Sunday, December 7, 2014

Resep Pisang Palubutung ala maya kitchen

Tadi sudah menulis  mean course ( sop konro ) nah sekarang tinggal menulis dessert nya yaitu pisang palubutung , bikin dessert ini gampang banget pasti semua bisa tak perlu repot dan yang penting sehat tuk keluarga qta , aku bikin dessert ini dapat resep dari temanku Ira ( makasih nya udh ngasih resepnya ) pisang palubutung ini sebenarnya favorit suami bgt nggak tahu kenapa dia suka bgt sama nie dessert mungkin karna rasa vla santan nya yang gurih bercampur dengan rasa pisang kepok yang sedikit asam dan banjuran sirop merah nya jadipas bgt deh kl mnrt gw ada rasa manis , asam nya kl permen mungkin seperti nano nano .....πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ, jadi tdk eneg karna santan aja . Berhubung di sini nggak ada yang jual sirop merah akhirnya gw harus bikin dulu sirop nya dan gw bikin tuh sirop main feeling aja deh yang penting cocok dan jadi sempurna pisang palubutung nya dengan siraman sirop merah muda nya ...hihihi . Yuk qta mulai aja resep 


Pisang palubutung ala maya kitchen 
Sumber : Ira 
Disandur by : maya kitchen 

Bahannya : 

12  pisang kepok , kukus sampai matang , sisihkan .  ( bisa pakai yang di frozen jg ) 

Vlanya : 

1200 ml santan ( aku pake santan instan, jadi 600 ml santan kental ditambah 600 ml air ) 
75 gram tepung beras 
2 lembar daun pandan 
100 gram gula putih 
Garam secukupnya . 

Caranya membuat vla : 

 Campur  tepung beras , garam , gula putih , daun pandan aduk rata lalu beri santan sedikit 2 aduk jangan sampai bergerindil baru masukkan santan kembali lalu aduk kembali , adonan vla harus licin jika perlu saring kmdn masak dengan api sedang dan aduk terus agar adonan tdk menggumpal setelah adonan meletup2 matikan kompor , angkat . Simpan dalam wadah . 


Membuat sirop merah : 
250 ml air 
200 gram gula putih 
Pewarna merah ( rose ) 
2 lembar daun. Pandan 

Cara membuat sirop : simpan gula dalam panci kmdn beri air , pewarna merah dan daun pandan masak cairan sirop dengan api sedang , masak sampai mendidih dan gula larut , matikan api , angkat simpan sirop dalam botol . 


Penyajiannya . 

1. Setelah pisang kepok dikukus kmdn potong kecil2 simpan dalam mangkok 
2. Lalu beri vla santan kmdn banjur dengan sirop merah.  Dan pisang palubutung siap tuk dinikmati , gw ditambah es jadi lbh eunak . 


Selamat mencoba . 

Ini sirop homemade rasa rose pandan 

Ini vla santannya 

Dan yang hasil akhir Pisang Palubutung 

No comments:

Post a Comment