Saturday, December 6, 2014

Resep Kue ku atau kue Tok ala maya kitchen

Sebenarnya udah dari minggu lalu bikin nie kue cuman baru sekarang nulis di blog nya , sebutan kue ini macam2 ada yang bilang kue fantasi ada jg yang bilang kue tok / kue ku tapi apapun namanya kue ini eunak apalagi kenyal2 dan berbaur dengan kacang hijau didalamnya . Jajanan ini merupakan makanan khas orang chinese dan gw rasa setiap orang menyukai kue ini ,awalnya gw nggak tahu nama nie kue tapi gw suka beli waktu itu dan favorit banget ama nie jajanan, setiap dikue tampah biasa nya suka ada nie kue buat acara arisan atau pengajian. Ternyata membuat kue ini gampang banget nggak pake susah jadi pasti setiap orang bisa membuatnya dan warna kue ini sangat menarik sesuai selera saja pemakaian warna nya tapi kl orang chinese biasa nya pake warna merah ciri khas mereka. Biar nggak lupa gw tulis resep dan caranya ( gw dapat resepnya dari campur2 an dan gw gabungkan sesuai feeling gw aja ) cuman kemarin gw bikin kumbunya kurang manis soalnya pas bikin gw kagak cobain ...hihihi . Asal cemplung aja 😃😃. 


Kue ku / kue tok ala maya kitchen 
Sumber : google 
Di modif oleh : maya kitchen 


Bahan kumbu ( kacang hijau ) 

250 gram kacang hijau kupas , rendam kurleb 1 jam , tiriskan 
100-150 gram gula putih halus 
300 ml santan kental ( aku tambah air sekitar 50 ml ) 

Caranya : 

Kukus kacang hijau yang sdh tiriskan selama 20-25 mnt sampai matang dan empuk ( waktunya aku kira2 segitu deh ) , setelah empuk angkat kmdn kacang hijau tumbuk halus lalu sisihkan . 
Ambil panci anti lengket  , masukkan santan , gula putih dan kacang hijau yang sdh ditumbuk halus tadi kmdn aduk rata lalu masak diatas kompor dengan api sedang , masak sampai kacang hijau kalis dan santan sdh tercampur dengan kacang hijau ( saat ) , hati2 jangan sampai kering atau hangus ,setelah kalis matikan kompor lalu dinginkan , setelah dingin bulatkan kacang hijau sebesar bola bekel kmdn sisihkan . 

Adonan kulitnya : 
By : hesty kitchen 
Bahannya : 

165 gram tepung ketan putih 
50 gram kentang , kukus, haluskan 
20-25 gram gula halus / gula tepung 
1/2 sdt garam 
125 ml santan kental 
Pewarna pink 

Caranya : 

1. Campur tepung ketan, garam dan kentang yang sudah dihaluskan , aduk rata   Lalu beri pewarna dan santan sedikit2 sambil diuleni sampai kalis 
2. Ambil sedikit adonan kulit , pipihkan , beri isi , kmdn bulatkan. 
3. Adonan yang telah diberi isi dan bulat masukkan kedalam cetak kue ku  yang diolesi minyak sedikit dan taburi tepung ketan sdkt , keluarkan kue dari cetakan dengan cara diketok2 , setelah itu letakan kue ku tsb diatas daun pisang yang sdh diolesi minyak goreng sdkt . 
4. Lalu kukus kue sekitar 12 menit dengan api sedang , sambil dibuka setiap 2 menit agar kue tdk menggelembung .
5. Setelah matang olesi dengan minyak agar kulit tetap lentur . 

Sumber dr : majalah sedap


Ini kue ku /lkue Tok yg siap di kukus 

Ini yg sdh dikukus dan diolesi minyak 


Spt ini isi kue tok / kue ku 
Jajanan pasar ala maya kitchen

No comments:

Post a Comment