Wednesday, December 10, 2014

Resep Bakpao isi Daging sapi ala Maya kitchen

Beberapa kali aku bikin bakpao seperti nya msh blm sempurna banget dan bikin gw pingin coba trs dr berbagai macam resep yg gw baca semua pake tepung tangmien pdhl kegunaan tepung tangmien ini hanya spy bakpao itu berwarna putih bersih kl nggak pake tepung tangmien bakpao memang berwarna burek ( apa nya bhs indonesia nya 😃😃) dan gw udh berkali2 bikin bakpao dengan segala macam tepung instan dan ternyata hasil tetap tdk puas dr beberapa kali percobaan ini gw bisa simpulkan bhw pembuatan bakpao itu bisa sukses sempurna adalah dlm pengulenan bahan adonan dan step by step pencampuran bahan sbnrnya tanpa tepung tangmien bakpao bisa sukses kok jd jangan takut mencoba nya teman pasti disetiap kegagalan ada hikmah nya dan bikin qta makin tambah ilmu , kali ini gw bikin bakpao dr tepung instan dan mnrt gw tepung ini bagus bgt ( recomended bgt deh ) krn ngulenin nya aja nggak pake lama tapi membuat hasil bakpao yg empuk, menul2 dan putih pokoknya buat buibu atau teman2 yg sibuk dan pingin bikin bakpao coba deh pake tepung ini . ( tp aku nggak tahu kl di tmpt lain ada tdk tepung semacam ini ) kpn2 aku tulis resep yg pake tepung terigu biasa nya . Mnrt aku hasil dr bakpao aku kali hampir sama dengan bakpao chie iyen yg dibdg , lembut, empuk dan menul2 .. Aku bikin bakpao ini berdasarkan ilmu aku sendiri krn dr beberapa kali percobaan pake tepung instan dan mnrt aku cara yg ini lbh oke bgt deh .yuk qta coba aja resepnya . 


Bakpao isi daging sapi ala maya kitchen 

By : maya kitchen 

Bahannya : 

1 bungkus yeast / fermifan ( 7 gram ) 
100 gram gula putih 
200 ml air hangat / susu hangat 
1 sdm minyak goreng 

Isiannya : 
300 gram daging cincang 
1 buah bawang bombay kecil , chooper 
6 siung bawang putih , chooper 
Garam secukupnya 
Merica bubuk secukupnya 
2 sdm saos tiram 
2 sdm kecap manis 
3 sdm minyak goreng 
2 batang daun bawang , iris halus 
1 sdm tepung maizena , larutkan dengan air . 

Caranya : 
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan layu setelah itu masukkan daun bawang aduk2 trs masukkan daging cincang aduk rata , masak daging sampai berubah warnadan matang . 
2. Setelah daging matang baru beri. Saos tiram, kecap manis , garam , merica aduk rata biarkan sampai air dagingnya saat nya 
3. Kmdn baru beri larutan tepung maizena aduk2 , test rasa nya masak sampai kental setelah itu matikan api dan angkat isian , dinginkan , sisihkan . 

Cara membuat kulit bakpao 

1. Campur fermifan / yeast dengan gula dan air hangat biarkan sekitar 10 mnt sampai berbusa . 
2. Ambil bowl / wadah simpan tepung bakpao instan kmdn banjur dengan larutan fermifan aduk rata , uleni sekitar 10 mnt setelah itu masukkan 1 sdm minyka goreng uleni lagi sekitar 10 mnt setelah itu simpan adonan bakpao dlm wadah bersih bulatkan adonan kmdn tutup dengan lap yang lembab atau plastik wrap ,  biarkan pada suhu ruang ( berhubung cuaca di tmpt ku dingin jd gw panaskan dulu oven sekitar 5 - 10 mnt kmdn aku matikan oven ) sekitar 1 jam biarkan adonan mengembang 2x lipat nya . 
3. Setelah 1 jam dan mengembang kmdn kempiskan adonan ( agar udara yang terperangkap didlm adonan bisa terlepas ) lalu ambil adonan kira2 saja bulatkan lalu pipihkan kmdn beri isian ( bisa coklat , kacang hijau atau tumis daging sapis ) dengan tumisan daging sapi yang tadi qta sdh buat lalu bulatkan lagi trs beri kertas roti dibawahnya , lakukan sampai adonan habis nya . 
4. Panaskan kukusan yang telah diberi air , kukus adonan bakpao selama 15-20 menit nya ( tutup pancinya alasi dengan lap agar air tdk menetes ke adonan bakpao ) masak sampai matang kmdn angkat dan bakpao isi daging sapi siap tuk dinikmati . 

Selamat mencoba 

Tepung yg ini aku recomended bgt deh kl. mau instan buat bakpao 


Ini hasil oprek2 ku hari ini dan request dr c bungsuku ... 


Mencoba bakpao bentuk Mawar hrs nya di kasih warna nie pasti keyeeen 


No comments:

Post a Comment