Thursday, December 18, 2014

Resep Empal ala maya Kitchen

Udah lama sebenarnya mau nulis nie resep tapi kelupaan terus maklum emak2 byk yang dipikirkan😊, kapan hari habis pengajian so pasti kl hbs ngaji yang ditunggu ama gw yaitu makan bareng sama teman2 krn nikmat nya itu kl makan bareng tiada duanya deh apalagi kl hbs ngaji double nikmatnya . Waktu pas pengajian ( gw lupa kpn tgl nya ) ada teman gw yang bawa empal dan rasa nya mnrt gw eunak krn pas banget bumbunya ( serasa makan empal ibu mertua gw yang asli Jawa ) nah gw ampe ketagihan dan tdk lupa deh gw bisik2 ama my friend buat ngebocorin tuh resep nya dan alhamdulillah gw dikasih tahu ( makasih bgt nya  mba Woro ) jadi bisa bikin empal ala mba Woro deh dan anak2 serta suami gw suka ama empalnya apalagi kl ketemu ama soto daging  wah kaya nya pas bgt deh serasa makan di warung soto pak Sholeh yogyakarta bikinnya nggak susah kok dan pasti buibu dan teman2 pasti bisa , rasa empal ini JoWo bgt jadi kl ada yang kangen sama empal JoWo bisa coba resep ini , yuk deh qta mulai saja . 


Empal daging ala maya kitchen 
Sumber : Mba Woro ( Roberta ) 
Disandur : by maya kitchen 


Bahannya : 

500 gr daging has atau daging stew 
4 siung bawang putih
4 siung bawang merah 
4 butir kemiri 
1 sdt ketumbar , sangrai.  Haluskan 
4 sdt brown sugar ( bisa jg pake gula merah yg diris halus ) 
1 sdt garam 
Minyak goreng secukupnya 
Air sedikit 


Caranya : 

1. Blender bawang putih, bawang merah , ketumbar , kemiri, beri minyak goreng sdkt , blender sampai halus , simpan dalam wadah trs beri air sedikit , sisishkan . 
2. Rebus daging 1/2 matang lalu geprek daging kmdn celupkan daging yang sudah digeprek kedlam bumbu halus yang sudah diberi air , lakukan sampai daging habis ( celupkan satu satu) .
3. Setelah itu rebus kembali daging bersama sisa bumbu celupan dengan air kaldu yang bekas rebusan pertama kemudian beri garam dan gula ( brown sugar ) masak sampai air terlihat habis ( saat ) , matikan kompor , angkat daging biarkan dingin . 
4. Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya lalu goreng daging sebentar saja kira2 daging berwarna kecoklatan ( bolak baliknya biar rata menggorengnya ) angkat dan sajikan . 
Empal bisa dinikmati bersama nasi uduk , soto atau nasi putih hangat yang ditemani dengan sambal terasi dan sayur asem wow sedaaap . 

Selamat mencoba . 

Nah ini empal ala maya kitchen 

No comments:

Post a Comment