Sunday, May 10, 2015

Resep Martabak abang 2 Praktis tanpa diuleni ala maya kitchen

Sebenar nya sy pernah nulis martabak abang2 tapi versi yang adonan kulitnya hrs di rendam minyak dan diuleni kali ini saya ingin menulis tentang pembuatan martabak telur yang super praktis tapi rasa tetap enak dan sama seperti abang2 , kadang2   membuat martabak memakai kulit instan atau kl lagi kangen ala abang 2 qta hrs membuat adonan kulit nya yang rada2 ribet dan terkadang tidak memenuhi standar ketipisan kulitnya dan dapur kesayangan qta akhirnya akan menjadi kapal pecah karna taburan tepung dan peralatan yang hrs digunakan , pdhl qta sudah ingin menyatap makanan tsb tapi apa daya qta hrs menunggu dulu adonan kulit yang hampir memakan waktu 2 jam dalam proses perendaman ...keburu hilang selera makan martabak nya ...hihihihi. Tapi kali ini saya akan menuliskan cara yang super praktis dan tdk perlu repot lg kl ada ibu2 dan teman2 yang pingin membuat martabak abang2 wanabi ...dijamin tidak repot tapi praktis bgt dan pasti disukai oleh saya yang suka males buat nguleni sesuatu ...😀😀😀, yuk qta intip cara pembuatannya ...cik ki dot .


Martabak telur abang2 wanabi ala maya kitchen
Sumber : maya kitchen 


Bahannya kulit : 

 1 sdm tepung protein sedang ( all purpose kl bingung sama jenis tepung ) 
1 sdm bread flour ( tepung protein tinggi ) 
1 sdm tepung beras 
1 sdm tepung tapioka 
1 kuning telur 
200-250 ml air ( air sesuaikan kebutuhan aja ) 
GarM secukupnya 

Cara membuat kulit : 

1. Campur semua bahan kering ( kecuali telur ) kmdn beri  air sedikit2 aduk rata setelah itu masukkan kuning telur lalu aduk kembali , adonan agak encer , kl perlu saring biar tdk bergerindil , sisihkan . 
2. Ambil wajan anti lengket ( teflon ) olesi minyak sedikit , panaskan , jika pan sdh panas kecilkan api lalu masukkan adonan sekitar 2-3 sdm sayur kmdn goyang2kan spy sdkt tipis masak sampai permukaanya tampak matang ( terlihat setengah matang jgn pake api besar krn akan membuat kulit menjadi cepat kering matang nya ) lalu beri 3 sdm cincangan daging sapi yg sdh di tumis , lalu lipat sisi yang panjang kiri kanan dan terakhir lipat sisi lainnya , masak sampai sisinya matang lalu balik ( hati2 membaliknya akan membuat kulit pecah ) angkat dan sisihkan . Lakukan sampai adonan habis , sy dapat 4 kotak martabak . 
3. Terakhir ambil wajanberi minyak secukupnya lalu panaskan , setelah panas baru masak martabak yang tadi sudah dibentuk cipratn2 kan minyak panas pada martabak biarkan sampai martabak matang bolak baliknya , masak sampai kuning kecoklatan . Angkat, lakukan sampai habis . Angkat dan sajikan bersama acar dan kuah nya . 

Isian martabak 

1 bks ground beef ( 500 gram daging cincang ) 
1 bawang bombay , iris halus 
3 siung bawang  putih , cincang halus 
1 sdt merica halus 
Garam secukupnya 
Minyak goreng secukupnya 

Caranya : 

Panaskan wajan beri minyak secukupnya lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum lalu masukkan daging giling aduk rata biarkan daging sampai berubah warna , setelah itu beri bumbu garam dan merica , aduk2 , biarkan daging matang , angkat dan sisihkan . 



Nah ini martabak super praktis .. Yummy deh . 

No comments:

Post a Comment