Saturday, December 6, 2014

Resep Ketan Urap ala Maya kitchen

Ketan urap ini merupakan jajanan masa kecil gw waktu tinggal dijakarta dulu , gw paling doyan banget apalagi kl dicocol sama sambel kacang wah sedaaap bgt , selain ketan urap gw jg suka sama kue lupis ...aduh kalau inget jajanan beginian jd inget pingin pulkam 😊😊. Ketan urap ini seperti nya makanan khas betawi deh karna dulu wkt gw kecil sering bgt orang betawi makan nie ketan trs ditemani ama teh kental yang super hitam dan manis bgt mnrt gw enak tp berhub gw tdk suka manis jadi gw lbh favorit makan ketan urap plus sambel kacang nya aja kan eunak bgt , kemarin 2 gw lagi pingin bgt nie makanan serasa ngidam aja deh , ngebayanginnya kaya nya eunak bgt apalagi sama sambel kacangnya ..hmhmhmh  jd ngiler deh ..hihihi . Akhirnya tanpa pikir2 lagi gw buka lemari doraemon gw buat liat persediaan apa msh punya ketan dan teman2 nya ternyata komplit mulai deh gw bertempur didapur tuk mewujudkan nie makanan ..yuk siapa yang pingin bikin ini resep nya . 


Ketan urap ala maya kitchen 
By : maya kitchen 

250 gram beras ketan putih, rendam sekitar 1 jam , tiriskan
1 /2 sdt garam 
1 lembar daun pandan 
200 ml santan ( aku campur sedikit dengan air ) 

Toppingnya : 

150 gram kelapa parut 
Daun pandan 
1/2 sdt garam 

=== campur kelapa parut, garam , daun pandan kmdn kukus sekitar 20 mnt . Angkat dan sisihkan . 

Cara membuat ketan : 

1. Kukus beras ketan sekitar 20 mnt ( setengah matang deh ) , angkat dan sisihkan 

2. Masak santan, garam dan daun pandan sampai mendidih dipinggir2 nya saja , angkat . 

3. Ambil wadah / bowl simpan ketan yang sudah dikukus lalu banjur dengan santan yang sudah di masak tadi sedikit2 sambil diaduk2 biarkan santan terserap oleh ketan . 

4. Masak kembali beras ketan yang sudah di beri santan selam 30 menit sampai matang , angkat kmdn bentuk ketan bulat2 kmdn taburi dengan kelapa parut kukus , sajikan diatas piring beserta sambel kacang nya . Ketan urap siap menemani minum teh anda . 


Sambel kacang 

100 gram kacang tanah , goreng ,sisihkan 
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
Perasan air jeruk lemon / jeruk purut 
1 buah cabe rawit merah ( pedas tergantung selera ) 
Air secukupnya 


Caranya : 

Tumbuk halus kacang tanah dengan cabe , beri garam dan gula putih sambil masik di ulek kmdn test rasa beri air secukupnya , dan beri kucuran air jeruk . Sambel kacang siap menemani ketan urap anda . 


Selamat mencoba 

Nah seperti ini ketan urap favorit masa kecilku ... Yummy 

No comments:

Post a Comment