Sunday, December 7, 2014

Resep Sop Konro ala maya kitchen

Menu dinner ( makan malam ) kali ini bertema Sulawesi banget deh , karna gw bikin Sop Konro sama Pisang palubutung sebagai dessert nya , gw bikin ini karna masih punya rib / iga waktu kapan gw beli jadi dari pada nganggur kan enak nie dimasak sop konro apalagi cuaca di Anchorage mendukung bgt buat makan yang hangat dan satu lagi buat para kurcil gw biar makan ada yang berkuahnya . Sop konro ini memang enak , gw dulu suka makan dijakarta didaerah mana gitu dan gw suka bgt ama rasa nya apalagi kl yang bakar nya plus sambel nya wah sedaap tak terhingga deh dan sop konro  sbnrnya hampir mirip kaya rawon nya hanya saja ada bumbu tambahan lainnya jadi itu yang membedakan rawon dan konro tapi keduanya pake kluwek jadi ada kesan hitam nya gitu , yuk deh qta mulai aja dengan resep nya . Aku pake resep ngacak aja dr mbah google hbs byk bgt resep konro yang bertebaran di google tapi mnrt gw resep yang gw pake ini eunak  rasa nya tak kalah sama yang di jual diwarung2 / resto deh . 


Sop Konro ala maya kitchen 
Sumber : google 
Disandur : maya kitchen 

Bahannya : 

1/2 kg rib / iga 
5 butir cengkeh 
1 batang sereh , bagi 2 geprek 
4 lembar daun salam 
5 lembar daun jeruk 
1 ruas jari lengkuas , geprek 

Bumbu yang dihaluskan 
3 buah cabe merah besar , buang biji nya 
1/2 pala bulat 
2 sdt  ketumbar ( aku disangrai ) 
1 sdt merica bulat 
2 buah kluwek , rendam ( aku pake yang dikeringkan ) 
5 siung bawang merah . Uk besar 
5 siung bawang putih 
50 gram kacang tanah ( aku pake yang tdk berkulit ) , rebus sampai empuk 
Garam secukupnya 

Pelengkapnya : 

Emping goreng 
Sambel rawit 
Lontong ( optional.  Krn ada sisa lontong ) 
Daun bawang , iris halus 
Jeruk limo 


Caranya : 

1. cuci iga/ rib sampai bersih , lalu rebus ( aku buang air nya pd rebusan pertama ) masak 1/2 matang kecilkan api. 
2. Tumis bumbu halus sampai harum kmdn masukkan sereh, salam, laos, daun jeruk , cengkah aduk rata jika sudah wangi , masukkan bumbu halus kedalam air rebusan iga masak sampai daging iga/ rib empuk beri garam , test rasa , jika daging sudah empuk matikan api dan sop konro siap tuk dinikmati bersama irisan daun bawang dan bawang goreng , lontong , emping dan sambel rawit . 



Selamat mencoba . 


Inilah hasil karyaku hari ini sop konro ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment