Saturday, March 21, 2015

Resep Orange Chicken ala maya kitchen

Bikin menu ini sebenarnya udah lama banget dan baru keinget sekarang blm ditulis , ampe kelupaan ternyata banyak bgt pr yang tertunda dr resep2 yang udah gw coba , mumpung sekarang inget buru2 aja deh gw tulis drpada ntar penyakit muales gw kambuh lagi, oh iya makanan ini awalnya suka bikin gw penasaran gimana cara bikinnya walau gw tahu rasa dr menu ini so pasti ada rasa perasaan lemon tapi bumbu dasar nya deh yang gw kurang tahu , pdhl udh gw bayangin dr rasa dan gw khayalkan seperti nya ada campuran bumbu dr masakan thailand dan vietnam yang dipadukan makanya selama inj blm gw eksekusi karna gw masih mencari rasa yang pas tapi Alhamdulillah ada teman di FB yang memberitahu cara pembuatan dan bumbu dari menu Orange chicken ini , makasih banget mba Naih Soepangat semoga mba terus diberi ilmu yang banyak oleh Allah SWT ...aamiin . Yuk qta mulai aja nggak usah panjang lebar nya ...bahannya nggak ada yang aku tambahin jadi sesuai aja dengan resep aslinya .




Orange chicken ala maya kitchen 
Sumber : mba Naih Soepangat 
Disandur : by maya kitchen 


Bahannya : 

2 lbd boneless chicken , potong kecil ( bisa diganti dengan ikan ) 
1 butir telur 
1 sdt garam 
1/4 sdt merica bubuk 
1 sdm vegetable oil 
1 /2.cup tepung terigu 
1 cup maizena 
Minyak tuk menggoreng 

Bahan Sauce : 

3 siung bawang putih , haluskan 
1 cup orange juice 
1/2 cup hoisin sauce 
1/2 sdt cayenne pepper 
1/4 cup gula putih 
1/2 sdt garam 
1/4 sdt merica 


Cara membuat ayam nya : 
Campur dalam wadah : telur, garam, merica, dan vegetable oil , kocok rata, masukkan potongan ayam , aduk , diamkan sekitar 30 menit . 
Maizena dan terigu dicampur dalam mangkok besar , gulingkan potongan ayam satu demi satu kedalam campuran tepung himgga terbalut rata . 
Panaskan minyak yang cukup dalam wajan goreng lapisan ayam hingga kering dan matang , angkat dan sisihkan . 

Untuk Sauce : 

Campur semua bahan sauce kedlam mangkok , aduk rata , sisihkan 
Tumis bawang putih , tambahkan bumbu sauce yang didalam bowl tadi , aduk data , masak dengan api sedang biarkan mendidih , masak hingga sauce mengental . 
Setelah mengental masukkan potongan ayam yang sudah digoreng tadi , aduk rata , angkat dan siap dihidangkan . 


Selamat mencoba . 


Ini hasil karyaku .. Enak dimakan selagi hangat 

No comments:

Post a Comment