Wednesday, December 3, 2014

Resep Iga bakar Madu ( Grill Honey Rib ) ala maya kitchen

Udah lama jg nie kagak nengokkin nie blog , maklum lagi ketiban jenuh dan jg baru aja sembuh dari sakit jadi masih males buat nulis2 dan masak ataupun baking , judul masakan diatas sebenarnya udah beberapa minggu yang lalu bikinnya tapi baru ditulis sekarang. Sebenarnya dari semenjak datang ke LN  pingin banget bikin iga bakar tapi sayang blm ada yang halal jadi keinginan harus ditunda dulu sampai ada rib / iga yang halal , kebetulan kapan hari dapat info dari teman ( Rika , alias tetangga gw ) bhw skrng udah ada iga / rib yang halal , berkat info ini akhirnya gw meluncur deh ke salah satu swalayan tuk berburu nie rib yang udah lama bgt dinantikan ( serasa nunggu punya anak aja 😀😀) dan akhirnya terbesit deh buat bikin Grill honey rib / iga bakar madu , senang banget apalagi anak 2 pingin banget makan nie iga bakar, akhirnya emaknya dengan senang hati turun ke dapur tuk ngolah nie Rib , bikin nya cepaf dan gampang terus rasa nya makyus banget apalagi ditemani dengan kentang bakar keju plus tumis brokoli saus tiram ....hmhmhmh yummy bgt , yuk teman2 qta coba resepnya siapa tahu ada yang berminat . Oh iya resep gw gabungan dr berbagai sumber di google tp rasa ditanggung eunak deh . 


Grill honey rib / iga bakar madu 
By : maya kitchen 

Bahannya : 

1 bungkus rib / iga ( mungkin sekitar 1 kg kali nya , lupa di liat beratnya ) 
1 buah bawang bombay , iris 
4 siung  bawang putih , haluskan  
3 ruas jari jahe, haluskan ( aku dicampur dgn bawang putih menghaluskan ya ) 
1 sdm saos sambal 
sdm saos tiram 
2 sdm saos tomat 
3 sdm gula palem ( boleh dikurangi jika tdk suka manis jd 2 sdm ) 
6 sdm madu 
1 sdt merica hitam butiran , tumbuk kasar 
Garam secukupnya 
2 sdm margarine . 


Caranya : 

1. Cuci bersih iga lalu , masak dengan menggunakan presto beri garam secukupnya , masak sampai matang dan empuk ( hati2 hancur , dikra2 aja dr berdesis panci sekitar 15-20 mnt ) , angkat , tiriskan . 

2. Panaskan wajan beri  margarine , lalu tumis bawang putih dan jahe yang sudah dihaluskan dan bawang bombay sampai harum ,lalu masukkan saos tomat , saos sambal dan saos tiram , aduk rata beri air kaldu rebusan iga yang tadi sedikit saja sekitar ( 75 ml ) . 

3. Setelah itu beri gula palem , merica hitam yg sudah ditumbuk kasar , madu , aduk rata lalu masukkan iga / rib aduk rata biarkan bumbu meresap , test rasa dan air nya habis , matikan kompor . 

4. Cara terakhir adalah bakar iga / rib didalam pan ( aku kmrn di happy call) dengan api sedang atau bisa jg di oven ( buka tutup oven nya sdkt ) atau pake pembakaran ( terserah teman2 aja ) sambil diolesi sisa bumbu dan sampai wangi . Angkat ( aku kmrn tdk terlalu lama bakarnya asal didapat kesan gosong aja ) dan Iga / rib siap tuk disajikan bersama mashed potatoes , tumisan brokoli beserta saos sambal ..hmhmhmhm sedaaap deh .



Selamat mencoba . 


Ini hasil nya tinggal dibakar aja tunggu foto penyajiannya ... Eunak deh . 

No comments:

Post a Comment