Thursday, September 18, 2014

Resep Roasted Beef

Kali ini gw mau nulis masakan yang berbau bau LN deh ,,,pamer dikit 😊😊, kan masak harus menjelajah ke berbagai daerah ataupun negara jadi kali ini jatuh ke masakan ala bule soalnya bikinnya nggak pake ribet krn gw orang nya seneng yang simple2 deh , kl ribet jg kl mood nya bagus aja . Berhubung skrng moodnya lg jelek jadi pingin masak yang nggak pake ribet tapi disukai ama keluarga kecilku . Cerita nya gw lg pingin memajakan lidah kampung dengan gaya lidahnya bule ...hihihi. Biasanya masakan ala2 LN tdk terlalu ribet dengan bumbu pokoknya judulnya praktiiiiis bgt gitu lho . Oh iya masakan ini biasa gw liat dr teman baik gw mr google , google tuh bener2 baik dan pinter karna bisa kasih tahu apa aja yg qta tdk tahu ....roasted beef ini eunak bgt kl dibanjur sama sauce jamur atau black pepper yang qta bikin sendiri dijamin bikin lidah qta ketagihan tuk tambah trs , waktu gw bikin ini aja C bungsu dan kakaknya sampai di jilatin tuh piring nya krn lezat bgt sauce nya dan daging nya yg lembut tdk alot bikin mereka nambah trs dan nggak bosen , dan satu lg gw dapat pujian dr suami tercinta ....bahagia bgt kl dpt pujian dr keluarga tercinta apalagi dr suami ...😀😀😀😀,rasa roasted beef ini kaya steak di negara gw jd cocok bgt ama lidah deso gw yang msh  rada 2 suseh buat menyatap steak di LN yang tanpa sauce, jadi cuman makan daging yang dibakar tanpa aksesories sauce nya, makanya kali ini gw coba bikin roasted beef   yang pake sauce jamur dan lada hitam dan rasa nya makyuuuuuus bin yahud ( muji diri sendiri ) , yuk deh qta mulai aja resep nya . 



Bahannya :
By : maya kitchen 
Sumber : google 
 
1 pc sirloin atau tenderloin 
Garam secukupnya 
1 sdm lada hitam, haluskan 
1/2 sdm mustard 
3-4 sdm minyak goreng 


Caranya : balur daging sirloin atau tenderloin dengan garam , mustard dan lada hitam , balur dengan rata dan biarkan sekitar 1 jam agar bumbu menyerap, tutup dgn plastik wrap .
Ssetelah itu siapkan wajan dengan minyak goreng sampai minyak panas kmdn goreng daging dengan bagian bagian daging yg ada lemaknya , goreng hanya sampai kecoklatan tua, begitu jg sisi yang satunya agar didapat seluruh permukaan daging merata  coklat , gunanya memasak spt ini spy juice dr daging ketika dipanggang tdk keluar dr daging, angkat daging llalu sisihkan . 

Setelah daging digoreng kmdn nyalakan oven dengan api bawah sekitar 350f lalu bakar daging sekitar 15 menit setiap sisi  total 30 mnt . ( kl punya alat ukur daging bisa diukur tuk  suhu tengah daging sekitar 55c, medium 60c , well done 70 c , kebetulan aku punya alat ukur nya jd aku pake yang medium 60c . Setelah matang angkat lalu diamkan selama 10 mnt . 


Untuk sauce nya : 
Mushroom sauce 

Bahan :
40 gr Bawang merah ( sekitar 3 buah bawang merah ) , iris halus 
350 gr Jamur kancing, potong2 jangan terlalu tipis ( aku cuman pake 250 gr ) 
100 gr Unsalted butter
550 gr Demiglase, 
1 sdm tepung maizena
Garam dan Merica secukupnya
5 sdm half and half ( heavy whipping cream ) 

Cara :

1. Tumis bawang merah sampai layu dan  wangi kmdn masukkan jamur, butter dan garam , half and half atau heavy whipping cream , masak  sampai tumisan keluar cairan atau juice nya , sisihkan 
2. Didihkan demiglase kmdn masukkan tumisan jamur kedlm demiglase aduk rata , terakhir masukkan cairan tepung maizena masak sampai kental , angkat dan sisih kan 
3. Kmdn potong potong roasted beef sesuai selera lalu banjur dengan sauce nya dan roasted beef siap tuk disantap dengan nasi hangat atau kentang goreng . Selamat mencoba . 


Sauce black pepper : 
Bahan dan caranya sama dengan mushroom  sauce hanya jamur dihilangkan diganti dengan 1 sdm lada hitam biji yang dihaluskan . 

Cara membuat demiglase atau brown stock : 

Bahannya : 

Brown stock / demiglases Mari kita siapkan..

Bahan :

2000 liter air 
1 kg tulang ayam potong kecil2 (sisakan sedikit daging di tulang), kmrn aku pake chicken wing yang aku belah dua dan aku poting kecil2 . 
100 gr wortel , potong serong atau bulat  
100 gr bawang bombay, cincang halus 
50 gr daung bawang, iris halus 
120 gr pasta tomat kaleng ( jgn pake saos tomat krn rasa nya akan berbeda ) 
Rosemarry kering secukupnya
Thyme secukupnya
2 lbr Bay Leaf

Cara :
1. Goreng tulang ayam dengan minyak panas sampai kecoklatan kurang lbh  15 menit, setelah itu masukkan sebagian air ( 1000 liter ) masak lagi sekitar 3 menit . 
2. Kmdn  diwajan lain tumis  bawang bombay sampai layu dan wangi kmdn masukkan potongan wortel , daun bawang masak sampai layu sambil diaduk2 dengan api sedang kmdn masukkan pasta tomat lalu masukkan sisa  air ( 1000 liter air lg ) . 
3. Terakhir masukkan goreng ayam yang telah diberi air tadi kedalam wajan / panci yang berisi tumisan sayuran lalu masak hingga mendidih dan menyusut kurang lbh 30 menit , kemudian saring dan brown stock / demiglases siap digunakan kpn saja . 


Selamat mencoba . 


Roasted beef black pepper sauce ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment