Tuesday, September 30, 2014

Resep Martabak Telur ala maya kitchen

Suatu hari gw pingin banget martabak yang ala abang2 gitu yang kulit nya gw bikin sendiri tanpa pake kulit yang instan , ceritanya penasaran aja dulu pernah bikin tapi ada trial and error jadi kurang sukses nah kemarin mau coba lagi mumpung lagi ada keinginan dan yang pasti lagi moody banget in shaa allah kl mood biasanya jarang gatot ...hihihihi. Nah kebetulan lg gw punya daging cincang nganggur ( wkt kpn mau bikin bakso tapi muales drpada basi lbh baik diperdayakan ) jadi pas gw kumpulkan bahan2 semua ada ( maklum kl di LN tuh blanja hrs sekalian krn bisa satu hari buat keliling2 cari bahan bahan masakan krn blanja nya nggak bisa di satu toko tapi dibeberapa grocery Asia ) mulai deh bereksplorasi didapur tersayang gw buat mengolah martabak ala abang2, lumayan lama jg proses nya karna dr pengadonan tepung sampai hrs di diamkan dulu lumayan nunggu beberapa jam tapi dr itu semua bikin gw bahagia bgt karna sukses bikin martabak nya dan disukai sama keluarga kecil ku , mereka bilang eunak bgt sama kaya di abang2 di Bandung ....loncat deh kaya gaya dora tea aku berhasil aku berhasil ....lebay bgt gw . Ya udah deh ntar ceritanya kepanjangan mending langsung liat cara dan bahan nya aja .....satu lg bikin martabak ini gampang , percaya deh semua pasti bisa . 


Bahannya : 
By : maya kitchen 

BAHAN KULIT :
▪250 gr tepung terigu protein tinggi ( bread flour ) 
▪135 ml air ( dikira2 aja nya soalnya digelas ukur nya nggak ada angka segitu ) 
▪50 ml minyak goreng
▪garam
▪minyak untuk merendam adonan

ISI
▪200 gr daging giling
▪4 siung bwg putih cincang
▪ 1 buah bwg bombay kecil , cincang 
▪garam-merica-gula secukupnya
========= Bahan  isi ini ditumis semua.. sisihkan

PELENGKAP : aduk rata
▪250 gr bwg bombay cincang
▪10 batang daun bwg iris halus , aku pake bawang daun yg ukurannya kecil jd kl yg besar cukup 3-4 batang 
▪3 butir telur ayam dan 2 butir telur bebek ( mau pake telur ayam saja boleh atau telur bebek saja jg oke) 
▪garam - merica secukupnya..

==== kocok telur sekitar 2 butir lalu masukkan bawang bombay , bawang daun , merica , garam secukupnya tuk setiap satu lembar kulit ( jadi dikira2 aja nya isi  kl tuk satu kulit ) 


CARA MEMBUAT : 

KULIT :

Campur semua bahan menjadi satu , uleni semua ( aku mixer pake alat tuk roti / dough ) sekitar 20 menit sisa nya sekitar 5 menit aku uleni pake tangan , uleni adonanini sampai tidak lengket  setelah  tidak lengket lagi , kmdn bulat2 adonan ( aku kemarin jadi 7 butir bulatan ) kira2 aja besar nya lalu rendam dengan minyak  goreng sampai terendam selama  2 jam . 

Martabaknya : 

1. Siapkan wajan anti panas beri minyak panas ( aku kemarin pake wajan anti lengket yang berbentuk persegi / kotak biar gampang pas masukkan kulit nya ,. 
2. Kemudian giling adonan kulit pake rolling pan ( atau kalau bisa pake tangan pipihkan lalu tarik kanan tarik kiri seperti abang2 ) aku kmrn pake rolling pan biar cepat deh . 
3 . Setelah minyak panas baru masukkan kulit kedlm wajan biarkan sedikit agak kering kulitnya ( kecilkan api nya biar kulit tdk hangus ) lalu masukkan  kocokan  telur  yang sudah diberi   bawang bombay, daun bawang dan tumisan daging ( untuk setiap kulit jadi isian bisa disesuaikan saja kl kulitnya lebar bisa byk isiannya kl kecil kulitnya bisa secukupnya ) lalu lipat kulit kedalam sisi kanan dan kiri begitu jg sisi samping kiri dan kanan pokoknya kaya abang2 gitu deh , pake sudit kecil tuk membantu melipat kulit ( aku kmrn pake 2 sudit ) setelah itu banjur2 kulit spy isian didalamnya matang sempurna dan martabak menggelembung , masak sampai matang kecoklatan , angkat dan sisihkan. 
4. Jika adonan kulit tdk akan dipakai semua bisa disimpan semlm dengan tetap direndam minyak nya . 
5. Martabak siap tuk dipotong2 dan dinikmati dengan acar serta saus  cuka . 

Kuahnya : 
Campur cuka sekita 1 sdm 
Air sekitar 150 ml 
1-2 sdm soy sauce 

Caranya : campur semua bahan kmdn cicipi sampai sesuai selera . 

TIPS:
▪kalau kesulitan menggepengkan adonan seperti abang2, bisa digepengkan dengan gilingan kue yang dari kayu, kalau bisa diatas permukaan licin sperti marmer (meja dapur). 
▪kalau bisa pakai penggorengan teflon yang rata itu biar muantaf deh . 


Selamat mencoba .  

Nah ini bulatan tuk kulitnya 
Kulit direndam dgn minyak goreng 


Nah spt ini cara menggoreng nya 
Cakepkan bentuk nya ky abang2 bgt 
Hasil akhirnya ... Yummy deh pingin nambah trs ... 
Lupa ini wajan yg saya pake tuk   martabak telur .. 


No comments:

Post a Comment