Sunday, May 3, 2015

Resep Strawberry cheesecake ala maya kitchen

Bingung mau ngabisin yang namanya cream cheese tapi udah dibikin segala macam makanan tapi cream cheese nya nggak hbs2 jg , salah beli waktu itu beli hampir isi 2 kg pdhl butuhnya sedikit akhirnya liburan ini terpaksa deh mengolah tuh cream cheese dan yoghurt , edisi menghabiskan ...maklum emak 2 kan  kl blanja suka gelap mata segala dibeli pdhl perlunya apa yang dibeli apa , itu gw banget deh moga2 ibu2 dan teman2 nggak kaya gw nya .nah kali ini gw mau ngolah strawberry cheesecake aja kebetulan ada request dari anak2 tapi kali ini nggak gw olesi strawwberry dulu karnac kakak nggak doyan kl pake selai lbh suka yang original sedang c bungsu lbh suka ada selai nya akhirnya qta bagi dua aja tuh cake biar semua kebagian dengan request nya masing2 dan anak2 happy apalagi emaknya happy bgt krn ada request dr kids . Cheese cake ini beneran eunak bgt deh rasa keju dr cream cheese dan gabungan dr oreo serta selai strawberry bikin lidah pingin trs menyatap nie cheese cake apalagi kelembutannya bikin ngemanjain lidah . Oh iya cream cheese cake ini jg disuka sama teman dekat nya kakak katanya favorit selain rendang yang dia sukai ...😀😀alhamdulillah deh ada yang suka sama kue gw . Yuk deh qta mulai aja pembuatan dan resep nya . Gw bikin 1/2 resep aja . 



Strawberry cheese cake ala maya kitchen 
Sumber : google ( maaf lupa namanya ) 
Di modif  dan dipratekkan by: maya kitchen 



Bahan Crust (alas cheese cake)
250 gram biskuit Marie Regal atau Oreo ( sy pake 125 gram oreo tanpa cream ) 
100 gram margarine yang dilelehkan ( 50 gram. Margarine  lelehkan , sy pake segitu ) 

Bahan Cheese Cake:
210 gram gula pasir ( 105 gram gula pasir halus ) 
4 butir telur ( aku pake 2 butir telur ) 
1 kg Cream Cheese ( 1/2 kg atau 500 gram cream cheese ) 
300 gram yoghurt plain (yang kental ya) ( 150 gram yoghurt plain) 
1 sdt air jeruk lemon ( 1/2 sdt air jeruk lemon ) 
2 sdt kulit jeruk lemon parut ( 1 sdt kulit jeruk lemon , parut ) 
2 sdm tepung terigu ( 1 sdm tepung terigi all porpuse ) 

Topping:
250 gram selai blueberry
1 kaleng jeruk mandarin

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm olesi mentega atau margarin, jangan lupa membungkus bagian luar dengan aluminium foil supaya air tidak masuk ke dalam loyang, sisihkan. ( aku pake loyang uk. 18 cm) 
  2. Hancurkan biskuit hingga halus dengan blender atau food processor, lalu tuang butter atau margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat. Panggang dalam oven sekitar 5-10 menit lalu angkat, sisihkan. ( aku cuman dimasukkan kedlm freezer selama 10 mnt ) 
  3. Kocok gula dan telur hingga kental, masukkan Cream Cheese dan Yoghurt Plain bergantian sambil terus dikocok.  Ohya sebelumnya biarkan dulu Cream Cheese dalam suhu ruang agar menjadi lunak. Bila Cream Cheese masih terlalu dingin, sebaiknya dipotong-potong dan kocok terpisah saja sampai menjadi creamy baru dimasukkan ke dalam kocokan gula dan telur yang sudah mengembang.
  4. Tuangkan adonan ini ke dalam loyang, di atas adonan biskuit (crust), lalu panggang di dalam oven dengan suhu 165C  ( 329 F tp aku pake 350 F sekitar 30 mnt sisanya 1 jam pake api 329 F ) dengan cara au bain marie (diletakkan di dalam loyang yang sudah diisi air) selama 90 menit. Suhu oven jangan terlalu panas karena bisa membuat permukaan cheese cake menjadi retak.
  5. Setelah 90 menit dan permukaan cheese cake terlihat di pinggiran sudah agak mengering walaupun tengahnya masih goyang-goyang, segera keluarkan dari oven. Dinginkan Cheese Cake beserta loyangnya di suhu kamar, hingga benar-benar dingin.
  6. Setelah dingin, masukkan cheese cake ke dalam kulkas selama minimal 4 jam agar adonan menjadi padat dan setelah itu baru dikeluarkan dari loyang dan bisa diolesi topping blueberry atau lainnya sesuai selera.
Selamat mencoba . 


Ini baru keluar dr Oven ... 
Hasil akhir setelah di masukkan kedlm lemari pendingin selama lbh dari 4 jam ..dan siap tuk dinikmati 


No comments:

Post a Comment