Sunday, November 23, 2014

Resep Acar Kuning ala maya kitchen

Sekalinya gw nulis di blog bisa berbagai macam menu , karna sebenarnya byk resep yang sudah aku uji coba didapur dan baru sempet aku tulis di sini kebetulan kemarin2 suka lupa trs lg ada misi khusus dari suami tuk tdk berkutat dulu di dapur ataupun di blog untuk beberapa saat , jadi banyak yang terbengkalai deh tulisan gw tp bagus jg sih gw istirahat sebentar karna kebetulan jg ide tulisannya kehabisan kalimat ...hihihihi, oh iya kali ini gw cuman mau nulis resep masakan sehari2 dan menu ini  biasa bisa dijumpai di nasi kotak , sebenarnya makanan ini enak lho karna ada rasa asem , manis , pedas dan segar dari sayuran yang tdk terlalu layu malah sayurannya kl digigit krenyes2 gitu ( apa nya bhs yang betul ...sembari tepok2 jidat 😀😀😀) menu ini sangat disukai oleh suami gw ( mungkin krn gw jarang bikin jadi dia suka ) apalagi nie menu jauh dari santan dan cocok banget dimakan bareng udang bakar madu , muantap deh tadi aja suami memuji karna dia bilang makyuuus bin top nie menu yang dipadukan dengan udang bakar madu ( happy nya kl suami suka dan memuji berati tdk sia2 deh masakanku ) tadi dapat ide masak ini karna liat ada ketimun yang lupa gw beli beberapa hari yang lalu nah daripada keburu layu mending gw olah jadi sesuatu yang enak tuk jadi lauk daripada buat makan mpek2 mending gw jadiin sayur aja m kebetulan masih punya wortel jadi pas kan buat dibikin acar kuning ...gampang kok bikinnya dan yang pasti buibu dan teman2 pasti bisa membuatnya dan yang pingin bikin mangga di tingali ( liat ) resep dibawah ini . Gw dapat resep nya dr nyokap . 


Acar Kuning ala maya kitchen 
By : maya kitchen 

Bahannya 

1 buah ketimun , potong ( uk, sesuai selera aja nya ) buang bijinya , sisihkan. 
1 buah wortel , kupas , potong sesuai selera dan samakan ukurannya dengan ketimun. 
1/2 sereh , geprek 
3 lembar daun salam
1 /2 sdt merica bubuk 
Garam secukupnya 
Gula putih secukupnya 
1 sdm air jeruk lemon 
5 buah cabe rawit merah utuh 
1 buah cabe merah besar , iris halus 
250ml air 


Bumbu yang dihaluskan : 

4 butir kemiri , sangrai 
2 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 
2 ruas jari kunyit 



Caranya : 

1. Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya , lalu tumis bumbu aduk2 , masak sampai bumbu wangi ( hati2 hangus ) lalu masukkan ketimun , wortel , aduk rata lalu beri garam , gula , merica aduk kembali  terakhir masukkan air , aduk , masak sampai sayuran empuk , test rasa , lalu matikan kompor , angkat beri perasan 1 sdm air jeruk lemon , sajikan sebagai teman lauk makan qta bersama udang bakar madu . 

Selamat mencoba. 

Ini dia Acar Kuning ala maya kitchen 


Ini dia acar kuning plus udan bakar madu foto nya telat stlh dimakan 😃😃😃

No comments:

Post a Comment