Tuesday, December 9, 2014

Resep Bolu Gulung Rainbow ala Maya Kitchen

OKemarin pas hari senin sedikit turun hujan di Anchorage jalanan jd licin tapi nggak licin2 bgt hanya ada black ice , tadi nya mau ngejazzercise tapi kok males dan jg liat rumah msh byk pr yang dikerjakan , akhirnya dengan keputusan yang berat ( ceile ) nggak ngejazz dan mulai deh bersih2 rumah setelah rumah bersih dan semua terselesaikan dengan baik , ternyata msh byk waktu yang tersisa sblm jmpt anak sulung ku , daripada bengong mending gw buat sesuatu ah yang kira2 menantang buat gw kerjain ( cei keren bgt menantang 😃😃😃) dan kebetulan banget gw penasaran sama yang namanya bolu gulung rainbow krn liat warna nya dan cara nya yang bikin gw penasaran bgt , pas gw liat resep kebanyakan mereka dikukus sedangkan gw nggak punya kukusan besar akhirnya rada tarik ulur jg nie hati buat ngerjain nya tapi rasa penasaran gw lbh gede dr nggak punya kukusan , akhirnya gw putuskan tuk gw panggang aja , ternyata hasilnya tdk mengecewakan kok bagus mnrt gw sih cuman sayang olesannya krng afdol karna kmrn bikinnya cepat2 hrs jmpt anak dan gw nggak sempet bikin cream nya akhirnya gw oles aja sama Nutella plus taburan meises ternyata enak jg walau mnrt gw jd terasa manis bgt ( berhub gw nggak terlalu suka manis ) tapi suami dan anak2 suka kpn2 gw mau bikin yang pake cream butter trs gw taburi keju pasti jauh cantik penampakannya dan gw bakal coba yang dikukus setelah punya alat kukus nya nanti ....😀😀😀😀. Sekarang qta mulai aja dengan resep dan carannya siapa tahu ada yang pingin bikin , resep berasal dr salah satu Blog ( tapi kok gw lupa namanya ) maaf nya mba aku nggak tulis namanya krn lupa tapi aku ucapkan byk terima kasih semoga ilmu mba makin byk dan bisa trs berbagi ilmu dan resepnya . Oh iya aku pake cara pengocokkan sekaligus biar kue tdk bantet pengocokkan hrs benar2 putih dan mengembang bgt nya . 


Bolu Gulung Rainbow panggang ala maya kitchen 
Sumber : ...
Disandur by : maya kitchen 


Bahannya : 


Bahan A 
6 butir kuning telur 
3 butir putih telur 
50 gram tepung terigu ( hrs nya self raising tapi gw pake terigu all porpuse + 1 sdm baking powder ) 
2 sdm susu bubuk 
1 sdm tbm ( bisa sp atau ovalet ) 
Pewarna makanan ( biru, ungu, kuning, merah , hijau , rose ) 
70 gram gula putih 
1 sdm air 
1 sdm vanili bubuk 

Bahan B 

50 gram margarine 
15 gram butter 

===== cairkan , biarkan dingin . 


Caranya : 


1. Ambil bowl masukkan semua bahan A lalu kocok dengan mixer sampai adonan putih dan mengembang ( kl aku kmrn sampai soft peak ) , matikan mixer . 
2. Setelah itu adonan beri cairan butter dan margarine ( bahan B )  sedikit sedikit sambil diaduk balik dari dasar dna tercampur rata , lakukan sampai cairan butter dan margarine habis , jgn sampai cairan menumpuk didasar adonan. 
3. Kmdn bagi adonan menjadi 6 bagian warna sama banyak ( aku kmrn setiap adonan sekitar 72 gram krn total berat adonan sekitar 432 gram ) kmdn beri pewarna setiap adonan lalu masukkan kedlm icing bag , sisihkan 
4. Ambil loyang ukuran ( gw lupa nggak diukur loyang nya ) bawah loyang tdk perlu diolesi margarine cukup kertas roti nya saja yang diberi olesan lalu mulai tuang adonan setiap warna ( aku dengan cara segaris 2 tuk setiap warna nya , kira2 bisa dibayangkan cara menuang adonan ya ) lakukan sampai adonan kue habis . 
5. Panaskan oven sekitar suhu 180 celcius atau 352 F ( mnrt aku kepanasan spt nya cukup 350 F ) panggang adonan kue bolu gulung rainbow selama 15-20 mnt ( ini tergantung oven msng 2 nya ) jika permukaan kue sdh kering angkat kue dari oven kmdn lepas kertas rotinya lalu kmdn pindahkan ke kertas roti yang baru lalu gulung  pelan2  ( hati2 jgn sampai retak ) setelah selesai menggulung baru beri olesan secara merata ( mengolesnya cukup ditengah2 saja jgn kepinggir2 nanti blepotan ) lalu gulung kembali dan tekan ujung bulatan agar cream menempel sempurna , setelah itu tinggal potong2 dan bolu gulung rainbow siap tuk disajikan . 


Selamat mencoba . 

Ini dia adonan rainbow yg siap tuk dilukis 
Seperti ini hasil lukisan gw td siang 
Ini hasil baking gw cakep kan ( muji sendiri 😃😃) 

Hasil akhir nya lucu warnanya dan siap tuk dinikmati ..... 

Akhirnya punah sdh rasa penasaran gw atas kue bolu gulung rainbow ini ... Alhamdulillah 

No comments:

Post a Comment