Saturday, November 8, 2014

Resep Zuchini Bread ala Maya Kitchen

Kapan hari gw liat resepnya joy of baking dan disitu ada cara pembuatan  Zuchini Bread , gw penasaran dong apa enak gitu zuchini di bikin roti yang gw tahu dan suka bikin biasa nya zuchini tuh buat tumisan , salad atau masakan korea wah tertantang jg nie buat bikin tuh Zuchini Bread apa rasa nya krn bentuk zuchini ini kan mirip ketimun hanya saja tdk berbiji , akhirnya pas liat  resep gw ngelongok bahan di dapur ternyata ada semua kecuali zuchini yang blm tersedia jadi gw perlu beli dulu tuh zuchini , sebenarnya pembuatannya udah dari minggu lalu nie bread tapi baru hari ini gw nulis nya krn kmrn2 terlupakan tuk ditulis , hasil dari Zuchini bread ini ternyata eunak apalagi di oles dengan cream cheese wah sedaaap bgt dan rasa zuchini nya tdk terasa bgt mungkin karna sdh dicampur cinnamon, pecan  dan walnut , lumayan nie bread bisa buat sarapan ditemani sama teh hangat manis makin asyik aja plus ditemani jg dengan alunan musik yang lembut ( serasa minum teh   di kota Inggris 😊😊😊, lebay bgt deh ) . Buat yang pingin coba bikin nie aku tulisin resepnya dlm bhs indonesia . 



Zuchini Bread ala Maya Kitchen 
Sumber : Joy of Baking 
Translate by: maya kitchen 

Bahannya : 

1/2 cup ( 50 gram ) pecan dan walnut ( aku pake kedua nya ) 
1 cup ( 240 ml ) zuchini , parut halus ( kira2 2 zuchini ) 
1/2 cup apel parut ( 120 ml ) , aku nggak pake 
1 1/2 cup ( 195 gram ) tepung terigu serbaguna atau all purpose flour 
1 sdt baking soda 
1/4 sdt baking powder 
1/4 sdt garam 
1/2 sdt bubuk cinnamon ( kayu manis ) 
1/4 sdt bubuk pala ( optional ) 
1/2 cup ( 120 ml ) minyak goreng jagung atau canola oil atau vegetable oil . 
1 cup ( 200 gram ) gula putih 
2 telur uk , besar 
1 sdt vanili bubuk 
1/2 cup ( 25 gram ) kelapa parut manis ( optional ) 

Cream cheese frosting ( untuk olesannya ) , optional 

1/4 cup ( 56 gram ) unsalted butter , suhu ruang 
4 ounces ( 110 gram ) cream cheese , suhu ruang 
3 sdt gula tepung ( gula halus / icing sugar ) 
1/2 sdt vanilli bubuk 

====simpan cream cheese dlm bowl lalu aduk rata biarkan cream cheese halus kmdn masukkan gula tepung / icing sugar aduk kembali sampai lembut lalu beri vanili bubuk aduk rata setelah sisihkan . Cream cheese siap tuk di oleskan pada zuchini bread . 


Cara membuat Zuchini bread 

1. Panaskan oven dengan suhu 350 F atau 180 celcius , kemudian olesin loyang dengan butter ( pake loyang loaf uk. 23*13*8 cm atau 9*5*3 inch . 
2. Cincang walnut dan pecan , sisihkan ( aku pake yg udh dicincang aja ) 
3. Campur tepung terigu serba guna dengan bubuk kayu manis , baking soda, baking powder, garam  aduk rata , sisihkan . 
4. Kocok / mixer minyak goreng , gula putih, telur , vanila bubuk , sekitar 1-2 menit kemudian masukkan parutan zuchini dan parutan apel kocok kembali dengan mixer lalu masukan tepung terigu yang sdh dicampur tadi , mixer kembali sebentar lalu matikan mixer aduk dengan spatula kmdn masukkan walnut dan pecan serta kelapa parut aduk rata setelah tercampur rata baru masukkan kedlm loyang yang sdh diolesi mentega/ butter . 
5. Panggang adonan dlm oven sekitar 55- 65 menit ( aku kmrn cuman 55 menit ) panggang sampai bread berwarna coklat lalu keluarkan Zuchini bread dr oven trs simpan dlm rak biarkan dingin . 
8. Serelah dingin Zuchini Bread siap tuk dinikmati bersama teh manis hangat dan cream cheese frosting . 


Selamat mencoba . 

Nah ini bahan 2 nya Zuchini Bread 
Parutan zuchini 
Spt ini hasil nya 

Zuchini bread plus cream cheese frosting 

Seperti ini dlmnya yummy deh 

No comments:

Post a Comment