Monday, March 23, 2015

Resep Bolu Gulung keju ala maya kitchen

Sebenarnya bikin bolgu ini udah pernah beberapa tahun lalu dan kali ini coba bikin lagi, kl dulu msh blajar cara membuat dan menggulung nya sekarang udh sdkt membaik hanya saja tadi kelamaan ngoven jadi aja terlalu kering kulit nya ( krn blm paham banget sama oven baru , jadi blm paham  lama membaking dan panas oven yang baik , ngeles ceritanya ..hihihi ) sebenarnya bikin bolgu ini gampang tingkat kesulitannya hanya pada saat menggulung saja , tapi sebenarnya kl ingin sukses menggulung tuh kue tunggu sampai kue dingin ( jgn pas keluar dr oven ) trs pegang permukaan nya apa sdh kering ( tp jgn over bake nya krn kue bakal patah 2 spt tadi sy ) sebaiknya kenali oven masing dan tentukan berapa lama memanggang kue tsb agar tingkat kelembabannya pas antara kulit atas sama didalam kue tsb maka akan didapat bolgu yang lembut banget, cara menggulungnya jg mudah kok .saya coba bikin bolgu a yang terkenal di medan itu ,  walau saya blm pernah mencicipinya seperti nya kue bolgu ini tdk jauh beda dengan bolgu yang terkenal itu menurut saya sih ...hihihi , PD aja deh kata orang rumah jg enak kok . Oh iya saya pake rumus kue ini dari bunda Nadhifa , paling senang kl bikin kue pake resep dr bunda ini jarang gagal , makasih nya bunda semoga ilmu mba makin banyak ....aamiin . 
Yuk qta mulai aja deh cara pembuatannya . 


Bolu gulung keju ala maya kitchen 
Sumber : Bunda Rieke 
Disandur by : maya kitchen 


Bahannya : 

6 butir kuning telur 
6 butir telur seantero ( utuh ) 
130 gram gula putih 
100 gram tepung terigu protein rendah ( sy pake all porpuse ) 
1 sdm elmusifier ( sy pake tbm ) 
1/4 sdt baking powder 
20 gram susu bubuk 
1 sdt vanila exstra 
1 sdm air 
130 gram margarine ( sy tadi 100 gram butter + 30 gram margarine atau mau butter. Semua jg bisa ) , cairkan margarine plus butter , dinginkan dan sisihkan . 

Cara membuatnya : 

1.kocok telur, gula , elmusifierdan air sampai putih , mengembang dan berjejak ( hrs benar2 mengembang dan berjejak ) saya pake speed tinggi . 
2. Kemudian masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama baking powder, susu bubuk , masukkan sedikit2.kocok dengan speed rendah , tepung harus benar2 tercampur rata . 
3 . Setelah itu masukkan margarine cair sedikit2 aduk dengan spatula dengan cara aduk balik.  Harus benar2 tercampur rata jangan sampai tertimbun dibawah adonan nya . 
4 . Panaskan oven dengan suhu 190 celcius sampai 200 celcius ( td saya pake panas 200 celcius atau 392 F ) 
5. Ambil 3 sdm adonan lalu beri pasta coklat aduk rata ( utk motif ) , masukkan kedlm piping bag , gunting ujung nya ( td saya pake ziplok saja  yang saya gunting ujunng nya ) 
6. Ambil lioyang lalu olesi loyang dengan margarine sampai rata lalu alasi dengan kertas roti yang diolesi dengan margarine jg . ( loyang uk 30x30 cm ) 
7. Lalu tuang adonan kedlam loyang yang telah diolasi kertas roti lalu ambil adonan yang telah diberi pasta coklat lalu buat motip sesuai selera saja . 
8. Setelah itu panggang adonan didlam oven yang sudah dipanaskan , baking selama 20-25 menit ( saya tadi pake 20 mnt saja ) pegang permukaan nya jika sudah tdk lengket , keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin . 
9 setelah dingin olesi dengan buttercream lalu taburi keju ( atau kl mau pake selai strawberry atau yang lain nya jg boleh sesuai selera saja ) , setelah itu ambil kertas roti baru pindahkan cake yang sudah diolesi selai  atau buttercream kmdn gulung dar bawah sampai ke ujung baru setelah tekan agar bolgu melekat dengan sempurna . 
10 . Potong kue dan bolgu siap tuk dinikmati bersama keluarga tercinta . 


Selamat mencoba . 


No comments:

Post a Comment