Tuesday, September 30, 2014

Resep Kering Kentang Teri medan

Kalau bikin kering kentang itu rada2 cape jg didalam pengolahannya karna harus memarut trs memotong lalu direndam biar didapat hasil kentang yang renyah tapi dr semua perjuangan itu akan didapat hasil yang memuaskan , kali ini gw pingin bikin kering kentang yang suka dibikin mamah gw biasanya kering kentang ini sebagai menu tambahan di dalam nasi kuning , tumpeng dan nasi uduk . Jadi beberapa hari yang lalu gw pingin makan nasi kuning komplit dan salah satunya hrs ada kering kentang ini biar tuh nasi kuning jadi afdol makannya, walau harus bersusah payah dulu dan berjuang dulu didapur tuk bikin kering kentang nya tdk apa2 asal makan nasi kuning lengkap judulnya ...hihihihi. 
Yuk qta mulai aja siapa tahu ada yang ingin coba membuat . 

Bahannya : 
By : maya kitchen 

600 gram kentang ( lbh bagus kentang dieng krn kadar air nya sdkt kmrn aku pake kentang butter kl di tmpt ku ini lbh gurih dan renyah ) . 
1 1/2 sdt  kapur sirih , campur kapur sirih dengan air secukupnya 
100 gram ikan teri medan 

=== caranya : serut kentang lalu potong seperti korek api kmdn rendam dengan larutan air kapur sirih sampai kentang terendam , diamkan kira2 20- 30 menit ) setelah itu cuci kentang kmdn tiriskan lalu goreng hingga kering dan renyah . "Gunakan minyak banyak dan jangan terlalu banyak memasukkan kentang kedlm wajan agar didapat kentang yang renyah dan kering ) lakukan sampai kentang habis , dan sisihkan . 


Bumbu :
5 buah  cabai merah  ( sesuai selera ), haluskan sampai benar2 halus
6 siung bawang putih, haluskan
60 gram gula pasir
Garam secukupnya
Daun jeruk  5 lembar
Air asam encer Jawa 1 sendok teh

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan air asam Jawa,  dan garam, aduk cepat hingga rata, lalu masukkan juga kentang , ikan teri dan gula pasir, aduk kembali cepat ya hingga benar2 rata. Jika takut gosong matikan atau kecilkan api.kering kentang siap tuk disajikan sebagai teman nasi kuning atau tumpeng . Jika masih sisa bisa disimpan dlm wadah tertutup yang kedap udara . 


Tips : Gula pasir di blender kering dulu, jadi bubuk halus agar lebih cepat tercampur rata.

Ini kering kentang teri medan .. Pelengkap teman nasi kuning 

Nah ini nadi kuning komplit dengan sambel kemiri makyus dan kering kentang teri .. 

1 comment: