Thursday, September 18, 2014

Resep Cake Marmer tape nasi

Udah 2 kali nulis di blog tapi selalu lupa di save akhirnya hilang lag deh tulisan gw , pdhl kan males bgt kl tulis2 tuh, walau males hrs dipaksain krn ntar keburu lupa ama resep nya. Tadi siang dirmh ku ke tempatan sbg tempat pengajian , alhamdulillah bgt deh akhirnya bisa ketempatan . Nah kali ini aku pingin share resep cake tape nasi ini krn bikinnya gampang trs nggak perlu pake tape singkong , krn di LN susah bgt buat dpt tape , kl nggak bikin dulu dan cari singkong yang bgs atau beli on line yang secara mahal bgt harga nya pdhl kl di kampung gw dengan harga segitu bisa beli segerobak atau beli ama gerobak2 nya ...😀😀😀😀 ngarang bgt gw . Nah kebetulan pas pulkam kmrn gw di bekali ragi tape ama nyokap , dan ragi nya bagus bgt bikin tape nya lembut dan kl dicampur ke adonan kue bikin kue nya lumer dimulut tanpa seret ,kali ini gw bikin tape dr sisa nasi yang ada ( biasa emak2 kan suka sayang kl liat yang sisa2 gitu atau pelit nya 😊😊) iya memanfaatkan bahan yang ada spy tdk mubajir aja dan jd bermanfaat bgt . 3 hari bikin tape nasi dan langsung gw panen ( weleh ky panen padi aja 😊😊) trs gw eksekusi jadi cake tape , sebenarnya rada2 takut gatot jg sih bikin nie cake krn baru pertama bikin dr tape nasi tapi alhamdulillah berhasil hanya ada sdkt trial and error ( gimana sih kt nya berhasil tapi gagal 😊😊) sebenarnya cake ini akan berhasil dgn baik kl nggak gw matiin oven gara2 anter anak sekolah dulu , pdhl gw udh ngatur wkt ngebaking ama wkt antar anak tp tdk disangka anak ku bangun lbh pagi dan hrs dianter pagi jg , pdhl nanggung bgt baru masukkin kue trs pas lagi mengembang gw matiin oven jd tuh kue baru 1/2 jalan mateng nya ...walau rada gatot tapi soal rasa eunak deh dan habis jg tuh kue . Nie buat yang penasaran cara bikinnya , resepnya aku dapat dr dapur manis ( makasih mba sdh share resep ) tapi ada sdkt perubahan dr gw krn disesuaikan dgn selera saja . 

Bahannya : 
Modif by maya kitchen 

4 butir kuning telur 
4 butir putih telur 
150 gram gula putih 
150 gram tepung terigu serba guna / all purpose 
1/2 sdt baking powder 
300 gram tape nasi 
150 gram margarin ( aku pake blue band , kl susah bisa ganti merk lain aja apalagi yg buat di LN ) 
1 sdt cuka / air jeruk nipis 
1 sdm coklat bubuk , campur dgn air hangat secukupnya spy coklat mencair 

Caranya : 

1. Kocok putih telur, cuka sampai kaku dan mengkilat  , sisihkan 
2. Kocok margarine dan gula sampai pucat dan ringan  kmdn masukkan kuning telur satu persatu sampai tercampur rata ( maksud kuning telur satu persatu agar kuning teluar tercampur rata ) setelah itu masukkan tape nasi , mixer sampai adonan tercampur rata , matikan mixer . 
3. Campur tepung terigu dengan baking powder , aduk rata , sisihkan 
4. Masukkan tepung terigu yg sdh dicampur dengan baking powder dalam kocokan no 2dalam 3 tahap sambil diaduk dengan spatula ( maksud 3 tahap berselang seling dgn kocokan putih telur , tp putih telurnya cukup dibagi dalam 2 tahap saja ) aduk sampai rata  adonan terigu ataupun putih telur sampai adonan kedua nya hbs . 
5. Ambil 4 sdm adonan lalu beri coklat bubuk yang sdh dicairkan tadi , aduk rata dan sisihkan 
6. Ambil  loyang tulban olesi dengan sdkt margarine dan beri tepung terigu secukupnya . 
7. Masukkan 1/2 adonan kedlm loyang tulban lalu masukkan adonan coklat diatas nya lalu aduk dengan garpu hingga didapat bentuk marmer dan terakhir masukkan sisa adonan . 
8. Kemudian panggang cake dalam oven dengan panas 350 f ( krng lbh aja segitu ) atau 180 celcius panggang sampai kuning kecoklatan , tusuk dengan lidi / tusuk sate jika adonan sdh tdk menempel di lidi berarti kue sdh matang , angkat diamkan sampai dingin baru potong2 dan cake siap tuk dinikmati dengan secangkir teh hangat. 


Selamat mencoba . 


Cara membuat tape nasi : 

300 gram nasi dingin
1/2 sdm makan gula putih 
2 sdt ragi tape , haluskan 

Caranya : campur semua bahan lalu aduk setelah rata , simpan  nasi yg telah diberi ragi kedlm jar / wadah yg kedap udara , simpan adonan dlm ruang yang hangat biarkan selama 2-3hari . Proses selama 2-3 hari ini akan membuat nasi menjadi tape . Selamat panen . 




Penampakan cake marmer tape nasi tampak yg bawah 
Tampak atas 
Hmhmhm yummy .. Lembut membelai lidah ...

No comments:

Post a Comment