Monday, September 29, 2014

Resep kue sarang semut ala maya kitchen

Biasa kl hari minggu kerjaan gw adalah berteman dengan dapur sepanjang hari and full day bersih2 rumah and ngerjain pr2 yg tertunda dipikir2 byk jg pr pr gw yg blm sempet gw kerjaan dr urusan dapur, cuci mencuci, setrika dan merajut serta mengkristik yg msh tertunda di dlm kotak , mulai sekarang ayo semangat menyelesaikan semua nya . Akhirnya pekerjaan membersihkan rmh beres tinggal mengerjakan urusan dapur nanti mlm menjelang tidur baru urusan rajutan deh . Hari minggu ini gw coba bikin bolu karamel / sarang semut sebenarnya aku pernah bikin tp lupa blm aku tulis jd saat ini deh gw tulis sebelum lupa melanda lg , bikin kue ini gampang tdk perlu kocok mixer jd mengurangi cucian piring ... 😃😃😃 cuman perlu whisk ama loyang jd yg nggak punya mixer bisa bikin nie kue ... Ayo kita mulai aja nya . Kue sarang semut ini mnrt aku dalam nya lembut bgt jd nggak seret di tenggorokkan dan banyak rongga nya .... Yuk deh qta mulai aja . ( satu lg resep ini berasal dr mba Rieke / bunda Nadhifa ) tp aku modif sebagian dr bahan2 nya : 

Bahannya : 
By : maya kitchen 
Sumber : mba Rieke 
Untuk karamel : 

400 ml air panas 
400-450 gram gula putih 
3 lembar daun jeruk , iris halus 
1 lembar daun pandan , iris halus 
========hasil akhir dr karamel takar menjadi 400 ml 

5 butir telur 
1 sdm baking soda / soda kue  
120 gram tepung terigu all porpuse / protein rendah 
150 gram margarine / blue band , cairkan 
200 ml susu kental manis / skm 



Cara membuat karamel : 

Ambil panci kecil anti lengket , masukkan gula putih lalu masak dengan api kecil biarkan gula sampai berwarna coklat ( hati 2 gosong nya krn nanti rasa nya akan pahit kl gosong ) setelah masukkan  air panas ( sebelum memasak gula, masak dulu air sampai mendidih dgn panci lain kmdn sisihkan ) ke dlm panci yang berisi gula , biarkan sampai mendidih dan gula  larut beri juga daun pandan iris dan daun jeruk , masak sampai wangi / harum , setelah itu angkat dan saring biarkan sampai dingin , sisihkan . 
Panaskan oven dengan suhu 355 F / 180 celcius 


Cara membuat kue nya : 

1. Ambil wadah / bowl masukkan telur kocok dengan whisk sampai berbusa dan merata , kmdn masukkan tepung terigu sedikit2 bergantian dengan syrup karamel ( lakukan sampai habis ) aduk rata dengan spatula sampai licin , jika perlu disaring saja ( aku kmrn disaring krn adonan bergerindil ) . 
2. Kemudian setelah adonan licin masukkan susu kental manis aduk kembali , lalu masukkan lagi margarine cair aduk kembali . 
3. Terakhir masukkan soda kue aduk kembali 
4 .kemudian masukkan adonan kedlm loyang tulban yang sudah diolesi dengan margarine dan di beri tepung sedikit . 
5 . Panggang adonan kedalam oven dengan suhu 355 F atau 180 celcius selama 45 menit , setelah itu angkat dan biarkan dingin , kue karamel siap tulk dipotong dan dinikmati dengan secangkir teh hangat . 
Selamat mencoba . 

Note : adonan ini bersifat cair jd tdk perlu khawatir setelah dipanggang dia akan menjadi padat . 
 

Nah ini kue sarang semut ... Yummy 

Tuh keliatan sarang nya kan tapi semut nya nggak ada ... 😊😊



No comments:

Post a Comment