakar dengan sisa bumbu yang tadi. Ayam siap disajikan dan dinikmati bersama sambal hijau dan gulai daun singkong ...hmhmh yummy . 


Selamat mencoba . 



Ayam sedang dlm proses di masak 
Ini yg sudah matang ditinggal dibakar .. 

No comments:

Post a Comment