Sunday, May 17, 2015

Resep Onde Onde Isi kacang tanah ala maya kitchen

Udah lama nie blog nggak pernah di tengok2 amayang mpunya , maklum udah beberapa minggu ini sibuk bgt ..sebenarnya udah byk jg resep 2 baru yang sudah dicoba sesuai dengan selera saya tapi belum sempat  di tulis karna byk kegiatan anak2 dari acara pelulusan, performance c bungsu dan urusan perpisahan anak2 ice skate belum urusan yang lain 2 , pokoknya kl akhir tahun ajaran pasti byk yang harus di kerjakan. Oh iya kali ini tanpa berbasi basi yang panjang sy cuman mau nulis tentang resep onde onde yang isi nya pake kacang tanah , biasa nya onde onde itu isi kacang hijau tapi kali ini saya coba bikin isi kacang tanah ternyata tak kalah enak dengan yang isi kacang hijau , sebenarnya mau bikin yang isi kacang hijau tapi persediaan kacang hijau habis dan saya muales bgt kl hrs ngeluarin mobil hanya untuk beli 1 macam bahan ( mslh ya jaraknya jauh kan sayang bensin , maklum emak2 hemat ) nah kebetulan sy punya kacang tanah dan wijen warna hitam ( ternyata persediaan wijen putih ku jg habis jd yang ada aja wijen hitam ) akhirnya memperdayakan semua bahan yang ada di rumah saja , apalagi liat persediaan tepung ketan yang msh byk jadi hrs diolah secepatnya , bikinnya gampang kok pokoknya sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah aja ... Resep nya saya  peroleh dr google .... Terimakasih yang sudah share resep , maaf lupa namanya . Tapi udh sy modif di beberapa bahan. Kali ini sy tdk pake kentang dan onde2 ini awet tdk melempem dan tetap enak walau di bskkan . 


Onde onde isi kacang tanah ala maya kitchen 
Sumber : google 
Modif dan di kutip by : maya kitchen 



Bahanyya : 

250 gram tepung ketan ( kl mau bikin 1 resep ini tinggal kl 2 saja bahan2 nya ) 
200 ml air panas ( tapi jgn yg mendidih bgt cukup terasa panas / hangat ) 
38 gram tepung beras 
1 sdt vanili bubuk ( saya nggak pake ) 
1/4 sdt garam
Wijen putih  secukupnya tuk taburan ( sy pake wijen hitam ) 
Minyak goreng secukupnya 

Cara membuat isian kacang tanah nya : 

175 gram kacang tanah , goreng , sisihkan 
60 gram butter / mentega ( sy pake blue band ) 
80 gram gula halus 

Cara membuat kulitnya : 

Campur tepung beras, tepung ketan , garam , vanili lalu beri air hangat sedikit2 uleni sampai adonan bisa dipulung ( jika adonan blm bisa dipulung bisa tambahkan air secukupnya ) , bulatkan adonan kira2 saja nya , sisihkan . 


Cara membuat isiannya : 

Giling kacang tanah sampai halus ( saya pake food procesor ) setelah itu beri butter/ mentega dan gula halus giling kembali sampai tercampur rata , setelah itu bulat 2 kan adonan tsb sebesar   kelereng , sisihkan . 


Penyelesaian akhir : 

Ambil adonan kulit lalu pipihkan kmdn masukkan adonan isi kmdn bulatkan lakukakn sampai adonan habis   Kmdn gulingkan adonan yang sudah ada isi nya ke dalam biji wijen sampai adonan tertutup dengan wijen lakukan sampai habis . 
Setelah itu panaskan minyak , cukup dengan api sedang / kecil , masukkan atau goreng onde2 dalam minyak biarkan sampai onde 2 matang dan mengapung serta berwarna coklat kekuningan, angkat . ( pada saat menggoreng jgn memasukkan onde2 terlalu banyak berikan ruang untuk onde2 mengembang ) 


Selamat mencoba . 


Onde onde yang sempet di foto sisa segini ...

No comments:

Post a Comment