Thursday, December 4, 2014

Resep Ayam Woku woku ala Maya Kitchen

Kali ini  pingin nyobain resep dari teman gw ( Meggy Widyasari) sebenarnya udah lama nie resep dikasih dan baru hari ini gw eksekusi resepnya ternyata sedap dan makyus deh apalagi kalau dimakan pake nasi hangat makin nggak brenti makannya ( bisa makin endut deh ) . Ayam woku ini asalnya dari Manado dan jenis lauk yang super duper pedas bingit, tapi bikin nagih mlulu kadang kl mau makan nie masakan rada mikir keras karna pedas nya alamazan bikin perut gw suka perih 2 gitu ( mungkin nggak kuat karna terlalu pedas ) akhirnya pas dapat resepnya gw bikin ala maya kitchen aja yang kadar cabe nya gw kurangi tapi bumbu yang lain tetap sama ukurannya dan akhirnya rasa nya tetap enak walau tdk pedas tapi tetap rasa nya ayam woku ( hihihi ) yang penting bisa menikmati versi kagak pedas nya, makasih banget buat Meggy yang sudah ngasih resep rahasianya semoga kapan 2 dapat bocoran resep masakan manado lagi . Gw perhatikan masakan manado itu lbh kuat pemakaian pada bawang merah , mereka tdk pernah pakai bawang putih .  Sereh  , jahe serta daun jeruk yang bikin penguat rasa dari masakan tsb selain cabe rawit yang dominan rasanya tapi krn rempah2 tsb rasa masakan manado itu benar2 makyus dan nagih buat pencita masakan manado . Nie buat pecinta masakan Manado , kali ini gw tulisin resepnya Ayam woku yang asli dari sumber nya semoga bisa bermanfaat buat semua teman2 , ada jg ikan rica rica dan pernah gw tulis jg diblog ini tapi pada dasarnya bumbunya sama saja hanya kl rica2 tanpa kunyit . Ya udah qta mulai aja nya berhubung gw hrs terjun lagi kedapur . 





Ayam Woku Woku ala maya kitchen 
Sumber : Meggy Widyasari 
Modif : by maya kitchen 


Bahannya : 

3 potong filet ayam ( nggak tahu berapa gram ) , potong kotak dadu , sisihkan . 
1 batang sereh , potong 3 bagian , geprek 
5 lembar daun jeruk 
Daun kemangi secukupnya 
6 batang daun bawang , iris halus 
Minyak goreng secukupnya 
25 ml air 

Bumbu yang dihaluskan : 

3 buah cabe hijau ( boleh ditambah jika suka pedas ) , resep asli nggak pake cabe hijau 
3 buah cabe merah besar  ( ini bisa ditambah jg dan bisa  diganti cabe rawit aslinya pake cabe rawit merah sekitar 40-50 biji ) 
3 ruas kunyit 
3 ibu jari jahe 
3 buah bawang merah besar ( dlm resep 5 buah kl bawang merah kecil 15 buah ) 
1/2 bawang bombay 

=== blender atau tumbuk semua bumbu halus ( aku pake blender aja males ngulek kali ini ) setelah diblender pindahkan kedlm mangkuk biar tdk terasa pahit bumbunya mungkin pengaruh pisau besi nya tercampur dengan beraneka jenis bumbu yang mengandung asam . 


Caranya : 

1. Tumis bawang daun, sereh, daun jeruk dengan minyak secukupnya sampai wangi dan berwarna kecoklatan tapi bkn hangus . 
2. Setelah itu baru masukkan bumbu halus , garam trs  masak sampai  harum ( kurleb 2-3 mnt biar nggak  bau langu  bumbu nya )  baru masukkan potongan ayam aduk rata kmdn beri air sedikit ( kurleb 25 ml ) aduk kembali lalu tutup biarkan sekitar 5 mnt ( air tdk terlalu byk krn ayam akan mengeluarkan air jg ) setelah itu aduk2 kembali terakhir masukkan daun kemangi , aduk lagi biarkan sesaat sekitar 1 menit spy kemangi layu , lalu test rasa , setelah itu angkat dan ayam woku woku siap tuk disajikan bersama nasi hangat plus krupuk kampung ( krupuk nya versi gw aja πŸ˜ƒπŸ˜ƒ) 

Selamat mencoba . 
 
Ini dia hasil nya ... Makasih Meggy rasanya bener2 makyus hanya beda level pedas nya ... πŸ˜€πŸ˜€πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

No comments:

Post a Comment