Tuesday, May 5, 2015

Resep meat ball ala maya kitchen

Sebenarnya udah sering banget bikin bakso, tapi selalu penasaran lagi tuk membuat bakso yang benar2 cocok sama selera orang rumah dan cocok sama yang dijual abang2 atau toko , alhamdulillah sih nggak pernah gagal buat bakso tapi selalu pingin coba terus biar dapat yang pas . Walau orang rumah selalu bilang enak sih setiap bakso yang sy bikin dr yang nggak. Pake baking soda , atau yang pake soda kue atau baking soda atau yang gw campur sama fish paste pokoknya semua resep udah gw coba tapi gw masih aja penasaran , tapi pada dasar nya pembuatan bakso itu yang penting adalah daging nya harus benar2 fresh atau masih segar banget jangan yang udah didiamkan sehari atau semalam krn tdk akan didapat bakso yang enak trs jangan yang banyak lemaknya . Akhirnya kemarin tanpa sengaja dan iseng2 lagi pingin bakso dan kebetulan di rumah tdk ada persediaan bakso akhirnya gw turun jg ke dapur pdhl udah sore bgt tapi demi keinginan tuk menyatap bakso akhirnya eksekusi jg dan akhirnya berhasil membuat bakso dengan versi formula saya pdhl ngebuat nya asal2 an aja tapi rasa bakso nya benar2 pas di lidah dan hati dan lagi rasa daging tetap terasa pokoknya nggak bisa di ungkapkan dengan kata2 deh ...gaya banget nya 😀😀😀. Yuk deh qta liat saja bahan dan cara pembuat dari meat ball ala maya kitchen . 


Meat ball ala maya kitchen 
Sumber by : maya kitchen 


Bahannya : 

500 gram daging giling fresh ( bisa jg pake daging biasa trs potong2 tanpa lemaknya ) 
100-200 ml es batu ( sesuai kebutuhan aja nya ) 
2 butir putih telur atau 60 ml 
2 sdm bawang putih goreng 
1/2 sdt bpda  ( baking powder double acting ) 
1/2 sdm kaldu bubuk ayam 
Garam secukupnya 
2 sdm munjung tapioka 

Caranya : 
1. Masukkan daging giling ( daging yang sudah dipotong 2.) , es batu kedlalam food procesor giling daging dan es batu sampai tercampur rata dan halus ( es batu sudah tdk berbentuk es batu lagi ) 
2. Setelah itu masukkan bumbu, putih telur kecuali tapioka , giling kembali sampai bumbu tercampur rata dan halus dengan daging 
3. Tahap terakhir masukkan tepung  tapioka lalu giling kembali sampai tepung tercampur rata , lalu giling kembali sekitar 30 menit sampai daging benar2 halus banget , matikan food procesor lalu sisihkan 
4. Masak air dalam panci sampai mendidih lalu matikan api / kompor lalu ambil adonan meat ball dengan cara dikepalkan lalu pencet diantara ibu jari dan telunjuk baru disendok dan masukkan kedalam air yang tadi sudah di masak , lakukan sampai adonan habis  bakso akan mengapung . Setelah itu masak sekitar 10 menit sampai bakso matang . 

Meat ball siap tuk dinikmati . 


Selamat mencoba . 

No comments:

Post a Comment